Search

Tanda Kalau Kamu ‘Anak Emas’ Boss

Updated: Nov 24, 2020



"Berkat Headhunter, kemampuan saya diakui oleh bos, saya jadi disukai"


Gimana rasanya jadi ‘kesayangan’ boss? Di antara para karyawan yang rajin bekerja (atau mereka yang sibuk cari kerja dengan headhunter dan recruiter), seringkali ada ‘anak emas’ yang menjadi andalan boss. Walau kadang punya konotasi negatif, ‘anak emas’ boss adalah karyawan andalan yang secara tak resmi menjadi tangan kanan boss.


Bisa kebayang kan, rasanya ada di posisi itu? Selain banyak keuntungan dari segi ekonomi dan karir, jadi anak emas juga tanda kalau kualitas kerjamu diakui! …Asal dengan kerja keras, bukan menjilat!


Apa usahamu sekarang sudah membuatmu jadi anak emas boss? Kita lihat tandanya…

Tanda Kalau Kamu ‘Anak Emas’ Boss


1. Perhatian Lebih

Anak emas boss itu diberi perhatian lebih. Tanpa perlu kamu sapa, boss sendiri yang akan datang bicara padamu.


Awalnya mungkin hanya teguran selamat pagi, yang berlanjut menjadi obrolan ringan saat jam istirahat, lalu memberi masukan detil tentang performa kerja, dsb.


Boss memberi perhatian ini karena berharap pada kemampuanmu!


2. Meminta Masukan

Saat meminta masukan, umumnya boss akan mengadakan rapat terbuka yang diikuti semua karyawan. Tapi kalau kamu sering dimintai pendapat oleh boss secara pribadi, artinya beliau percaya padamu!


Masukannya mungkin sebatas pekerjaan, tapi boss yang menganggap kamu anak emas akan minta pendapatmu secara rutin!


Lebih dari itu, boss akan menyisihkan waktu bicara empat mata denganmu dan meminta masukan, bahkan untuk urusan di luar pekerjaan! Kalau bukan anak emas, apa lagi?


3. Jadi Andalan

Selain dimintai pendapat, boss yang menganggapmu sebagai pegawai kesayangan akan menjadikan kamu pilihan pertama untuk mengerjakan banyak hal.


Kalau jabatanmu tinggi (sekretaris atau manajer), boss tidak akan segan memebrikan proyek besar sebagai tanggung jawabmu.


Baca Juga: Jangan Jadi Penjilat!


Kalau jabatanmu rendah (karyawan biasa), boss akan selalu memasukkanmu di daftar ‘orang yang bisa diandalkan’. Artinya kalau karyawan yang biasa menangani tugas tertentu tidak tersedia, kamulah pilihan utama penggantinya!


Mungkin kamu bakal jadi repot, tapi ini kesempatan emas naik jabatan. Tunjukkan semua kemampuanmu!


4. Apresiasi Lebih

Seperti perhatian, boss juga akan lebih menghargai hasil jerih payahmu di kantor. Dibanding karyawan lain, kamu akan lebih mudah dapat kenaikan gaji atau minta jatah cuti!


Tentu, ini kalau kamu rajin bekerja dengan hasil yang baik. Walau tidak terlalu lihat, kamu akan menyadari kalau hasil kerjamu lebih cepat dihargai dan diberi penghargaan dibanding karyawan lain.


Mungkin agak gak adil bagi karyawan lain, tapi selama kamu memang bekerja keras untuk itu dan tidak menjilat, kenapa tidak?


5. Terbebani, Bahkan di Luar Pekerjaan

Sayangnya, menjadi anak emas boss tidak selalu positif. Karena boss memberi perhatian dan penghargaan lebih padamu, otomatis kamu jadi punya beban berat.


Seperti anak pada orang tua, kamu jadi stress sendiri karena tidak ingin mengecewakan boss. Kalau kamu melakukan kesalahan, efeknya akan berlipat ganda dan bikin kamu takut!


Yang lebih parah, ada kalanya kamu juga mendapat perhatian lebih di luar pekerjaan! Misalnya diajak makan bareng keluarga boss, diajak jalan abreng teman- luar kantornya, dsb.


Ini hal positif selama tidak ada maksud lain, tapi bisa berakibat mencampuradukkan karir dan kehidupan pribadi! Waspadalah untuk tidak berlebihan!

Sekian tanda kalau kamu anak emas boss! Jadi anak emas itu karena ingin jadi yang terbaik, bukan karena alasan lain di luar karir ya.


Mau cari kerja? Kirim CV ke Kessler Executive Search sekarang!


Sumber: kompas.com

574 views0 comments

Recent Posts

See All