Search

Kenapa Attitude Lebih Penting Dari Skill?


"Attitude baik akan membuat saya dilirik Headhunter dan Recruiter!"

Attitude itu lebih penting dari skill! Dunia kerja di masa new normal sekarang ini memang kering, karena banyak orang cari kerja baru dengan bantuan Headhunter dan Recruiter, tapi masih mengalami kesulitan. Mereka sering lupa, bahwa kualifikasi untuk diloloskan HRD dalam interview kerja bukan hanya kualifikasi pendidikan dan kemampuan (skill) saja, tapi juga sikap (attitude)!


Baca Juga: Kerjaku Sudah Bagus Belum, Ya...?


Tentu skill diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan, tapi sikap yang baik dalam bekerja lebih penting lagi. Sebut saja ada rekan kerja sekantor yang sangat pintar, tapi sikapnya sombong dan perkataannya kasar. Hasil kerjanya paling bagus, tapi tiap dimintai tolong rasanya makan hati.

Dilema kan? Simak alasan lengkap kenapa attitude lebih penting dari skill di bawah ini!

Kenapa Attitude Lebih Penting Dari Skill?


1. Profesionalisme

Karyawan bagus itu hasil kerjanya top, tapi karyawan ideal itu hasil kerjanya bagus DAN sikapnya terpuji! Atittude baik itu dimulai dari hal kecil seperti menyapa rekan kerja dengan senyum, siap membantu boss, aktif dalam meeting, datang tepat waktu, tidak melewati deadline, dll.


Attitude semacam itulah sikap seorang karyawan profesional! Hasil kerja sempurna bisa dilakukan mesin, tapi sikap disiplin yang melancarkan sistem kerja perusahaan hanya bisa dilakukan karyawan dengan attitude baik!


2. Rasa Hormat

Perusahaan bukan pabrik otomatis, dan karyawan bukan robot. Attitude kerja yang baik tentunya adalah menghormati rekan kerja, mulai dari teman satu divisi, cleaning service, manager, HRD, sampai boss.


Menjaga hubungan baik dengan mereka itu penting! Kalau hanya bekerja baik dan tidak mau menjalin relasi, sama saja dengan mesin tanpa jiwa.


3. Kerja Sama Lancar

Melanjutkan dari poin 2 di atas, sikap saling hormat dengan rekan kerja akan membuat kerja sama tim lancar! Kalau sikapmu baik, mereka akan dengan senang hati membagi ilmu, meminta pendapat, juga mengajakmu ikut serta dalam kegiatan perusahaan.

"Attitude vs Skill: cuma Attitude baik yang bisa begini!"

Attitude baik juga otomatis membuat kamu punya banyak koneksi, jadi kamu bisa bekerja dengan nyaman dan saat berhenti suatu saat nanti pun, banyak yang akan membantumu!


Sebaliknya, kalau hanya skillmu yang hebat tapi attitude jelek, rekan kerja hanya akan menghubungimu kalau gak ada pilihan lain…


4. Hemat Waktu

Skill hebat memang penting agar pekerjaan cepat selesai, tapi attitude baik itu poin utama dalam menghemat waktu! Karena attitude baik, komunikasi bisa berjalan lancar dan tidak satu arah. Tidak akan ada miskomunikasi, sehingga proses kerja berjalan cepat!


Kalau attitude jelek, akan makan waktu sampai rekan kerja mau bicara denganmu atau merespon tugas yang kamu kumpulkan. Pekerjaan pun tersendat!


5. Lingkungan Kerja Nyaman

Manfaat terbaik dari attitude positif adalah lingkungan kerja asri! Kalau kamu banyak senyum, suka menolong, dan disiplin, lingkungan kerja juga akan mengikuti!


Orang-orang di kantor akan tersenyum padamu, menawarkan makan siang bareng (kadang ditraktir!), membantu kalau kau sibuk, membelamu kalau ada masalah, dll. Kantormu akan jadi seperti surga!


Sebaliknya, kalau attitude buruk, rekan kerja akan bersikap dingin. Mereka akan cuek, menganggap kamu gak ada. Jangankan mengajak hang out, memberi tahu pengumuman dari boss saja gak mau! Pergi ke kantor jadi menyiksa!

Demikian alasan kenapa attitude lebih penting dari skill! Bukan berarti kamu cukup bersikap manis saja ya, tapi yang penting berusaha keras sambil menjaga hubungan baik dengan teman kantor.


Kirim CV dan Resume kamu ke Kessler Executive Search untuk dapat lowongan kerja terbaru lebih cepat dari yang lain! Attitude baik akan berbuah karir baik pula, jadi jaga hubungan kalian ya!


Sumber: line.me

314 views0 comments

Recent Posts

See All