Search

Pertanyaan Wajib saat Interview Kerja


"Saat interview kerja dengan HRD, Headhunter, atau Recruiter, tanyakan ini!"

Harus tanya apa ya, pas interview? Yang namanya interview lowongan kerja, pasti bikin kita semua gugup ya guys? Persaingan cari kerja terus meningkat tajam di era new normal sekarang ini, karena hampir semua orang harus rajin ‘mengejar ketinggalan’ dalam karir serta kondisi ekonomi mereka yang terhambat di masa pandemi dulu. Segala bentuk perubahan dan konflik ini memang gak gampang dicerna, jadinya pas kamu dapat panggilan wawancara kerja pun, perut rasanya mulas. Ujungnya, kamu diam seribu bahasa pas bagian “Apa ada pertanyaan?” di interview. Padahal mengajukan pertanyaan pas interview kerja itu sangat penting!


Baca Juga: Cari Kerja di Luar Negeri? Gak Masalah!


Nggak masalah kok; merasa bingung mau tanya apa di proses seleksi kerja dari HRD itu wajar. Yang perlu kamu ingat, sebenarnya ada beberapa pertanyaan wajib saat interview! Kalau menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini, kesan kamu ke perusahaan akan meningkat dan kemungkinan diterima juga akan bertambah! Apa saja ya, pertanyaan wajib saat interview ini? Kita baca…

Pertanyaan Wajib saat Interview


1. Budaya Perusahaan

Pertanyaan awal yang penting ditanyakan saat wawancara kerja adalah tentang budaya perusahaan! Apa budaya kerjanya santai, pakai kaos? Atau formal, pakai jas? Apa ada acara makan siang bersama ala kekaluargaan, atau sendiri-sendiri yang disiplin?


Selain membantumu untuk tahu lebih dalam tentang lingkungan kerja, juga memberi kesan bahwa kamu tertarik dengan keseharian perusahaan dan ingin bekerja dalam waktu lama.


2. Rekan Kerja

Pertanyaan yang gak kalah penting adalah soal rekan kerjamu. Kalau diterima nanti, kamu akan ditempatkan di divisi mana? Siapa saja yang akan bekerja sama denganmu? Siapa atasan yang akan mengatur pola aktivitas di sana?


Selain menunjukkan bahwa kamu orang yang mau bekerja sama, juga membantumu memahami struktur organisasi perusahaan lebih awal.


3. Skill yang Dibutuhkan

Tentunya kamu sudah tahu keahlian apa saja yang dibutuhkan sebelum melamar posisi tersebut, tapi lebih baik bertanya lebih jauh. Misalnya posisi ini perlu kemampuan Photoshop; kamu bisa bertanya tentang jenis pekerjaan yang umum dilakukan seperti edit foto, membuat desain, dsb.


Selain membuatmu dianggap sebagai orang yang kritis dan teliti dalam bekerja, kamu juga jadi bisa lebih siap mental atas jenis pekerjaan yang akan dilakukan nanti. Hitung-hitung bisa latihan dulu di rumah, terutama untuk jenis kerjaan yang kamu kurang bisa!


4. Tahapan Interview Selanjutnya

Pertanyaan ini penting, tapi sebaiknya hanya ditanyakan di akhir wawancara kerja. Setelah interview kerja yang sekarang, apa tahapan berikutnya? Tes tertulis atau interview kedua dengan user? Kapan jadwalnya, dan apa saja yang perlu dipersiapkan?


Karena panjang dan bersifat penutup, pastikan simpan pertanyaan ini sebagai yang paling akhir. Kamu jadi mempersiapkan diri untuk tahap berikutnya, sekaligus nggak merasa cemas atau was-was setelah tahu jadwal pastinya.

Sekian tips kami tentang pertanyaan wajib saat interview! Karir di masa new normal memang gak mudah, jadi jangan ragu mencari tips dan trik pekerjaan seperti ini supaya berhasil cari kerja!


Kalau masih bingung mau memulai karir di mana, kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search! Kami punya banyak lowongan kerja menarik yang sesuai dengan minat dan passion kamu. Yang penting tetap rajin dan jangan sampai telat ke interview kerja, ya!


Sumber: popbela.com

491 views0 comments

Recent Posts

See All