Search

Penyebab Karyawan Resign


"Karyawan resign karena banyak hal yang mungkin kamu lewatkan..." -Kessler Executive Search

Apa alasan karyawan pada resign? Selamat tahun baru, semua! Gak kerasa sudah Januari lagi, jadi sudah saatnya bangun semangat kerja baru! Buat kamu yang suka cari kerja lewat jasa Headhunter dan Recruiter (plus Outsourcing), mungkin merasa heran dengan mereka yang resign di saat begini…


Setiap pegawai yang resign punya alasan sendiri untuk berhenti kerja, tapi ada beberapa pola umum yang jadi alasan utama. Supaya kamu gak kaget saat rekan kerja atau bawahan kamu resign, baca di sini dulu ya…

Penyebab Karyawan Resign


Kebanyakan Kerja

Salah satu kebiasaan buruk para pemimpin perusahaan adalah memberikan beban kerja yang terlalu banyak pada karyawan.


Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari yang ‘baik’ seperti karena kemampuan karyawan yang tinggi (jadi andalan), karena sedang masa sibuk (banyak order), atau karena ingin menghemat biaya (tidak mau mengeluarkan uang untuk hire karyawan baru).


Sedihnya, alasan terakhir (pelit) sering terjadi. Dengan memberi beban kerja lebih, boss tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperkerjakan karyawan baru atau menaikkan gaji karyawan lama.


Sungguh ide yang brilian! Perbudakan? Tidak adil? Apa itu? …Begitulah tanggapan para boss-boss jahat di luar sana dalam mengelola perusahaan hitam (black company) mereka.


Gak heran para karyawan angkat kaki!


Jenuh

Karyawan kantoran itu kerjanya ya duduk manis di kantor, mengerjakan pekerjaan berbasis meja dan internet yang seringkali cenderung monoton.


Ini bisa dibilang tergantung sikap inidvidu setiap karyawan dan di luar tanggung jawab perusahaan, tapi beberapa hal bisa membuat mereka resign lebih cepat dari alasan ini.


Misalnya dengan sulit atau jarang memberi cuti, yang sebenarnya penting bagi karyawan untuk melepas jenuh. Memberi bonus tahunan atau THR yang tanggung atau sedikit juga jadi faktor.


Alasan lain adalah tidak memberikan stimulasi baru pada karyawan agar semangat kerja: seperti proyek baru, metode baru, fasilitas baru, dsb.


Ini bukan soal uang atau fasilitas, tapi niatan serius atasan dalam menghargai semua jerih payah para karyawan. Jangan kira mereka gak merasa, ya…


Jurus Rahasia Karyawan: Jadi Anak Teladan~


Gaji Minim

Alasan yang tidak selalu jadi faktor utama, tapi sering menjadi bagian dari penyebab karyawan resign adalah gaji! Jumlah gaji yang sedikit atau nanggung jadi momok karyawan selama berabad-abad.


Uang gaji itu jadi penyambung hidup dan motivasi hampir semua karyawan, terutama bagi mereka yang memiliki keluarga dan berasal dari strata ekonomi bawah atau menengah.


Kalau boss menyepelekan dan memberi gaji sekedar saja, tidak akan ada karyawan yang betah. Ini bukan soal jumlah uang saja, tapi penghargaan atas kerja mereka.


Kasus yang sering terjadi adalah karyawan tidak menerima kenaikan gaji dalam waktu lama (bertahun-tahun), walau beban kerjanya sejak saat itu terus bertambah. Apa kamu tega?


Nggak Jelas

Setiap insan manusia ingin merasa nyaman di lingkungan tempat tinggalnya, baik di rumah atau kantor. Salah satu poin penting adalah memiliki tujuan dan aturan yang pasti untuk keduanya!


Seperti di rumah ada aturan untuk bagi tugas bersih-bersih, di kantor juga harus ada deksripsi kerja dan visi/misi yang jelas.


Kalau deskripsi pekerjaan karyawan tidak jelas (tugas beda-beda terus), dan boss selalu berubah pikiran, pasti karyawan merasa cemas akan karirnya lalu resign.


Lingkungan Buruk

Lingkungan kerja yang kondusif penting agar karyawan merasa nyaman bekerja. Ruangan kotor, politik kantor, biang gosip, boss otoriter, dsb akan membuat mereka ambil langkah seribu!

Sekian penyebab karyawan resign! Mereka juga manusia, jadi jangan berlebihan ya~


Perlu jasa Headhunter, Recruiter, atau Outsourcing di tahun 2021? Kessler Executive Search siap melayani Anda untuk ketiganya!


Sumber: cermati.com

325 views0 comments

Recent Posts

See All