Search

Tanda Interview Berjalan Lancar


"...Umumnya interview tidak akan berjalan selancar ini, jadi hati-hati ya!" -Headhunter

Apa interview kerja kamu berjalan lancar? Halo lagi, pembaca setia blog Kessler! Gak kerasa mau pertengahan bulan, tapi upaya kerja dan cari kerja pakai jasa Recruiter gak boleh kendor! Memang tiap dapat undangan interview kerja, rasanya senaaaang banget. Tapi begitu dijalanin, langsung gak pede dan bertanya-tanya apa kamu melakukan kesalahan.


Tenang… kamu gak sendiri, kok! Semua orang yang interview pasti was-was apa salah ngomong atau tidak. Makanya biar kamu gak panik dan positive thinking aja, kami siapkan tanda-tanda kalau interview berjalan lancar di bawah ini!

Tanda Interview Berjalan Lancar


1. Percakapan Jadi Santai

Tergantung tempat dan budaya perusahaan yang kamu lamar, umumnya interview akan dimulai dengan gaya formal atau semi-formal. Pihak pelamar maupun pewawancara akan bicara sopan dengan bahasa baku.


Nah, bila tiba-tiba gaya pembicaraan jadi santai, seperti saat HRD memakai bahasa gaul atau menanyakan hobi atau hal di luar pekerjaan padamu, itu pertanda baik!


Itu tanda bahwa mereka tertarik dan merasa nyaman bicara denganmu. Walau bukan pasti diterima, yang jelas adalah sesi interview akan lanjut!


2. Interview Berlangsung Lama

Kalau setelah 10 menit atau kurang kamu segera dibawa ke sesi akhir wawancara (“Ada pertanyaan?”), kemungkinan interviewer tidak terkesan atau kurang senang padamu.


Cukup perhatikan waktu pas interview dimulai, dengan lama berjalannya. Cek jam secara diam-diam (jam dinding, kalau bisa) untuk melihat seberapa lama interview berjalan.


Kalau sudah lewat 30 menit interview masih berlangsung dan belum mencapai sesi akhir, berarti kamu sudah menjalaninya dengan baik! …Tentu, ini kalau kamu nggak mengulur waktu pertanyaan ya.


Baca Ini Juga: Karyawan Magang Perlu Dibayar Gak?


3. Bilang ‘Kapan’

Kalau HRD sudah menganggapmu layak untuk posisi yang dilamar, mereka gak akan buang-buang waktu menanyakan pertanyaan formal seperti riwayat pendidikan atau kegiatan organisasi yang kamu ikuti.


No. Mereka akan langsung bertanya kapan kamu bisa mulai bekerja, walau ini bisa jadi formalitas. Tapi kalau mereka juga bertanya seperti, “Kalau kamu diterima, nanti masuk bulan sibuk lho,” atau, “Apa kamu bisa mulai masuk hari Sabtu kalau diterima?”


Ini pertanda bagus, karena HRD tidak mau melepaskanmu begitu saja. Mungkin HRD baru menganggap kamu lolos ke tahap interview berikutnya dan bukan diterima, tapi ini tetap kemajuan besar!


4. Menawarkan Manfaat

Salah satu tanda lain HRD yang sudah ‘kekeh’ ingin kamu melanjutkan ke tahapan tes dan interview kerja berikutnya adalah membicarakan manfaat posisi yang kamu lamar.


Mereka akan bilang kalau khusus manajer, jam kerja lebih fleksibel atau makan siang bisa di tempat jauh, dsb. Tidak ada alasan HRD mengatakan hal semacam itu, kalau bukan kamu yang nanya.


Itu tandanya HRD berusaha ‘menjual’ posisi yang kamu lamar itu dengan manfaatnya, karena kamu adalah kandidat pilihan HRD! Atau setidaknya, lebih baik dari sekian kandidat lain.


5. Dikenalkan Pada Karyawan Lain

Satu tanda terakhir adalah kamu tiba-tiba dikenalkan pada karyawan lain!


Mungkin kebetulan saja karyawan lain itu sedang lewat dekat ruangan interview, tapi HRD yang tidak tertarik padamu tidak akan repot memanggil mereka, apalagi mengenalkannya padamu.


Ini tanda HRD ingin kamu segera merasa betah di kantor dengan mengenal penghuninya!

Sekian tanda interview berjalan lancar! Semua itu hanya tanda interview lancar, bukan kamu pasti diterima atau tidak. Tapi tetaplah melakukan yang terbaik di sesi interview!


Cari kerja ada solusinya! Jasa Kessler Executive Search akan membantu kamu sebagai pencari kerja atau pemilik perusahaan untuk masa depan karir!


Sumber: kumparan.com

575 views0 comments

Recent Posts

See All