Search

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan HRD saat Interview Kerja


"Kandidat yang baik harus belajar soal pertanyaan HRD saat interview!"

Pertanyaan HRD kadang bisa menjebak! Sebagai calon karyawan yang sibuk cari kerja dengan bantuan Headhunter dan Recruiter, penting untuk bisa menjawab berbagai pertanyaan yang ada di interview. Hanya saja, banyak sekali jenis pertanyaan interview yang ada.


Kadang kita juga suka merasa panik dalam menjawab, apalagi bila pertanyaannya membuat kesan serba salah di dalam pikiran. Tenang, HRD bukannya mau bikin kamu gagal, cuma ngetes. Berikut kami bagikan sejumlah pertanyaan yang sering ditanyakan HRD saat interview kerja!

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan HRD saat Interview Kerja


1. “Bisa Ceritakan Tentang Diri Anda?”

Terlepas dari psikotes dan ujian tertulis lainnya dalam proses lamaran kerja, HRD akan membawa kamu (kandidat) untuk wawancara di ruang terpisah. Pertanyaan yang hampir selalu ditanyakan adalah soal perkenalan diri.


Nah, walau terdengar sederhana, pertanyaan ini punya makna mendalam. HRD menanyakan ini agar calon karyawan bisa lebih rileks setelah mengerjakan aneka tes tertulis, tapi juga agar bisa mengenal identitas kamu lebih jelas.


Bukan dari nama atau biodata yang kamu isi di formulir lamaran, tapi bagaimana kamu menggambarkan diri secara lisan. Apakah kamu orangnya pemalu atau berani, blak-blakan, serius, senang bercanda, dsb.


Kesalahan umum yang dilakukan pewawancara ada 2: pertama, tetap tidak bisa rileks. Kamu malah jadi lebih tegang dan bicara terbata-bata sehingga HRD sulit menilai kamu positif.


Kesalahan kedua sebaliknya: kamu malah jadi terlalu santai dan keenakan! Segala bentuk bahasa formal dibuang, lalu bicara panjang lebar tanpa henti. Sikap sok akrab ini membuat HRD menganggap kamu tidak bisa profesional.


Ingat, biar ini bertujuan agar kamu santai, bukan berarti kamu lantas serasa di rumah sendiri. Bicaralah lebih santai, kurangi sedikit formalitas, tapi jangan keasyikan dan pakai bahasa gaul!


2. “Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?”

Pertanyaan ini sering membuat pelamar tegang, apalagi fresh graduate yang masih belum pengalaman. Kesannya serba salah; takut dikira sombong atau rendah diri.


Solusinya adalah bersikap objektif dan apa adanya. Anggaplah kamu menjelaskan biodata orang lain (walau itu kamu sendiri) dalam sebuah presentasi kuliah.


Jelaskan aspek kelebihan dan kekurangan kamu tanpa terlalu bersemangat atau malu. HRD lebih menghargai penjelasan seperti ini, yang menunjukkan sikap ‘kepala dingin’ kamu.


3. “Kenapa Anda Melamar di Perusahaan Ini?”

Pertanyaan ini juga sering menjebak banyak fresh graduate dan pelamar kerja lainnya. Pertanyaan ini ditanyakan HRD bukan supaya kamu memuji perusahaan atau posisi yang kamu lamar, tapi…


Untuk mengetahui sikap kamu di dunia kerja! Apa kamu seorang penjilat yang memuji perusahaan baru ini dan mungkin menjelekkan perusahaan tempat kerja kamu sebelumnya?


Baca Juga: Budaya Perusahaan yang Baik itu Seperti Apa, Sih?


Atau kamu orang rasional yang mengungkapkan alasan kamu apa adanya sambil berusaha tetap sopan? Semua ditetapkan dalam pertanyaan satu ini.


Mungkin kamu tergoda (atau tertekan) untuk sedikit ‘menjilat’, tapi jangan ya. Sabar, ini ujian!


4. “Berapa Gaji yang Anda Inginkan?”

Satu lagi pertanyaan sensitif! Walau kamu ada perkiraan gaji yang dinginkan, jangan langsung mengatakan itu. Jawab dengan sedikit ambigu seperti “Sesuai jumlah yang pantas untuk posisi ini.”


Ini bukan soal negosiasi gaji, tapi agar kamu bisa terlihat profesional dalam perhitungan kompensasi. Yang penting kamu tidak boleh menyebut angka duluan!


5. “Kenapa Kami Harus Memperjakan Anda?”

Pertanyaan terakhir yang diajukan HRD dans erring menjadi pukulan fatal bagi pelamar!


Tenang, kalau kamu sampai sejauh ini HRD hanya ingin menguji mental kamu. Jawablah dengan tegas, walau mungkin perlu sedikit memaksa terlihat berani. Ini deklarasi kalau kamu gak main-main!

Sekian pertanyaan yang sering ditanyakan HRD! Kalau merasa susah interview jangan benci HRD ya, maklum karena kerjaan mereka banyak.


Mau cari kerja? Kunjungi situs Kessler Executive Search, sekarang dan dapatkan posisi terbaik untuk karir kamu!


Sumber: okezone.com

143 views0 comments

Recent Posts

See All