Search

Tips Dapat Kerja di Jepang!


"Menurut Recruiter, budaya kerja keras di Jepang patut dicontoh!"

Siapa sih, yang gak mau kerja di Jepang!? Kerja di luar negeri pasti terdengar seru, ya. Semua orang yang sibuk cari kerja lokal dengan jasa Headhunter dan Recruiter pun pasti antusias mendengar peluang kerja di Jepang.


Eits, sebentar. Kerja di Jepang bukan berarti asyik jalan-jalan ke Kyoto atau belanja di Akihabara lho! …Kok kaget!? Biar gak salah kaprah, baca dulu tips dapat kerja di Jepang ini!

Tips Dapat Kerja di Jepang


1. Siapkan Mental!

Namanya kerja di luar negeri, pasti tidak bisa diputuskan sembarangan. Kamu akan bekerja di tempat yang jauh dari rumah, dengan mata uang asing, tanpa kerabat atau teman dari negeri asal!


Prosesnya panjang, mulai dari persiapan visa, transportasi kerja biaya hidup sehari-hari… pokoknya banyak! Kalau kamu gak menyiapkan mental serius dan cuma mau main-main, bakal kewalahan!


Sebelum memulai proses untuk dapat kerja di Jepang, ubah pola pikir kamu: kerja di Jepang itu serius, nyari duit Yen yang dikonversi ke Rupiah. Soal jalan-jalan dsb itu urusan nanti!


2. Belajar Bahasa Jepang

Langkah pertama kerja di Jepang ya… belajar bahasa Jepang. Di negara lain kamu cukup bisa berbahasa Inggris, karena mereka sudah mengadopsi bahasa itu untuk berhadapan dengan warga asing.


Tapi berbeda dengan negara Eropa atau negara Asia lainnya, mayoritas penduduk Jepang tidak pandai berbahasa Inggris. Mau tak mau, kamu harus belajar bahasa Jepang!


Tak perlu fasih, tapi minimal kamu bisa membaca sebagian besar huruf hiragana dan katakana, lalu berlatih bahasa percakapan yang umum dipakai sehari-hari, terutama di lingkungan kerja.


Kanji sulit dan makan banyak waktu, jadi fokuslah pada hiragana dan katakana. Kalau kesulitan membaca kanji, mintalah bantuan rekan kerjamu di sana. Mereka pasti maklum!


3. Pilih Jalur Kerja di Jepang

Setelah kemampuan bahasa memadai, saatnya mencari jalur masuk kerja di Jepang! Caranya bermacam-macam, tergantung situasi dan kondisi kamu.


Cara pertama dan paling sederhana: kerja di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia! Entah perusahaan baru atau kantor cabang, masuklah sebagai karyawan di perusahaan Jepang di Indonesia.


Kalau prestasi bagus, kamu bakal dikirim untuk kerja di kantor pusat yang ada di Jepang! Memang perlu waktu, tapi setidaknya kamu sudah ada penghasilan.


Baca Juga: Tips Cari Kerja di Luar Negeri Lainnya!


Cara lain adalah ikut program kerja ke Jepang, dari Departemen Ketenagakerjaan. Posisi untuk ini biasanya kerja magang secara masal, seperti buruh pabrik.


Posisinya rendah, tapi syaratnya pun lebih mudah. Siapa tahu kamu bisa naik pangkat dari buruh jadi manajer begitu kerja di sana!


4. Urus Persyaratan Administrasi Jepang

Bagian terpenting setelah tahu jalur masukmu ke Jepang adalah administrasi! Kamu perlu menyiapkan paspor dan visa pekerja untuk di Jepang, jadi pastikan tidak ada kesalahan pembuatan.


5. Pelajari Budaya Jepang

Tahapan terakhir adalah dengan memahami budaya Jepang. Di Jepang itu aturannya ketat dan penuh tradisi, jadi kamu- Apa? Bukan, bukan soal anime, manga, atau sushi!


Budaya di sini maksudnya budaya kerja seperti memberi kartu nama dengan 2 tangan, tahan naik kereta penuh sesak, ikut pesta kerja, dsb agar terlihat profesional.


Budaya hidup seperti memberi salam dengan membungkuk dan makan ramen dengan suara keras juga penting agar dipandang sopan.

Sekian tips dapat kerja di Jepang! Ingat, kerja di Jepang untuk cari nafkah, bukan jalan-jalan!


Mau cari kerja di Jepang atau negara lain? Kunjungi situs Kessler Executive Search untuk meningkatkan karirmu!


Sumber: lifepal.co.id

76 views0 comments

Recent Posts

See All