Search

Kepribadian Ambivert, Gabungan Introvert dan Ekstrovert!


"HRD yang baik tahu betul tipe kepribadian karyawannya."

Ada tipe kepribadian rahasia: ambivert! Dunia kerja sedang sibuk-sibuknya dengan aneka cara mengatasi efek pandemi, mulai dari calon karyawan yang memakai jasa Headhunter dan Recruiter, juga HRD yang merekrut karyawan baru fresh graduate dengan lowongan kerja terkini. Namun karyawan juga manusia dengan banyak tipe kepribadian, jadi pasti ada saja pekerjaan yang tidak cocok. Ada introvert yang pendiam, ada ekstrovert yang supel, dan… ambivert?


Baca Juga: Kepribadian Menurut Teori DISC? Apa Itu?


Apa itu kepribadian ambivert? Mungkin banyak yang belum tahu, kepribadian ini seperti gabungan antara kepribadian introvert dan ekstrovert, ditambah perbedaan lain.


Penting bagi HRD dan karyawan lain untuk mengenal kepribadian ambivert ini agar tidak salah dalam bersosialisasi, jadi bacalah cirinya di bawah!

Ciri Kepribadian Ambivert


1. Punya Tanda Introvert dan Ekstrovert

Karena ambivert itu seperti gabungan dari introvert dan ekstrovert, orang yang memiliki kepribadian ini punya sisi positif maupun negatif dari keduanya.


Mungkin dia suka bergaul, tapi punya batasan jam dan gak mau hangout tiap hari. Dia mungkin pemalu, tapi tetap bisa tegas dan banyak bicara saat diperlukan.


Orang sering salah paham karena cuma melihat salah satu dari sisi tersebut, tapi perbedaannya ambivert dalam ciri tersebut adalah perasaan!


Orang ambivert itu suka gaul, tapi tahu kapan harus berhenti. Sementara orang ekstrovert itu supel, tapi sulit direm (ngobrol sampai pagi).


Orang ambivert itu bisa bicara meski pemalu, karena dia tahu itu saat yang tepat. Dia jarang bicara di waktu lain karena merasa tidak perlu, dan tidak ambil pusing setelahnya.


Orang introvert juga bisa bicara tegas saat diperlukan, tapi karena terpaksa. Mereka jarang bicara karena tidak mau, dan setelahnya merasa lelah.


2. Supel, tapi Tetap Perlu Me Time

Orang ambivert itu senang hangout seperti orang ekstrovert, tapi dibatasi seperti orang introvert.


Saat orang introvert diundang ke acara ramai, 1-2 jam saja merasa tidak betah dan pingin pulang. Orang ekstrovert sebaliknya; dia senang jadi pusat perhatian semalam penuh!


Ambivert? Dia akan bergaul seperti ekstrovert, tapi sejak awal punya jam pulang. Paling pol 4-5 jam saja, habis itu pulang dan istirahat seperti introvert.


3. Jago Adaptasi

Karena campuran dari 2 tipe kepribadian, orang ambivert seringkali fleksibel dalam urusan sehari-hari maupun pekerjaan.


Dia bisa merasa nyaman di lingkungan kerja ramai ataupun tenang, jadi bisa selalu kerja maksimal di saat apapun. Kandidat teman baik untuk orang ekstrovert maupun introvert!


4. Fleksibel, tapi Ada Waktunya

Meski fleksibel, tapi mereka tetap punya waktu sendiri untuk ‘gaul’ dan ‘me time’; beda dengan ekstrovert dan introvert yang hampir seluruh waktunya untuk 1 hal saja.


Jadi jangan langsung ngelabel ekstrovert atau introvert ya kalau ajakan kamu ditolak; mungkin waktunya lagi gak pas aja, coba tanya di hari lain.


5. Banyak Minat, Tapi Dikira Plin-Plan

Karena jago adaptasi, orang ambivert bisa menelusuri bidang dan minat apa saja. Bukan hanya bidang yang disukai orang ekstrovert dan introvert, tapi juga yang dibenci!


Jadi panitia acara dan pengurus database? Ambivert bisa dua-duanya! Tapi justru karena inilah mereka sering dianggap plin-plan, soalnya sering berminat pada 2 hal yang berlawanan!

Demikianlah ciri orang ambivert! Apapun tipe kepribadiannya, jangan sampai dijadikan alasan menolak lamaran kerja atau berteman dengan mereka, ya!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja untuk tipe kerpibadian manapun! Ingat, tipe kepribadian manapun bisa kerja dengan bimbingan tepat!


Sumber: liputan6.com

82 views0 comments

Recent Posts

See All