Search

Pro dan Kontra Bekerja di Perusahaan Startup dan Corporate

Updated: Apr 14, 2020



Salah satu dilema terberat dalam mencari kerja adalah memilih antara 2 tipe perusahaan: Startup dan Korporasi. Mungkin kalian sudah tahu, Startup itu perusahaan baru yang bisnisnya umumnya berbasis digital. Sementara Korporasi adalah perusahaan yang sudah mapan dan punya koneksi di dunia bisnis. Startup itu baru mulai cari untung, tapi Korporasi sudah untung dan lebih mementingkan ekspansi bisnis. EITS, bukan berarti perusahaan Startup harus dijauhi dan kalian harus masuk Korporasi lho! Masing-masing tipe rekrutmen punya pro dan kontra sendiri. Rekrutmen tipe mana yang cocok buat kamu, para pelamar kerja? Baca dulu penjelasannya di bawah ini sebelum cari kerja lagi!


Startup


Pro

+ Banyak Potensi

Karena Startup itu perusahaan yang relatif baru, kita bisa banyak berkreasi. Kamu bisa coba memberi banyak ide menarik yang mungkin mengubah lingkungan kerja perusahaan ke depannya!


+ Fleksibel

Toh perusahaan baru mulai berbenah, jadi kewajiban kerja kamu pastinya lebih longgar. Misalnya saja kerja mulai siang atau kerja dari rumah. Diskusi bareng supaya semuanya dapat sistem kerja enak!


+ Pengalaman

Kerja Startup itu berarti banyak hal yang harus dilakukan. Dengan mengerjakan banyak jenis tugas, kamu bakal dapat pengalaman berharga buat ditambahin di CV, hehe.


+ Kekeluargaan

Kerja startup itu intinya ‘cara gue’, jadi semua karyawan setara seperti keluarga. Gak perlu repot-repot pakai bahasa formal!


Kontra


- Jadwal Acak

Namanya fleksibel, berarti juga gak pasti… Kamu bisa tiba-tiba kerja malam atau subuh. Aduuh.


- Beban Kerja Berat

Kerja Startup itu dapat banyak pengalaman… yang artinya ngerjain tugas banyak posisi tapi bayarannya tetap cuma buat satu posisi. Aduuh x2.


- Fasilitas Minim

Perusahaan Startup itu umumnya kecil, jadi ruangan di kantornya gak banyak dan malah kadang kursinya kurang!


- Masa Depan Tidak Terjamin

Perusahaan Startup itu harus tumbuh dulu. Sebelum itu terjadi, kamu cuma akan dapet gaji seadanya dan sulit bikin rencana masa depan. Itu pun kalau perusahaannya tahan lama…


Corporate


Pro

+ Jadwal Pasti

Kerja semau gue itu gak sehat, lho! Di perusahaan besar atau Korporasi, jam masuk dan pulang setiap hari sudah tetap. Kamu bisa buat jadwal yang lebih oke buat hari-harimu.


+ Gaji Tetap

Kamu selalu bakal dapat gaji tetap tiap bulan sesuai kesepakatan awal, tanpa penundaan atau babibu. Mantabs.


+ Banyak Fasilitas

Mesin seduh kopi? Dispenser? Ruang makan? Gym? Ada, ada!


+ Masa Depan Terjamin

Selama kerja kamu baik, kamu bisa terus nikmati gaji dan fasilitas yang ada! Gak perlu takut tiba-tiba kena PHK, hehe.


Kontra

- Aturan Ketat

Kamu mesti pakai jas, gak boleh merokok, datang tepat waktu tiap hari, ikut acara kantor, blablabla.


- Hierarki Kerja

“Boss, bukan begitu.” “Saya gak mau tahu!” “Tapi…” “Saya yang benar!” “Oke boss…”


- Minim Inovasi

Kerja Korporasi itu berarti kamu cuma 1 dari sekian ratus atau sekian ribu pekerja. Kalau gak punya ide brilian, pekerjaan kamu bakal terasa monoton dan membosankan.


- Tes Masuk Kerja

Nah, ini dia~ Karena Korporasi itu perusahaan besar, bisa ada 1000 lebih pelamar kerja termasuk kamu. Lulus tes masuknya jadi sangat sulit! Kamu bakal perlu bantuan supaya lolos, nih!


Jadi pilih mana? Kerja Startup atau Kerja Korporasi?


Sumber: medium.com,okezone.com

126 views0 comments

Recent Posts

See All