Search

Tips Membagi Waktu untuk Kuliah Sambil Kerja


"Headhunter dan Recruiter suka calon kandidat yang bisa kerja sambil kuliah!"

Bisa gak ya, kuliah sambil kerja? Yang sibuk cari kerja memang sering susah biar sudah memakai jasa Headhunter dan Recruiter, tapi anak kuliah yang belum jadi fresh graduate pun punya kesulitan sendiri!


Kuliah itu gak murah, apalagi buat mereka yang harus ngekos karena kuliah di universitas yang jauh dari rumah. Selain SPP bulanan, biaya hidup sehari-hari pasti juga besar.


Di sinilah banyak mahasiswa tertarik untuk kerja sambilan (part time atau full time), tapi takut gak bisa mengatur waktu untuk belajar dan bekerja. Tenang, Kessler punya tips jitu khusus buat kamu!

Tips Membagi Waktu untuk Kuliah Sambil Kerja


1. Buat Rencana

Resep mahasiswa gagal nomor 1: gak punya jadwal! Di lingkungan kampus banyak kegiatan dan fasilitas yang bisa menyita perhatianmu. Kalau kamu kerja sambil kuliah, godaan ini makin sulit ditolak!


Tanpa rencana, mudah untuk lupa soal tugas dan membuang waktu percuma! Buatlah jadwal kegiatan harian atau mingguan yang jelas, tapi bisa sedikit fleksibel.


Jangan sok merasa gak keren; ini penting supaya kamu selalu ingat: kamu itu udah sibuk sama kuliah dan kerja, jadi gak boleh kebablasan di kegiatan lain.


2. Berani Menolak Ajakan

Resep mahasiswa gagal nomor 2: temenan mulu! Saat kuliah, kurangi waktu nimbrung bareng teman-temanmu. Beda sama SMA, tugas kuliah itu bejibun!


Kalau kamu kerja sambil kuliah, waktu jadi lebih terbatas! Bilang sama mereka kamu ada tugas kuliah dan kerja di hari apa aja, supaya mereka tahu untuk tidak mengajakmu hangout saat itu.


Kumpul bareng teman tetap boleh, tapi harus direncanakan di luar jadwal ngerjain tugas kuliah dan kerja kamu, bukannya kapan saja pas diajak.


3. Hindari Tempat Ramai dan Belajar Kelompok

BELAJAR KELOMPOK ITU MITOS! Resep mahasiswa gagal nomor 3!


Gak ada namanya lebih konsen pas belajar bareng temen; pasti ngobrol dan main hp gak jelas. Belajarlah sendiri di tempat yang sepi, tapi bikin fokus seperti perpustakaan.


Nggak, nggak ada sepi-sepian pas belajar. Alasan aja!


4. Menyicil Tugas Dari Jauh Hari

Resep mahasiswa gagal nomor 4: sistem kebut semalam (SKS).


Tugas kuliah itu berkali lipat banyaknya dibanding tugas SMA, belum lagi ditambah konsultasi (mencari) dosen yang bikin stress.


Kalau kamu SKS, pasti gagal! Mungkin berhasil di SMP/SMA dulu, tapi tidak untuk kuliah. Parahnya, selain tugas kuliah gak selesai, ini bisa bikin kamu terlambat kerja atau bahkan dipecat!?


Baca Juga: Tips Karir Habis Lulus Nanti!


Makanya penting untuk menyicil tugas kamu, pas deadline masih jauh. Tugas cepat selesai, kamu lebih banyak waktu luang dan gak was-was sama deadline.


5. Istirahat Sebaik Mungkin

Resep mahasiswa gagal nomor 5: begadang gak jelas! Banyak mahasiswa yang seru-seruan bareng teman (clubbing, maen game, dll) sampai begadang tiap hari.


Itu saja sudah bikin keteteran tugas kuliah… gimana kalau sambil kerja!? Manfaatkan waktu malam kamu untuk tidur, bukannya begadang gak jelas.


Hari libur seperti weekend dan pas gak ada jadwal kuliah juga harus dimanfaatkan untuk bersantai. Selama kamu menyicil tugas seperti tips nomor 4 tadi, pasti bukan masalah!

Sekian tips kuliah sambil kerja! Kerja sambil kuliah itu bagus untuk dapat pengalaman, uang jajan tambahan, juga membantu orang tua… tapi kuliah tetap nomor 1!


Kalau pekerjaanmu berat dan bikin gak konsen kuliah biar sudah pakai tips di atas, lebih baik berhenti. Percuma kalau harus ngulang kuliah lagi, kan?


Mau cari kerja yang cocok bareng kuliah? Kunjungi situs Kessler Executive Search sekarang dan dapatkan posisi terbaik untuk karir kamu!


Sumber: idntimes.com

66 views0 comments

Recent Posts

See All