Search

Tips Cari Kerja di Masa Pandemi


"Semangat, jobseekers! Kessler mendukungmu!"

Cari kerja di masa pandemi itu mungkin! Karena pandemi virus Covid-19, seluruh dunia mengalami kesulitan di bidang ekonomi karena aktivitas luar ruangan dibatasi. Akibatnya, semua pekerjaan memakai sistem kerja dari rumah atau work from home. Ini membatasi jumlah kerjaan yang bisa dilakukan, yang sekaligus mengurangi gaji, tunjangan, dsb.


Yang sudah kerja saja kesulitan, bagaimana dengan yang belum? Apa mungkin cari kerja di masa pandemi virus Corona begini? Mungkin, walau tidak mudah. Baca tipsnya di bawah biar semangat ya~

Tips Cari Kerja di Masa Pandemi


1. Tingkatkan Kemampuan Teknologi

Semuanya sekarang berbasis kerja dari rumah atau work from home, jadi kamu harus memakai segala jenis teknologi untuk kompensasi tidak bisa ketemu langsung!


Kamu harus memakai laptop atau PC agar bisa internetan untuk video call dan semacamnya. Untuk membalas pesan singkat bisa pakai aplikasi smartphone, tapi sesuaikan dengan keadaan.


Kamu juga harus siap memamasang mikrofon, kamera video komputer, setting online meeting, dll. Gak boleh gaptek, jadi jangan ragu minta diajari!


Kalau memakai laptop saja masih bingung, orang tidak akan mau repot-repot mengundang interview online. Banyak belajar, ya!


2. Bersiap Untuk Interview Online

Semua proses kerja termasuk rekrutmen sekarang memakai interview online. Masih ada yang ketemu langsung (pakai masker), tapi sangat tidak disarankan.


Kamu harus memakai laptop atau komputer dengan spesifikasi yang cukup untuk memutar video. Kamu juga harus memastikan mikrofon dan kamera laptop/PC kamu bekerja dengan baik untuk video call.


Siapkan headphone agar pembicaraan kerja kamu lewat video call tidak mengganggu orang di rumah, juga sebaliknya. Kalau ada suara bising saat interview, bisa-bisa HRD marah!


Tahap terakhir tentu saja belajar untuk interview seperti biasa, seperti mempelajari pertanyaan yang sering muncul dan jawabannya.


Bagian ini hampir sama dengan saat interview biasa, tapi kamu akan bicara langsung ke depan layar laptop atau komputermu, jadi jangan gugup ya!


Baca Juga: Pertanyaan Favorit HRD saat Interview!


3. Pelajari Skill Digital Marketing

Skill yang paling banyak diminati saat ini adalah skill berbasis digital marketing!


Menulis artikel online, membuat konten gambar atau video online, bikin website, dsb; skill berbasis digital yang tidak memerlukan kontak fisik seperti itu menjadi jauh lebih bernilai sekarang!


Dengan mempelajari atau mendalami skill digital marketing tersebut, nilaimu di mata Headhunter dan Recruiter akan melonjak! Rajin-rajinlah bikin konten di social media untuk menarik minat HRD perusahaan sekaligus membangun portofolio baru!


4. Cari Kenalan Baru

Era pandemi menetapkan aturan ketat jaga jarak yang berbeda dari satu negara ke lainnya, tapi satu hal tetap konstan: sebisa mungkin kamu tidak keluar rumah!


Akibatnya, kamu hanya bisa berkomunikasi lewat chatting dan telepon atau media sosial. Cari teman dan koneksi baru rasanya mustahil.


Jangan panik, cari teman baru lewat media sosial mungkin kok! Kenalan lewat pesan singkat di Facebook atau Instagram, berbagi foto dan informasi, sampai temenan!


Ini bukan sekedar main-main ya, tapi cari kerja! Dengan menambah koneksi baru di daftar teman, kamu bisa mencari peluang lowongan kerja lain.


Kamu bisa tanya soal lowongan di perusahaan tempat kenal barumu itu bekerja, atau peluang bisnis serta investasi lainnya. Memang kamu juga harus berbagi info yang kamu punya, tapi ini adil, kok!


Jangan malu-malu, ya~


5. Kerja Sambilan

Terkadang biar sudah usaha maksimal pun, kamu masih belum juga dapat kerja.


Jangan bersedih, cobalah cari kerja sambilan sebagai gantinya. Memang bayarannya kecil, tapi lebih baik daripada nganggur!

Sekian tips cari kerja saat pandemi! Jangan malu-malu untuk minta bantuan orang lain ya, kita hadapi krisis ini bersama!


Cari kerja belum dapet? Kunjungi situs Kessler Executive Search ajah!


Sumber: detik.com,kontan.co

117 views0 comments

Recent Posts

See All