Search

Tips Sukses Presentasi Dengan Bos !


"Headhunter itu pandai ya dalam mempresentasikan produk mereka"


Sore itu sangat indah di kantor sampai kamu mendengar suara atasan kamu berkata "Hei, kamu besok tolong siapkan dan presentasi dengan owner perusahaan ya". Waduh ! Kamu sekarang jadi panik, bagaimana jika kamu tidak bisa menghadapi beban tugas yang begitu berat? Salah-salah karir kamu yang jadi taruhannya. Kamu merasa banyak sekali yang harus dipersiapkan untuk besok dan jadi bingung harus bagaimana. Yaah, kalau dilihat secara situasi sekarang secara logis sih, saya pikir tidak ada gunanya membuang waktu yang tersisa dengan terlalu banyak berpikir dan dalam panic mode. Yuk, kita bahas hal apa saja hal yang seharusnya dibutuhkan untuk kamu bisa lolos dalam presentasi di depan mata. Kamu pasti pernah kan, mendengar seseorang berbicara di sebuah pertemuan, mungkin acara seminar atau talkshow dan kamu merasa pembicara itu memiliki karisma? Jika demikian, dapat disimpulkan bahwa pembicara itu sangat menarik dan dapat menarik penonton untuk terus mendengarkan. Kemampuan untuk melibatkan orang lain adalah ciri khas karisma. Kamu tidak harus menjadi super outgoing atau lucu untuk menjadi karismatik. Beberapa pembicara yang paling efektif dan karismatik di luar sana sebenarnya memiliki pembawaan yang tenang dan menawan tentang mereka. Kamu tidak dapat menjadi efektif atau karismatik tanpa melibatkan dan menjaga kepentingan orang lain. Jadi, kamu mungkin bertanya pada diri sendiri, bagaimana cara memenangkan presentasi kamu besok? Nah, tips ini mungkin menjadi tiket Anda untuk memenangkan presentasi Anda berikutnya, Anda hanya perlu: 1. Atur Body Language Kamu Seringkali alam bawah sadar membentuk bahasa tubuh kamu secara otomatis: Ketika kamu sedih, kamu jatuh, ketika kamu bahagia, dan berkembang. Tetapi prosesnya juga bekerja secara terbalik. Postur, gerakan, dan ekspresi wajah kamu menciptakan pesan yang secara tidak langsung dapat memengaruhi perasaan Anda. Intinya, coba kamu berdiri tegak, berat badan di kedua kaki. Tetap semangat, dan selalu tersenyum. Hal-hal itu akan membuat kamu terlihat lebih baik di depan penonton yang mendengarkan presentasi kamu, termasuk bosmu. 2. Tenang dan Santai Sebelum kamu membuka mulut, coba lihat yang mau mendengarkan presentasi kamu dengan senyum dan ambil tiga detik napas yang sangat dalam. Kemudian mulailah. Ketenangan dan sikap santai akan menunjukkan segi profesionalitas kamu dalam menyampaikan materi. Sebaliknya, jika kamu gugup, kamu akan mendapatkan impresi yang kurang baik dan terkesan masih pemula di depan penonton yang mendengar presentasi. 3. Ciptakan Citra Visual Manusia sebenarnya tertarik pada hal-hal tertentu lebih dari yang lain, hal itu terjadi apabila mereka melihat secara langsung daripada hanya mendengarkan saja. Salah satu ketertarikan ini dikenal dengan citra visual. Tentu saja kamu harus mencari yang terbaik, tetapi ada cara lain untuk memasukkan citra visual seperti:


A. Sertakan gambar yang menarik dalam presentasi Power Point Kamu

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manusia tertarik dengan gambar. Kalau saya sebenarnya suka mengambil dan menggunakan gambar dari sumber gambar gratis seperti freepik.com. Jangan gunakan clip art! Karena hal itu bisa terasa ketinggalan jaman dan amatiran. Gambar yang jelas dan memiliki resolusi tinggi cenderung terasa profesional dan modern. B. Gunakan kata-kata minimal dalam Presentasi Power Point Anda

Saya menghadiri presentasi oleh salah satu motivator dan pembicara terbaik di Indonesia, dan slide-slide-nya hanya terdiri dari satu gambar atau beberapa kata per slide. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk melibatkan audiens kamu. Jika ada banyak kata di slide kamu, penonton akan cenderung banyak membaca dan akhirnya, mereka akan bosan. Jika ada beberapa kata atau gambar, orang akan membayangkan sendiri apa yang akan terjadi berikutnya dan hal ini akan menangkap perhatian audiens.

C. Buat Video Video adalah salah satu jenis pemasaran yang paling menarik karena tidak hanya bersifat visual, tetapi juga mencakup gerakan dan suara, yang menarik perhatian penonton. Cari video yang relevan dengan tema dan tidak monoton. Tetapi kamu harus siap menjelaskan makna di balik video tersebut.

Dikutip oleh:  - Client, Client and more Clients - Larina Kase. - A Zen Monk Had Sweaty Palms - Wyeth - Wyeth.

279 views0 comments

Recent Posts

See All