Search

Tips Jitu Lulus Masa Probation!


Supaya jadi karyawan tetap, kamu harus lulus masa probation! Cari kerja di masa new normal ini rasanya makin sulit aja dari hari ke hari, jadi jangan lupa untuk minta bantuan Headhunter dan Recruiter untuk lowongan kerja terbaru. Saat akhirnya kamu dapat undangan interview kerja dan diterima, rasanya wow! …Tapi kamu lupa, kalau masih ada masa probation!


Baca Juga: Jangan Buat CV Seperti Ini!


Hampir semua perusahaan sekarang syarat masuknya ketat, sehingga masa probation atau uji coba sudah jadi hal wajib. Walau lulus wawancara dan diterima, kalau tidak lulus probation jadinya PHK lagi!! Jangan panik, kami akan bagi tips jitu lulus masa probation di bawah ini…

Cara Menjaga Hubungan Baik Setelah Resign


1. Kenali Perusahaan

Sebagai calon karyawan baru, sudah pasti kamu harus mencari tahu soal perusahaan yang kamu lamar! Tentu di proses cari kerja dan mengirim lamaran, kamu cukup tahu sedikit saja, karena banyak perusahaan lain yang juga kamu lamar.


Tapi begitu lulus interview dan masuk masa probation… saatnya mencari tahu lebih banyak soal 1 perusahaan itu! Usahakan begitu diterima sebagai karyawan baru, bertanyalah lebih dalam sebelum interview terakhir selesai, karena kadang informasi website perusahaan tidak cukup.


Selain menunjukkan semangatmu untuk bekerja, ini juga akan membantumu untuk cepat terbiasa di lingkungan kerja baru.


2. Jangan Berkata ‘Tidak’

Namanya karyawan baru, pasti banyak yang bikin kamu bingung atau gugup. Saat ini, kadang ada boss yang menguji kamu dengan menawarkan suatu tugas di kantor, di luar lingkup posisimu.


Kamu gak ngerti tugasnya apa dan kedengarannya sulit, tapi jangan berkata ‘tidak’ atau menolak! Katakanlah “Baik pak, saya akan coba.” Atau semacamnya, lalu tanyakan detil pekerjaannya.


Ini bukan soal kamu bisa atau tidak, tapi soal kesanggupanmu bekerja dan melaksanakan perintah. Walau akhirnya gak mulus, setidaknya kamu tidak menolak. Seenaknya diuji begini gak adil, kan? Tapi begitulah kenyataan tempat kerja.


Kadang ada boss jahat yang sengaja memberi tugas yang sudah jelas di luar kapasitas karyawan… agar dia menolak, lalu menjadikannya alasan untuk pemecatan. Hati-hati!


3. Bertanyalah Secukupnya

Malu bertanya sesat di jalan! Bertanyalah pada atasan langsungmu dan rekan kerja lainnya kalau kesulitan, tapi jangan berlebihan. Selalu coba sebisa mungkin sebelum bertanya lagi!

4. Atur Waktu dan Jadwal

Manajemen waktu itu penting, terutama bagi karyawan baru dalam masa probation. Kalau boss melihat kamu selalu mepet deadline dan telat, siap-siap gak lulus probation!


Fokus ke tanggung jawab utamamu dulu! Kalau dimintai bantuan oleh boss atau senior, sanggupi. Tapi, bilang kalau kamu tidak bisa terlalu lama karena masih ada pekerjaan. Atasan dan rekan kerja yang baik pasti mengerti!


5. Patuhi Peraturan

Tentunya di luar bekerja dengan baik, kamu juga harus mematuhi peraturan perusahaan! Jangan telat, istirahat sesuai batas, pakai baju formal/bebas sesuai aturan, dsb. Supaya jadi karyawan tetap, kamu harus disiplin di kantor!


6. Usaha Maksimal!

Tips terakhir dan terpenting: berusahalah sekuat tenaga! Bekerjalah dengan baik, bersosialisasi, dll sebisa kamu. Usaha yang baik pasti akan diakui dan jadi bahan pertimbangan lulus probation!

Sekian tips jitu lulus masa probation! Baik seminggu atau 3 bulan, jalani masa probation tanpa terlalu tegang dan berusahalah sebisa kamu untuk jadi karyawan tetap!


Kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search untuk karir yang mulus setelah lulus probation. Berjuanglah, karyawan baru!


Sumber: hipwee.com

124 views0 comments

Recent Posts

See All