Search

Tips Fresh Graduate untuk Menarik Perhatian HRD


"Fresh Graduate harus berusaha agar HRD melirik CV mereka!"

Gimana biar Fresh Graduate dinotis HRD? Sebagai orang yang sibuk cari kerja dengan jasa Headhunter dan Recruiter, tentu paham betul dilema seorang fresh graduate. Mereka yang baru lulus sekolah atau kuliah ada di posisi lebih rentan dalam mencari kerja, apalagi saat berhadapan dengn standar HRD yang tinggi.


Berikut tips agar Fresh Graduate atau lulusan baru bisa menarik perhatian HRD!

Tips Agar Fresh Graduate Bisa Menarik Perhatian HRD


1. Alamat E-Mail Profesional

Gak ada HRD yang mau nerima pelamar kerja yang gak serius, apalagi yang pakai nama e-mail aneh-aneh. Cukup gunakan namamu sebagai alamat e-mail, misalnya budisetiawan@yahoo.com dan bukan budiganteng999@gmail.com (alay!).


Bukan karena HRD iri pada nama e-mailmu atau kamu gak boleh berkreasi, tapi namanya kerja itu harus serius dari awal. Dari awal di sini termasuk tahap melamar kerja dan interview sebelum diterima! Jangan anggap enteng ya, guys.


2. Subyek E-Mail Jelas

Selain alamat e-mail dalam mengirim lamaran kerja, subyek e-mail juga harus jelas agar HRD bisa langsung membacanya. Umumnya dalam membuka lowongan kerja, HRD sudah menetapkan subyek e-mail yang harus dipakai, jadi ikutilah dengan baik!


Mungkin terlihat kaku dan membosankan, tapi itu agar e-mail dari ratusan bahkan ribuan pelamar kerja bisa disortir cepat dan menghemat waktu!


Toh kalau subyek e-mail kamu gak jelas dan e-mail lamaranmu jadi yang terakhir diperiksa HRD, kamu sendiri yang rugi.


3. Gaya Bahasa Formal

Namanya juga memasuki dunia kerja, jadi sebagai lulusan baru kamu harus terbiasa memakai bahasa formal dalam surat lamaran kerja dan apapun yang berhubungan dengan perusahaan!


Ini bukannya sok keren ya, tapi sebagai tanda profesionalisme dalam pekerjaan. Toh bicara santun dan formal adalah awal untuk setiap perjanjian bisnis!


Kalau kamu bisa memakai bahasa formal seperti ‘saya’, ‘Anda’, serta pemakaian kalimat santun dan rendah hati pada lawan bicara dalam lamaran kamu, HRD akan menilai tinggi hal tersebut!


4. Salam Sesuai Nama dan Jabatan

Sebagai orang yang akan jadi bagian dari dunia profesional, sudah sepantasnya fresh graduate seperti kamu memakai nama dan jabatan yang tepat untuk HRD yang kamu kirimi lamaran.


Biasanya dalam lowongan kerja HRD akan menyertakan nama dan jabatan mereka, jadi gunakan itu untuk menyebut keberadaan mereka dalam surat lamaran! Pemakaian ‘pak’ atau ‘bu’, juga ‘Senior Manager’ atau ‘HR Director’ sangat penting!


Baca Juga: Tips Sukses Interview!


Bukannya menjilat atasan ya, tapi ini menunjukkan sikap profesional kamu dalam aspek sosial pekerjaan. Hal ini dinilai tinggi oleh HRD, karena komunikasi profesional dalam rapat dan lain-lain bergantung padanya.


5. Tambahkan Portofolio

Kalau bahasa formal dan detil e-mail lamaran kamu sudah jelas, saatnya tambahkan portofolio! Umumnya HRD akan meminta portofolio untuk bidang kerja kreatif (desain, editor, dll), tapi kamu boleh masukkan satu kalau punya.


Ingat, sertakan portofolio yang relevan untuk posisi yang dilamar (artikel untuk penulis, gambar untuk desainer, foto untuk fotografer, dll), dan bersikaplah rendah hati.


Terlepas dari apakah HRD minta portofolio itu atau tidak, pastikan itu sebagai kesan pertama yang baik dalam menunjukkan kemampuan serta sikap kamu sebagai pekerja. Jangan pamer, ya!

Sekian tips agar fresh graduate bisa menarik perhatian HRD! Cari kerja susah buat siapa saja, jadi selagi masih muda dan baru lulus, carilah kerja sebaik mungkin!


Kunjungi situs Kessler Executive Search, jasa pencarian kerja terbaik di Jakarta, untuk lowongan kerja terkini di Indonesia! Siapkan CV dan surat lamaran kamu yang paling profesional, ya!


Sumber: kompas.com

76 views0 comments

Recent Posts

See All