Search

Nasihat Karir untuk Fresh Graduate Sebelum Masuk Dunia Kerja


"Kessler Executive Search siap membantu Fresh Graduate yang mau melamar kerja!"

Apa kamu siap masuk dunia kerja, fresh graduate? Mau lulusan baru (fresh graduate) atau bukan, di masa new normal ini kamu harus siap kerja! Tentunya ada rasa cemas saat nanti cari kerja, tapi untuk itu bisa bantuan Headhunter dan Recruiter. Namun, ada hal yang patut diperhatikan sebelum masuk dunia kerja supaya kamu tidak syok.


Baca Juga: Butuh Pengalaman? Jadi Freelance Dulu, Yuk!


Mumpung kamu baru di garis start, baca dulu sejumlah nasihat berikut ini… Bukan menggurui kok, tapi sekedar berbagi pengalaman.

Nasihat Karir untuk Fresh Graduate Sebelum Masuk Dunia Kerja


1. IPK Hanya Bekal Awal Saja

Namanya juga baru lulus universitas, pasti belum ada pengalaman. Mungkin IPK kamu yang tinggi dipuji teman dan juga HRD, tapi ini bisa membuat kamu lengah.


Begitu masuk dunia kerja, IPK hanya jadi tolak ukur awal sebelum kamu diterima. Begitu masuk sebagai karyawan baru, IPK tak berarti lagi dan kamu harus membangun karir dari nol!


Jadi biarpun IPK tinggi dan dipuji teman di kantor pas baru masuk, bukan berarti kamu bakal langsung bisa kerja atau disegani, ya.


2. Fokus ke Bidang Yang Kamu Minati

Mungkin begitu lulus, kamu punya segudang impian yang ingin dicapai. Stop. Lupain semua! Dunia kerja itu berat dan hanya punya sedikit celah untuk membangun karir, jadi fokus ke satu hal saja!


Punya bidang yang paling kamu minati, seperti IT atau konstruksi? Fokuslah jadi digital marketing atau insinyur! Jangan sekali-kali mengirim lamaran kerja ke banyak bidang pekerjaan berbeda, karena itu hanya akan membuang waktumu.


3. Lupakan Jurusan Kamu

Sering kan, pas interview kerja atau jadi karyawan baru, ditanya, “Kamu kok melamar/kerja di bidang ini, padahal kuliahnya di jurusan…” Buu.


Gak semua orang bisa beruntung dapat pekerjaan sesuai jurusan kuliah, baik mau ataupun tidak. Apapun yang kamu dapat, sebaiknya terima dan jalani sampai nanti ada kesempatan lebih baik.


Jangan mau terbawa omongan orang!


4. Mau Belajar Lagi

Seperti halnya IPK tadi, apa yang kamu pelajari di kampus umumnya kurang berguna di lingkungan kerja nyata. Kalaupun kamu kerja di bidang yang sama, pengetahuan yang bisa membantumu paling hanya sebagian saja.

"HRD lebih memilih karyawan yang biasa saja, tapi mau rajin belajar."

Karena itu, siaplah untuk belajar lagi saat masuk dunia kerja nanti. Cara bersikap di kantor, cara menulis laporan, cara mengerjakan proyek, cara bekerjasama dengan atasan, dll yang pasti beda dengan dulu di kampus.


Orang yang selalu mau belajar akan lebih sukses!


5. Pilih Yang Benar, Jangan Kutu Loncat

Memang cari kerja itu susah, tapi pekerjaan pertama kamu harus dipilih baik-baik. Mungkin kamu bakal mikir, “Kalau gak cocok, tinggal pindah aja. Kan yang penting dapat pengalaman.”


NOPE! Ingat, kamu ini fresh graduate yang belum ada pengalaman kerja. Kalau dari pekerjaan pertama saja kamu sudah jadi ‘kutu loncat’, riwayat karirmu ke depannya akan dinilai buruk.


Pindah kerja untuk cari pengalaman dan mengejar karir lebih tinggi bak kutu loncat itu boleh saja… Tapi, jangan di masa awal karirmu pas masih jadi fresh graduate.


Pilih dan jalani pekerjaan pertama sebaik-baiknya; jangan mikir pindah dulu!

Sekian nasihat untuk fresh graduate sebelum masuk dunia kerja! Mungkin sulit jadi anak bawang yang suka direndahin atasan dan senior (nyebelin!), tapi tabah ya jalaninnya.


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja yang pas buat fresh graduate seperti kamu! Jalani karir dengan perlahan, tapi pasti!


Sumber: hipwee.com

183 views0 comments

Recent Posts

See All