Search

Tips Manajemen Waktu Efektif agar Produktif Bekerja


"Headhunter dan Recruiter sangat menghargai manejemen waktu. Masa kamu nggak?"

Manajemen waktu itu harus efektif biar kerjaan cepat selesai! Namanya juga kerja mencari nafkah dan mengembangkan karir, pasti selalu saja ada haru birunya. Terlebih setelah wabah pandemi kemarin, orang-orang pasti lebih berhati-hati bekerja di masa new normal saat ini. Terlepas kamu sekarang kerja kantoran atau online, sebagai boss atau karyawan, manajemen waktu yang efektif itu penting! Selain karena protokol kerja yang masih dibatasi, persaingan akan terus berjalan, jadi persiapkan dirimu!


Baca Juga: Cara Produktif Work from Home (WFH)


Tapi tentunya gak gampang ya, lebih produktif bekerja setiap hari. Nah buat kamu yang ingin karir maju dan gak lagi hobi mager, kami punya tips manajemen waktu efektif supaya kamu dilirik Headhunter dan Recruiter! Baca di bawah ya~

Tips Manajemen Waktu Efektif agar Produktif Bekerja


1. Mulai Lebih Awal

Jangan merasa jenius atau lebih jago dari yang lain! Anggap dirimu itu orang ‘biasa’ yang harus terus belajar. Kenapa? Orang yang kurang mampu, akan mulai bekerja serta mempersiapkan diri lebih awal untuk mengimbangi orang lain. Rendah hati ya, bukan rendah diri.


Dengan pola pikir demikian, kamu akan menumbuhkan kebiasaan baik untuk bangun lebih pagi, mulai kerja lebih awal, belajar lebih banyak, dll. Hal-hal kecil ini akan berlanjut ke hal lebih besar, yang akan membuat kamu jadi produktif dan efisien dalam bekerja!


2. Jujur dengan Diri Sendiri

Setelah menumbuhkan kebiasaan baik untuk mulai lebih awal dan tidak buang-buang waktu, saatnya jujur pada diri sendiri: “Aku ini kemampuannya sampai mana?”


Mungkin berat mengakui kemampuanmu cuma ‘begitu-begitu aja’, bahkan untuk hal yang dirasa jago. Tapi penting untuk jujur, supaya kamu tahu pasti batas kemampuanmu. Setelah tahu, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya…


3. Buat Prioritas

Setelah tahu pasti kemampuan kerjamu, saatnya buat daftar prioritas! Kerjaan mana aja yang bisa kamu selesain cepat? Kerjaan mana yang kamu lamban ngerjainnya? Kerjaan mana yang paling kamu suka, dan mana yang paling bikin kamu stress?


Urutkan jadwal pengerjaan tugas-tugas kantor itu sesuai kemampuan, waktu, dan kondisi kamu agar hasilnya maksimal!


4. Fleksibel

Karena pekerjaan, pasti ada saja kejadian ajaib yang terjadi. Tenang! Kunci jadi karyawan produktif adalah bisa fleksibel dalam aneka situasi. Periksa aset apa yang kamu punya saat itu dan gunakan dengan hati-hati untuk mengatasi masalah.


Lebih baik lagi kalau kamu selalu mengecek 2 kali semua pekerjaan, juga menyiapkan rencana cadangan kalau ada sesuatu. Dengan begini, kamu tetap bisa dapat hasil yang baik dalam situasi seperti apapun!


5. Minta Bantuan

Kerja di manapun itu gak bisa sendirian, jadi ada kalanya situasi memaksa kamu jadi gak bisa produktif. Mungkin mati lampu, banjir, dll sehingga kamu gak bisa kerja. Biar sudah usaha, hasilnya nihil. Saat begini, mintalah bantuan pada orang lain!


Mungkin kamu perlu pinjam laptop, charger, atau modem. Mungkin kamu perlu asisten dadakan untuk mengerjakan tugas. Apapun itu, ingat kalau ada hal yang gak bisa dibereskan sendirian. Memaksa mengerjakan semuanya sendiri itu kekanak-kanakan! Meminta bantuan orang lain saat diperlukan itu justru sikap dewasa. Daripada buang waktu gak jelas, mending minta bantuan supaya kerjaan cepat selesai!

Sekian tips manajemen waktu efektif agar produktif bekerja! Kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja terbaru dan karir yang lebih tinggi! Hargai jam kerja kamu dan lebih produktif lagi sebagai karyawan di masa new normal!


Sumber: kompas.com

88 views0 comments

Recent Posts

See All