Search

Skill Paling Dicari Recruiter Tahun 2021


"Perlu banyak skill agar Recruiter mau rekrut kamu! ...Skill beneran ya, bukan ngerayu."

Skill apa yang dicari HRD untuk tahun 2021? Selamat natal, semua! Tak terasa sebentar lagi tahun baru, tapi cari kerja pakai jasa Headhunter tetap jalan! Baik kamu sibuk kerja atau cari kerja, perlu bikin rencana tahun baru… Bukan soal liburan, tapi skill untuk kerja~


Skill yang dicari para HRD dan Recruiter selalu berubah setiap tahunnya, walau ada beberapa yang tetap. Mempelajari atau mengasah skill-skill ini akan menjadi kunci untuk dapat kerja atau promosi jabatan, jadi cobalah!


Berikut skill paling dicari Recruiter tahun 2021 versi Kessler!

Skill Paling Dicari Recruiter Tahun 2021


1. Digital Marketing

Karena sekarang dunia sudah lama mengadopsi era digital sebagai wajah komunikasi untuk hampir semua hal, mereka yang tidak bisa menggunakan komputer atau gadget akan tertinggal!


Ini bukan sekedar dibilang ‘ketinggalan zaman’, tapi kesulitan untuk bekerja dengan sesama. Toh meeting, transaksi, dsbs sekarang serba online dari seluruh dunia.


Inti dari semua ini adalah digital marketing, teknik pembelian, penjualan, transaksi, dsb secara digital. Dengan mempelajari skill digital marketing, kamu bisa mengerjakan segala bisnis di kantor hanya dengan sebuah komputer, laptop, atau gadget.


Terbayang kan, kalau sekarang kamu harus ketemu tatap muka sama klien untuk setiap transaksi? Gak efisien banget! Karena itu, kalau kamu gak bisa minimal sedikit digital marketing, HRD akan sulit melirik kamu!


2. Programming

Digital marketing tadi menggunakan sistem digital dan media online untuk bekerja, tapi ini kebalikannya. Programming adalah skill untuk membuat segala proses digital marketing tadi bekerja!


Untuk menjual barang secara online, pertama kamu harus membuat website, program, atau aplikasi agar para konsumen bisa melihatnya dari laptop atau gadget mereka.


Untuk itu, perlu kemampuan programming dengan bahasa program PHP, Java, C++, Visual Basic, Python, dsb agar visi digital marketing terwujud!


Kamu perlu kerja sama dengan divisi digital marketing yang terdiri dari tim kreatif, content writer, graphic designer, event planner, dsb agar proyek selesai… Tapi semuanya dimulai dari programming!


Kalau bisa menggunakan setidaknya satu bahasa program dengan baik, kamu akan dinilai tinggi di mata Recruiter!


3. Leadership

Zaman sekarang ini, perlu sosok pemimpin di segala bidang, termasuk pekerjaan.


Baik itu CEO atau kepala bagian atau manajer, kemampuan memimpin dan mengarahkan orang lain dalam pekerjaan sangat dihargai oleh Headhunter.


Kalau karyawan biasa memang hanya perlu mengikuti instruksi, tapi jadi pemimpn berarti harus memberi arahan yang benar dan bermanfaat.


Baca Deh: Enakkan Jadi Boss atau Karyawan?


Lebih dari itu, leader harus membuat banyak rencana masa depan, jauh sebelum harinya dengan detil agar proses kerja berjalan lancar.


Tentu ini bukan hal yang bisa dilakukan siapa saja, jadi kalau kamu bisa setidaknya memimpin setara level asisten manajer, itu bisa jadi keunggulan saat interview!


4. Management

Seperti leadership, kemampuan untuk mengatur segala detil tugas juga penting. Kalau leader mengatur orang, management mengatur struktur kerja agar teratur dan lancar.


Ini meliputi kemampuan mengoragnisir dokumen, merapikan catatan meeting, merangkum poin penting proyek, dsb. Walau terdengar remeh, hal ini sangat penting!


Kalau kemampuan manajemen kamu bagus, kamu bisa dengan mudah jadi asisten manajer atau bahkan sekretaris pribadi boss!


5. Creative

Persaingan bisnis di era digital marketing ini sangat ketat, jadi perlu ide segar agar pasar tidak bosan.


Kalau kamu bisa membuat ide kreatif untuk desain, tulisan, atau proyek, kamu bisa jadi incaran saat proses rekrutmen!

Sekian skill paling dicari HRD di tahun 2021! Tetap rajin belajar ya~


Kesulitan hire orang untuk perusahaanmu? Hubungi Kessler Executive Search untuk mendapat kandidat terbaik!


Sumber: kontan.co.id

107 views0 comments

Recent Posts

See All