Search

Tips Mengatasi Kesepian saat Work From Home


"Recruiter menganjurkan video call biar WFH lancar tanpa kesepian!"

Work from Home bikin kesepian! Dulu orang bebas keluar rumah, tapi semua berubah saat pandemi Corona menyerang. Hanya vaksin Covid-19 yang bisa menyelamatkan dunia, tapi dia masih dibikin~


Sekarang semua karyawan wajib kerja dari rumah alias work from home, otomatis kontak antar manusia berkurang (termasuk mereka yang cari kerja pakai Headhunter!). Akibatnya, kesepian mudah melanda, terutama untuk yang hidup sendiri.


Berikut Kessler bagikan tips biar gak kesepian kerja dari rumah!

Tips Mengatasi kesepian saat Work From Home


1. Telepon dan SMS

Manusia itu makhluk sosial, dan sosialisasi itu tidak terbatas ketemuan. Ada kalanya kamu cukup berbicara dan mendengar suara orang lain agar tidak merasa kesepian.


Telepon dan SMS (lewat Whatsapp, Messenger, dsb) adalah cara terbaik! Mungkin video call lebih baik, tapi ini lebih praktis dan bisa dilakukan dalam kondisi sakit sekalipun.


Tergantung orangnya, yang mereka butuhkan untuk mengusir rasa sepi bukan pertemuan tatap wajah, tapi mendengar suara orang lain secara langsung di telinga.


2. Jadwalkan Video Call

Kebalikan dari telepon dan SMS, mendengar suara saja tidak cukup bagi sebagian orang. Karena itulah video call digunakan, tapi seringkali tidak lancar. Kenapa?


Berbeda dengan telepon dan SMS, video call menampilkan wajah, badan, dan juga latar belakang tempat. Kita semua secara alami ingin tidak tampil memalukan dalam kondisi seperti itu, jadi tidak bisa mendadak.


Karena segala perlunya ‘bersiap-siap’ itulah orang akan berpikir dua kali untuk video call! Untuk mengatasinya, buatlah jadwal video call dengan teman dan keluarga kamu jauh hari sebelumnya.


Berbeda dengan telepon atau SMS yang tinggal bicara dan mengetik, video call memerlukan lebih banyak tenaga karena menampilkan wajah dan aspek kehidupanmu, bahkan untuk hal yang tidak tampil di layar.


Baca Juga: Mau Kerja di Jepang, Nakama?


Jangan sampai kamu kecapekkan dan tidak bisa melepas rasa sepi karena video call tanpa persiapan!


Siapkan semua alat yang diperlukan (kamera ponsel/laptop, mikrofon, dsb), jadwalkan waktunya dari jauh hari (minimal 2-3 hari sebelum), pastikan kesiapan pihak sana (kamera/mikrofon rusak?), dll.


Mungkin lebih ribet, tapi rasa rindumu akan lebih terobati! Disarankan video call tidak terlalu sering; 1-2 kali seminggu saja. Alasannya: pertama, karena persiapannya repot. Kedua, karena tatap muka lebih menguras tenaga!


3. Kurangi Sosmed

Bagi mereka yang tidak bisa telepon, sms, atau video call (kurang alat atau pihak sana sibuk), menelusuri sosial media (Facebook, Instagram, dll) jadi pilihan melepas rasa sepi.


Ini jebakan! Seperti browsing di internet, melihat sosial media itu hanya berhubungan pasif dengan informasi tulisan dan gambar. Itu mengobati rasa bosan, bukan sepi!


Karena tidak ada timbal balik dari sosmed (komentar itu respon pasif yang harus ditunggu), kamu bakal lebih kesepian dari sebelumnya!


Solusi terbaik adalah mengurangi pemakaian sosmed! Cek apa ada yang menghubungi atau berita penting, lalu segera tutup. Ingat, sosmed itu godaan yang mengganggu work from home!


Ini lebih baik daripada tambah sepi dan molor kerja!


4. Interaksi dengan Keluarga

Bagi mereka yang tinggal bersama keluarga, sempatkanlah beberapa menit di sela kerja untuk berjalan-jalan di rumah dan menyapa mereka.


Walau sibuk, bukan berarti mengabaikan mereka selama 8 jam kerja dari rumah kan?


5. Bersyukur

Ingat; masih banyak mereka yang kehilangan pekerjaan di era pandemi ini. Mungkin kamu kesepian, tapi bersyukurlah masih bisa kerja dan dapat penghasilan. Otomatis kamu akan lebih tegar!

Sekian tips mengatasi kesepian WFH! Tetap sosialisasi meski sedikit dalam kondisi apapun!


Masih cari kerja? Kessler Executive Search siap membantu laju karir kamu!


Sumber: idntimes.com

63 views0 comments

Recent Posts

See All