Search

Tips Jitu Naik Jabatan


"Penampilan menarik tapi tetap profesional adalah kunci direkrut Headhunter!"

Aku mau naik jabatan! Kalau kamu sudah dapat pekerjaan baru hasil cari kerja bareng Heeadhunter dan Recruiter di masa new normal ini, syukur! Tapi dapat kerja aja gak cukup, karena karir kamu lah yang menetukan jumlah gaji serta manfaat lain untuk diri sendiri dan keluarga. Cara paling pasti untuk naikkin karir? Naik jabatan!


Naik jabatan memang susah ya, apalagi kalau HRD dan boss kamu orangnya sulit. Tenang, gak harus jadi jenius kok biar dapat promosi! Ikuti tips jitu naik jabatan ini…

Tips Jitu Naik Jabatan


1. Datang Lebih Awal

Tepat waktu itu tanda karyawan baik, jadi jangan pernah datang terlambat! Nah, kalau tepat waktu itu tanda karyawan baik… Lebih awal itu tanda karyawan hebat!


Baik itu masuk kantor, pergi ke tempat meeting, survei lokasi, dll, datanglah lebih awal dari yang lain, bahkan lebih cepat dari si boss!


Pastikan kamu datang awal karena memang kerja ya, bukan sekedar mager di kantor atau pamer. Inisiatif itu poin penting naik jabatan!


2. Pakaian Rapi dan Menarik

Berpakaian rapi sesuai peraturan kantor sudah wajib, tapi pastikan juga penampilanmu ‘menarik’ dan bukan sekedar ‘ikut aturan’.


Kalau pakaian formal, pastikan jaketmu tidak basah atau bolong. Kemejamu jangan berkerut, dasinya pun harus lurus. Sepatumu juga harus bersih, tanpa ada bekas menginjak tanah dan sebagainya.


Paduan warna bajumu pun harus diperhatikan, supaya klop dan bisa mewakili perusahaan. Ini akan perhatian HRD dan boss, sehingga mereka lebih fokus dengan segala prestasimu.


3. Tidak Mepet Deadline

Sama halnya dengan datang lebih awal, mengerjakan tugas kantor juga tidak boleh mepet! Supaya naik jabatan, tidak cukup hanya ‘tepat waktu’; kamu harus bisa lebih cepat!


Hitunglah deadline seminggu lagi; coba selesaikan pekerjaanmu dalam 4-5 hari. Lakukan ini untuk hampir semua tugas yang kamu punya.


Lambat laun HRD juga boss akan menyadari sikap rajinmu, dan akan memperhitungkan naik jabatan! Yang penting jangan berlebihan ya, selesai 3-4 hari sebelum deadline sudah cepat.


Baca Juga: Kalau Karyawan Malas, HRD Ngapain?


4. Aktif Memberi Masukan

Saat rapat berkala atau diskusi proyek, aktiflah memberi ide atau masukan. Ini menunjukkan kreativitas dan semangat kamu untuk bekerja!


Memang sih, kadang ada ‘meeting’ di mana boss sudah punya rencana dan hanya ingin karyawan asal setuju aja (banyak yang begini). Tapi tetap cobalah aktif; kalau ditolak, setidaknya sudah usaha.


5. Kerja Sama Tim yang Baik

Mungkin kamu semangat mau naik pangkat, tapi jangan lantas menusuk teman sendiri ya. Justru kamu harus tunjukkan kamu bisa bekerjasama dengan tim, agar dapat promosi jabatan jadi leader!


Memang biasanya yang naik jabatan cuma 1-2 orang, tapi jangan sampai itu jadi alasan kamu bersaing gak sehat dengan teman kantor!


6. Ramah dan Loyal

Sikap ramah itu penting, karena itu menunjukkan kalau kamu senang bekerja di perusahaan. Sapalah rekan kerja di lorong, beri salam pada boss, juga siaplah membantu kapan saja.

"Terima kasih Recruiter, aku jadi dapat kerja dengan jabatan tinggi!"

Bukannya menjilat ya, tapi kepribadian yang baik di kantor akan secara alami menjadikannmu fondasi setia perusahaan yang pantas mendapat penghargaan tinggi!

Demikian tips jitu naik jabatan! Jujurlah dan rajin pada setiap usahamu, pasti minimal nanti naik gaji!


Kalau mau jabatan oke dari awal, kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja yang sesuai! Jangan terlalu nafsu, santai tapi tetap rajin dalam meniti karir!


Sumber: idntimes.com

120 views0 comments

Recent Posts

See All