Search

Kepribadian Menurut Teori DISC

Kepribadian semua orang di dunia ini, pastinya berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Perbedaan kepribadian ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor seperti didikan orang tua, teman sepermainan, didikan guru, atau bahkan budaya orang tersebut.


Nah karena kepribadian setiap orang berbeda-beda ini, pada akhirnya kita akan bertemu banyak orang dengan berbagai sifat. Kamu akan bertemu dengan orang yang pendiam, tegas, dan sampai dengan orang yang sangat aktif dalam berbicara, sehingga kesannya seperti ceplas- ceplos.


Banyak sekali teori-teori kepribadian manusia yang dikembangkan, salah satunya adalah teori kepribadian DISC . Tes kepribadian yang satu ini dikembangkan oleh seorang dokter yang bernama Dr. William Moulton Marston, seorang psikolog dari Amerika. Tes DISC ini terbagi menjadi empat kepribadian yaitu Dominance, Influence, Steadiness, dan Conscientiousness. Keempat kepribadian ini memiliki sifat yang berbeda-beda juga. Yuk kita cek, berikut penjelasannya:


1. Kepribadian Dominance

Tipe Dominance termasuk orang yang berkepribadian keras seperti suka bicara blak-blakan, tidak sabaran, mudah marah, percaya diri, dan sifat dari orang ini adalah goal oriented. Orang dengan tipe ini juga biasanya aktif dan dinamis, produktif, serta pekerja keras.

Seseorang yang memiliki kepribadian Dominance juga sangat aktif dan tidak takut dengan konflik. Nah karena hal inilah, akhirnya orang tersebut menjadi seseorang yang paling cepat dalam menyelesaikan masalah.

Dalam situasi organisasi atau kerja kelompok, biasanya orang yang memiliki kepribadian ini juga lebih suka menggerakkan orang lain daripada digerakkan oleh orang lain. Biasanya dia selalu ditunjuk sebagai ketua dalam suatu organisasi atau suatu acara.

2. Kepribadian Influence

Tipe Influence biasanya termasuk seseorang yang sangat mengedepankan hubungan dengan orang lain (people oriented). Ciri-cirinya murah senyum, ceria, mudah tertawa lepas, dan suka bicara apa saja yang biasanya diiringi dengan tangan dan badannya yang ikut bergerak saat berbicara.

Seseorang yang memiliki kepribadian influence biasanya adalah seseorang yang ekstrovert yang mana orang ini juga suka bergaul banyak dengan orang lain, ekspresif, spontan, dan suka menghibur. Seseorang dengan tipe ini biasanya sangat mudah untuk mengekspresikan emosi atau isi hatinya.

3. Kepribadian Steadiness

Tipe Steadiness termasuk orang yang kalem, teratur, dan terlihat santai dalam menjalani hidupnya. Tipe Steadiness bertolak belakang dengan tipe Dominance dan Influence, tipe ini tidak suka berbicara banyak, lebih ke arah introvert.

Tipe ini juga orang yang memiliki tipe yang suka kedamaian dan lebih memilih untuk menghindari konflik dan sering juga dijadikan inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya karena dia adalah seseorang pendengar yang baik dan seseorang yang penuh dengan konsistensi dalam menjalankan tugasnya.

4. Kepribadian Compliance

Tipe Compliance termasuk seseorang yang sangat teliti, dan senang banget sama presisi dan akurasi tinggi, sangat teratur dan terkoordinir. Ciri-ciri lainnya adalah dapat berpikir analitis, cermat, punya prinsip, sangat berhati-hati dalam berbicara, dan menaati peraturan.

Selain itu, tipe ini memiliki sifat perfeksionis dan selalu terpaku dengan fakta dan bukti, karena dalam hal inilah tipe ini menjadi seseorang yang suka dengan keteraturan dan kejelasan.


Nah, kira-kira kamu tipe yang mana ya, guys?

25 views0 comments

Recent Posts

See All