Search

Sifat Pemimpin Karismatik


"Pemimpin karismatik selalu dicari Headhunter dan Recruiter!"

Karisma pemimpin adalah kualitas utamanya! Dunia kerja new normal zaman sekarang mengalami banyak perubahan, mulai dari cara kerja work from home (kerja dari rumah) secara online, video call meeting, penyesuaian dengan dunia digital marketing, dsb. Namun komponen paling penting untuk semua perubahan itu, adalah sosok leader yang bisa menyatukan semua perbedaan tanpa bergantung pada materi atau ancaman. Pemimpin karismatik!


Baca Juga: Abis Resign, Tetap Temenan!


Dalam TV kamu bisa lihat pemimpin yang menyelesaikan semua masalah hanya dengan kata-kata; itulah pemimpin karismatik! Di lingkungan kerja nyata juga ada, walau tentu tidak sejelas di TV. Simak ciri serta sifat pemimpin karismatik di bawah ini!

Sifat Pemimpin Karismatik


Fokus Pada Visi dan Misi

Kekuatan utama dari pemimpin karismatik bukanlah uang, jabatan, atau skill, tapi karakter. SIkapnya tegas dan teguh pada nilai serta prinsip yang dipegangnya! Dia takkan terpengaruh untuk ganti haluan hanya karena pendapat orang.


Dalam kerja pun begitu. Entah sebagai CEO atau manajer, pemimpin karismatik sudah punya visi dan misi yang jelas dari awal. Dia teguh menerapkan aturan dan cara kerja yang sesuai, sambil berusaha agar tidak melenceng.


Pandai Komunikasi

Namanya juga karisma, pemimpin tipe ini pandai membujuk orang lain. Bukan hanya dari cara bicara yang baik dan pilihan kata yang sopan, tapi juga bahasa tubuhnya yang bersahabat.


Pada pemimpin karismatik, semua itu terjadi secara alami tanpa dibuat-buat. Hasilnya, siapapun ingin bicara lama dengan mereka dan mudah setuju pada banyak hal.


Para bawahan serta rekan kerja pun senang hanya sekedar dipuji oleh si pemimpin karismatik!


Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Diri

Banyak orang salah mengira pemimpin karismatik itu cuma ‘pintar bicara’ atau ‘penipu’. Tidak! Kata-kata dari tipe pemimpin ini begitu meyakinkan dan enak didengar, karena…


Dia paham betul kalau semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, terutama diri sendiri. Bukannya merendahkan orang atau menyombongkan diri seperti boss buruk, dia justru memakai ini sebagai fondasi sistem kerja.


Setiap perkataan “Serahkan pekerjaan ini padaku!” atau “Tugas ini kuserahkan padamu!” bukan karena dia mau pamer atau ingin ngerjain, tapi murni 100% karena dia tahu peran yang paling cocok untuk semua orang!


Percaya Diri

Tentunya pemimpin harus percaya diri agar para rekan kerjanya mau mendengarkan dan mengikutinya, tapi pemimpin karismatik agak beda.


Kepercayaan diri kebanyakan tipe pemimpin biasanya diiringi kesombongan, karena merasa dirinya lebih baik dari yang lain dari segi keuangan, skill, atau jabatan.


Tapi untuk pemimpin karismatik, dia percaya bahwa dirinya yang terbaik untuk membimbing orang lain mencapai potensi mereka. Karena itu, jadi pemimpin adalah tugasnya, bukan ambisi pribadi.


Kurang Yakin Pada Anggota Tim

Sayangnya, tidak semua sifat pemimpin karismatik itu positif. Kelemahan utama pemimpin tipe ini adalah kurang percaya pada anggota tim kerja atau perusahaannya sendiri.


Lho, kan poin 3 di atas tadi soal tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing? Ya, justru karena tahu itu pemimpin karismatik sulit untuk menunjuk pengganti di saat darurat.


Bukan karena gengsi, tapi sulit percaya bahwa rekan kerja lain bisa mengatasi kelemahan mereka, apalagi tanpa bimbingan dari dia. Padahal ada kalanya kita harus adaptasi pada kondisi sulit dan menerima kegagalan. Overprotektif?

Sekian sifat pemimpin karismatik! Tidak ada pemimpin yang sempurna, tapi pastikan karyawan selalu dalam kondisi baik dan tidak tertekan kuasa atasan!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja baru yang cocok untuk pemimpin! Ingat, kerja sama tim tetap nomor 1!


Sumber: finansialku.com

158 views0 comments

Recent Posts

See All