Search

Kena PHK Karena Corona, Musti Gimana?


Kena PHK itu berat. Minta bantuan Headhunter untuk cari kerja baru.

TETAP TENANG setelah kena PHK! Wabah virus Corona yang melanda dunia saat ini sudah merusak sektor sosial dan ekonomi secara keseluruhan. Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 ini, pemerintah mengeluarkan aturan baru yang memaksa kita untuk tinggal di rumah aja dan tidak keluar untuk bekerja atau melakukan hal lain. Akibatnya, banyak perusahaan yang ambil jalan pintas dengan mem-PHK karyawan, sehingga jutaan orang mendadak jadi pengangguran! Memang, saat ini sudah ada solusi sementara berupa sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) dan rotasi shift. Kerja dari rumah itu maksudnya semua karyawan perusahaan bekerja secara online dari rumah masing-masing. Sementara rotasi shift itu membagi karyawan ke beberapa kelompok, yang nantinya datang bergantian ke kantor sementara sisanya kerja secara online. Sayangnya, 2 cara alternatif ini gak cukup untuk menghentikan gelombang PHK yang melanda dunia. Sekarang kamu (atau orang lain) kena PHK dan jadi pengangguran, pasti bingung harus gimana, kan?


Mungkin kamu pingin buru-buru ke layanan Headhunter dan Recruiter buat cari kerja baru, tapi itu bukan langkah optimal lho! Baca tips favorit HRD di bawah ini!


TETAP TENANG

Serius, pertama-tama kamu harus tenang. Kan baru saja di-PHK (dipecat) dan jadi pengangguran, jadinya pasti masih shock. Ini normal kok, jadi jangan tiba-tiba histeris dan ngamuk ya. Pulang ke rumah, makan, terus berdiam diri di kamar. Mungkin kamu pingin curhat ke teman atau keluarga, tapi jangan. Komentar orang lain kadang gak sensitif, pas mental kamu jatuh begini adanya bikin down!


Tenangkan diri dulu sendirian di kamar, terima kenyataan kalau kamu sekarang gak punya kerjaan dan harus cari kerja. Begitu pikiran jernih, kamu bisa melangkah maju!


Hitung Aset Yang Ada

Kalau sudah tenang, saatnya menghitung semua aset kamu: uang di dompet dan rekening, asuransi, pinjaman bank, dll. Apa kamu dapat uang pesangon dari perusahaan? Uang sekarang cukup untuk biaya hidup berapa bulan ke depan? Apa asuransi kamu bisa dipakai untuk ini? Ada tagihan atau pinjaman yang urgent, gak?


Jangan buru-buru; hitung semua aset kamu secara hati-hati. Dengan tahu pasti uang dan waktu yang kamu punya, jalanin segala sesuatunya jadi lebih tenang nanti.


Cari Kerja: Jadi Karyawan atau Wirausaha?

Setelah menghitung biaya hidup dan tabungan, saatnya cari kerja! Kamu bisa cari kerja online (masih wabah Corona sih), sebagai karyawan perusahaan atau pekerja lepas (freelancer). Pastikan kerjanya WFH, jadi gak resiko terjangkit Covid-19!


Jalan lainnya bikin usaha sendiri atau wirausaha! Hati-hati, kamu ini tetap pengangguran dengan uang seadanya habis kena PHK. Kalau belum punya rencana bisnis yang matang, jangan coba-coba!


Pegadaian

Kalau perlu uang tambahan untuk biaya hidup atau modal usaha, jangan ragu untuk jual sesuatu ke pegadaian. Yang penting kamu memang butuh uangnya dan gak perlu barang itu lagi.


Hemat

Dengan budget pas-pasan, kamu harus hemat! Kurangi belanja, makan-makan, dsb yang gak terlalu perlu atau hanya bersifat hiburan. Kalau kamu gak yakin dengan sesuatu (misalnya bisnis baru kamu), jangan keluarin duit! Hidup seadanya saja, ya.


Demikian tips kami untuk kamu yang habis kena PHK! Memang sedih jadi pengangguran, tapi kami percaya kamu bisa bangkit! Hubungi layanan Headhunter dan Recruiter terpercaya seperti Kessler Executive Search, supaya HRD-nya bisa bantu kamu cari peluang karir baru! Tetap semangat dan produktif kerja dari rumah (WFH), ya!


Sumber: detik.com

45 views0 comments

Recent Posts

See All