Search

Tips Kaya dengan Pensiun Dini


"Pensiun dengan banyak duit adalah impian HRD!"

Pensiun dini bisa bikin kaya! Apa kabar, gengs Kessler? Sibuk kerja dan cari kerja pakai jasa Headhunter seperti biasa? Selagi sibuk di masa muda, mungkin kalian gak kebayang kehidupan setelah pensiun. Setelah gak kerja, apa bergantung pada anak-cucu buat hidup?


Oh, tidak! Justru dengan pensiun dini, kamu bisa jadi kaya raya dan membiayai keluargamu 2 generasi mendatang! Intip aja tips kaya dengan pensiun dini ini…

Tips Kaya dengan Pensiun Dini


1. Rencanakan Dari Jauh Hari

Pensiun dini itu bukan berarti berhenti di usia 20-an atau 30-an, lho. No, sebagian besar ‘pensiun dini’ itu terjadi di usia 40-an atau 50-an.


Proses untuk pensiun sukses, yakni berhenti kerja dengan mendapat uang dan benefit sebanyak mungkin, adalah tujuan utamanya!


Untuk membuat ‘dana pensiun’ kamu jadi sebanyak itu, perlu perencanaan matang dari jauh hari dan waktu yang tidak sebentar. Makanya kalau mau kaya dengan pensiun dini, mulai bersiap-siap!


Pertama, tentukan kapan kamu bisa pensiun tenang, kalau bisa sampai bulan dan tanggalnya. Ini supaya kamu gak pensiun di waktu yang salah, seperti awal anak masuk sekolah.


Kedua, perhitungkan gaji saat itu dan perkiraan kenaikan di bulan dan tahun mendatang. Berapa yang bisa ditabung, tanpa berhemat? Apa perlu penghasilan tambahan?


Sisihkan dana darurat untuk kejadian tak terduga (sakit, kecelakaan, dsb), supaya rencana berjalan lancar.


2. Tingkatkan Prestasi di Kantor

Setelah berencana, tingkatkan gaji pokok dengan kerja keras! Naikkan performa di kantor agar naik gaji atau naik jabatan, atau dua-duanya.


Rajin belajar hal baru dari rekan kerja atau atasan, agar berguna untuk dapat penghasilan lebih nantinya.


Semua itu diseimbangkan dengan tidak menelantarkan tanggung jawab rumah (memasak, bersih-bersih, mengasuh anak, dll) serta relasi dengan keluarga, teman kantor, dan tetangga.


Biarpun kamu sibuk cari nafkah (apalagi pria), bukan berarti semua tanggung jawab di luar kerja dialihkan ke pasangan atau pembantu, ya.


Baca Juga: Kualitas yang dicari HRD dari Kamu!


3. Perbanyak Investasi

Begitu prestasimu di kantor sudah mencapai tingkat bagus (dan sulit naik lagi), saatnya investasi ke hal lain di luar pekerjaan utama!


Kamu bisa kerja sambilan, selama menghasilkan dan tidak mengganggu pekerjaan utama. Pilihan terbaik umumnya investasi bisnis, seperti pialang saham atau aset properti.


Selama bisa mengatur uang dengan baik, kamu cukup transfer dana dan menunggu hasilnya. Tentu, harus dipastikan sumbernya terpercaya.


Ini penting untuk menghemat waktu dan membuat uangmu aktif berkembang; tidak sekedar tersimpan atau terpakai.


4. Otomatisasi

Segala seluk-beluk pekerjaan dan investasi ini, bisa bikin kamu lupa setiap detil transaksinya.


Karena itu, penting untuk mencatat neraca keuangan dan proses transfer secara otomatis. Pakailah akun e-banking bank pilihan kamu, atau aplikasi handphone gratis yang banyak tersedia.


Atur agar biaya wajib seperti tagihan listrik, air, dsb otomatis terbayar tiap bulan dari rekening digitalmu. Begitu pula dengan transfer aneka investasi dan saham.


Pengaturan ini membuat uangmu mudah diperiksa kapan saja dengan akurat, tanpa resiko mengalir ke tempat asing.


5. Berhenti Hal Boros

Ingat, tujuanmu adalah pensiun dengan uang sebanyak-banyaknya. Satu hal terpenting adalah berhenti melakukan kegiatan boros!


Misalnya, kalau kamu single, gak perlu pakai mobil, jadi juallah dan ganti naik motor atau kendaraan umum. Hobi mahal seperti golf sebaiknya dikurangi atau dihentikan.


Selama gak butuh banget, sebaiknya dilepas. Biayanya bisa bengkak seiring tahun, lho! Mending masuk tabungan pensiun kamu, kan?

Sekian tips kaya dengan pensiun dini! Bukan demi anak-cucu aja, tapi supaya kamu bisa hidup santai penuh gaya di masa tua!


Kirim CV dan Resume kamu ke situs Kessler Executive Search untuk layanan pencarian kerja dan hiring karyawan terbaik se-Jabodetabek!


Sumber: liputan6.com

84 views0 comments

Recent Posts

See All