Search

Pro dan Kontra Bekerja Sesuai Passion


"Kamu pengen kerja sesuai passion kamu? Yuk, daftar di Kessler!"

Bekerja sesuai passion itu punya keuntungan dan kekurangan tersendiri! Di masa new normal setelah pandemi mulai mereda saat ini, semua anggota masyarakat sibuk cari kerja. Entah melanjutkan karir yang tertunda di perusahaan sekarang atau mencari lowongan kerja baru dengan bantuan Headhunter, semua orang berusaha menjadi yang terbaik! Tapi, ada kalanya pekerjaan yang kita dapat gak sesuai ekspetasi. Kalau dapat kerja sesuai passion, rasanya senang bekerja setiap hari tanpa lelah! Sebaliknya, kalau dapat kerja gak sesuai passion, rasanya berat dan gak mau usaha maksimal.


Baca Juga: Inovasi Bisnis Unik yang Tetap Untung Saat Pandemi!


Meski begitu, kita tetap harus berusaha maksimal dalam bekerja agar terlihat baik di mata Recruiter dan masyarakat. Lagipula, kerja sesuai passion ternyata gak selalu enak lho! Pro Kontra-nya apa ya?


Pro dan Kontra Bekerja Sesuai Passion


(+) Keuntungan Bekerja Sesuai Passion

Bekerja sesuai minat dan kesukaan kita jelas lebih asyik! Apa saja keuntungannya…?


1. Mudah Beradaptasi

Yang namanya kerja sesuai passion, pasti sudah ada pengalaman sebelumnya. Misalnya saja passion kamu di bidang ilustrasi; sejak kecil pasti kamu sudah sering menggambar atau membuat desain. Nah, begitu kamu dapat kerja jadi Graphic Designer atau Illustrator, kamu sudah banyak pengalaman dengan alat-alat dan teknik yang dipakai. Jadinya gak bingung dan bisa langsung kerja maksimal!


2. Semangat Tinggi

Karena memang sudah sesuai dengan yang kamu suka, jadinya semangat terus dan lebih produktif. Sekarang gak ada deh, namanya jadi karyawan malas di kamus kamu!


3. Cepat Berkembang

Minat yang tinggi di bidang pekerjaan kamu bikin semua kerjaan jadi cepat selesai! Tahu-tahu, porsi kerja kamu habis lebih awal dan bos gak ragu ngasih tugas baru yang lebih menantang. Mantap!


4. Gak Cepat Stress

Namanya juga bidang yang disenangi; kamu gak akan cepat bosan, lelah, apalagi stress meski kerja berjam-jam setiap hari. Malahan kamu pengen lembur, biar lebih lama melakukan hal yang disuka!


5. Lebih Bersyukur

Karena sudah sesuai minat dan kesukaan kamu, gak ada namanya ‘pengen resign’. Kamu jadi menikmati pekerjaanmu setiap hari, dan bersyukur bisa menghasilkan uang dari hal yang sebelumya cuma hobi. New normal yang penuh rasa syukur!


(-) Kekurangan Bekerja Sesuai Passion

Eits, ternyata kerja sesuai passion ga selalu enak lho. Kenapa ya…?


1. Tujuan Gak Jelas

Karena namanya suka, kadang kita gak berpikir panjang tentang langkah ke depan setelah dapat pekerjaan di bidang favorit. Masuk IT, tapi ga jelas mau di divisi mana. Mau bikin program, tapi gak mikir gimana itu bisa bantu perusahaan atau menghasilkan duit. Duh!


2. Dianggap Remeh

Memang cari kerja sesua passion itu sulit, malah bisa dibilang keberuntungan berperan besar dalam mendapatkannya! Begitu dapat, orang sekitar jadi bergunjing soal kamu. “Lu sih enak, dapet kerja yang disuka. Nah, gue…” seperti itu. Kita dianggap manja dan gak tahan banting, padahal belum tentu. Sabar…


3. Kesepian

Seringkali dalam mengejar passion, kita harus fokus total. Kita mungkin harus merintis usaha sendiri sesuai minat dan keahlian kita, yang tentunya perlu waktu dan biaya. Karena itu minat pribadi kamu, hanya sedikit yang mau gabung dan membantu. Akibatnya, kamu sering sendirian… hiks!


4. Wajib Belajar Tanpa Henti

Namanya juga passion, pastinya rasa suka aja gak cukup. Kamu harus banyak belajar pengetahuan dan skill yang diperlukan untuk pekerjaan impian kamu! Mungkin kamu gak cepat lelah karena suka, tapi pada satu titik tetap aja ada rasa jenuh.


Mau istirahat sulit, karena kamu tahu persaingan dunia bisnis semakin ketat. Rasa suka atau passion kamu pun berbalik jadi belenggu yang membuatmu terus tegang dan gak bisa rileks!


5. Pendapatan Minim

Pekerjaan yang jadi passion kamu belum tentu gajinya besar. Misal saja pelukis; agar bisa dapat untung besar untuk kebutuhan hidup dan lain-lain, kamu harus cukup terkenal agar lukisanmu dibeli dan dipajang di banyak tempat.


Di awal karir, menjual 1 saja sulit dan mungkin makan waktu bertahun-tahun sebelum terkenal. “Selama itu kamu makan apa? Nyaris gak ada pemasukan, kan!” kata orang tua, yang bikin kamu terdiam. Benar juga sih, tapi…!

Gimana dengan Pro Kontra Kerja Sesuai Passion di atas, jobseekers? Kerja sesuai passion memang enak, tapi ada resiko sendiri tergantung dari jenis pekerjaan dan kemampuan yang dimiliki. Kalau kamu mau tetap produktif di masa new normal ini, pikir dulu baik-baik soal passion dan untung-ruginya ya!


Kalau perlu bantuan, cukup kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search! Kami akan membantu kamu cari kerja sesuai passion dengan segala pertimbangan untung-ruginya. Tunggu apa lagi? Kami tunggu lamaran kerjanya~


Sumber: cermati.com, idntimes.com

249 views0 comments

Recent Posts

See All