Search

Tantangan Yang Dihadapi Perusahaan Startup Dalam Merekrut Karyawan Baru

Updated: May 5, 2020


"Apa kita butuh Headhunter ya buat rekrut karyawan baru?"


Di era millenial ini, jika kita perhatikan dengan seksama banyak sekali Perusahaan Startup yang mulai berkembang, bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di negara-negara maju. Biasanya sih, Perusahaan Startup itu memiliki kendala dan isu tersendiri dalam merekrut karyawan baru yang berkualitas dan sangat kompeten dalam menjalankan pekerjaannya. Sulitnya merekrut karyawan baru inilah yang menjadikan para owner Perusahaan Startup dan divisi HRD yang bekerja pusing bukan main mencari solusinya. Sudah banyak masalah yang harus diurus di dalam bekerja, masih harus mengurusi masalah ini juga? Eits.. jangan anggap enteng masalah ini. Karyawan yang baik merupakan aset penting bagi perusahaan dalam jangka panjangnya agar dapat bersaing dengan perusahaan kompetitor.


Tapi tenang ! Kita akan bahas tantangan apa saja sih yang dihadapi oleh Perusahaan Startup dalam merekrut karyawan baru, dan bagaimana cara menyelesaikan persoalan ini hingga tuntas.


1. Nama Perusahaan belum Terkenal


Sudah jelas, Perusahaan Startup yang baru berdiri baik nama dan kepercayaannya belum dikenal baik di kalangan masyarakat luas. Penting bagi owner atau founder perusahaan untuk menciptakan visi dan misi perusahaan dalam jangka panjang untuk menumbuhkan kepercayaan untuk masyarakat. Penting juga untuk membuat website, Linked-In page, bahkan Instagram perusahaan agar dapat dilihat masyarakat. Hal ini cukup bermanfaat untuk menarik perhatian para calon klien sehingga profit perusahaan dapat berkembang.


2. Belum Ada Strategi Rekrutmen dan Tenaga HRD yang Kompeten


Sebagian besar Perusahaan Startup biasanya belum memiliki strategi rekruitmen yang jelas. SOP rekruitmen pun masih simpang siur, belum jelas. Divisi HRD mungkin sudah ada, akan tetapi kemungkinan belum terlalu kompeten untuk menangani permasalahan rekrut karyawan. Jika kondisinya seperti ini, ada baiknya untuk perusahaan menggunakan jasa Headhunter atau bagian Outsourcing untuk karyawan. Nah, bisa nih kontak Kessler Executive Search untuk rekrut karyawan baru untuk perusahaan kamu.


3. Belum ada Uraian Job Description yang Jelas Untuk Karyawan


Perusahaan Startup sudah pasti banyak sekali pekerjaan yang harus dikerjakan untuk dapat bersaing dengan kompetitor perusahaan lain. Sumber Daya Manusia perusahaan sangat terbatas sedangkan beban pekerjaan sangat banyak menyebabkan karyawan perusahaan startup cukup pontang-panting dalam mengerjakan beban mereka masing-masing.. Sementara owner perusahaan cuma bisa pusing memikirkan isu ini. Solusinya tim HRD bisa membuat uraian Job Description di setiap divisi agar pekerjaan cepat selesai dan beban kerja antar karyawan dapat terbagi rata. Fokuskan pekerjaan rekrut karyawan baru dikerjakan oleh tim HRD, bukan divisi lain. Apabila tim HRD perusahaan belum ada yang kompeten merekrut karyawan baru, dapat mengikuti training rekruitmen khusus untuk pihak HRD, biasanya banyak training dan webinar gratis di internet. Pilihlah pembicara yang sesuai dan kompeten dengan materi yang disampaikan.


Nah berikut adalah tantangan dan solusi dalam menghadapi isu rekruitmen di Perusahaan Startup. Kamu punya ide lain atau sanggahan? Silahkan komentar di postingan ini ya!


52 views0 comments

Recent Posts

See All