Search

Kantor Jauh? Ngekos atau Pulang-Pergi?

Updated: Dec 24, 2020


"Headhunter paham betul dilema ngekos atau pulang-pergi. Kamu pilih mana?"

Kalau kantor jauh, enaknya ngekos atau pulang pergi? Tak terasa sudah mau akhir tahun lagi, ya! Memang tahun ini rasanya tuh susah untuk hidup sehar-hari dan bekerja, tapi jangan patah semangat! Tapi sekarang mulai dingin, pulang pergi ke kantor jadi susah… Apa lebih enak ngekos ya?


Yup, artikel kali ini akan membahas sarana transportasi kerja yang lebih baik: ngekos atau pulang-pergi dari rumah? Keduanya bukan kendaraan, tapi metode transportasi kerja kamu yang akan mempengaruhi kehidupan kantor secara signifikan.


Toh kalau kantor perusahaanmu jauh, kamu harus memutuskan hal ini sejak awal. Mari kita lihat aspek keuntungan dan kerugian dari ngekos dan pulang-pergi!

Kantor Jauh? Ngekos atau Pulang-Pergi?


Ngekos


1. Dekat ke Kantor

Keuntungan utama ngekos ya… jarak yang dekat dengan kantor! Tergantung jasa Headhunter yang kamu pakai, pilihan tempat kos biasanya akan menjadi salah satu pertimbangan awal untuk bekerja di tempat jauh!


Selama lokasi kos dekat dari kantor, transportasinya mudah dan cepat (jalan kaki, naik sepeda, dsb), ngekos adalah pilihan yang sangat menguntungkan!


Tergantung tempat kos yang kamu dapatkan, kamu bisa menghemat banyak waktu di pagi hari dan tidak perlu membuang tenaga menghadapi kerumunan orang atau kemacetan kendaraan.


Kamu akan punya banyak waktu ekstra untuk bersiap berangkat dan tidak akan khawatir soal kesiangan! Pastikan untuk memilih lokasi strategis dekat tempat makan, supermarket, dan fasilitas penting lainnya untuk memaksimalkan keuntungan ngekos!


2. Bebas Mandiri

Sebagai orang dewasa yang sudah bekerja (biar kamu cuma fresh graduate sekalipun), ngekos membuat kamu bebas untuk menjalani kehidupan kantor.


Kamu bebas menetapkan waktu bangun dan tidur, makan apa dan kapan, kapan bersantai, kapan kerja, dll. Kalau di rumah sendiri kadang ada banyak aturan dari orang tua, suami/istri, anak, pembantu, dsb yang mengekangmu.


Bukannya kita ini mau seenaknya ya, hanya saja waktu sendiri itu penting agar kamu bisa konsentrasi ke karir. Nasehat serta aturan yang tak perlu justru membuatmu gak mandiri dan gampang stress!


3. Perabot Terbatas

Karena lokasi kos ini pasti jauh dari rumah (kalau gak, buat apa ngekos?), perabot dan barang lain yang bisa kamu bawa tentu terbatas.


Besar kemungkinan kamu harus membeli barang baru atau membiasakan diri dengan yang ada di kosan. Contohnya rice cooker, mesin cuci, alat masak (kompor, wajan, dsb), meja kerja, TV, dll.


Akan makan waktu untuk mendapatkan semua perangkat yang kamu perlukan (baik itu dari rumah atau beli baru), jadi kamu harus beradaptasi!


4. Sewa Mahal

Tempat kos untuk kehidupan kerjamu tentu harus dekat dari kantor dan memadai, agar karirmu lancar. Biaya sewanya (termasuk air, gas, listrik) pasti tidak murah! Pastikan gajimu cukup…

Baca Juga: Super Hero Baru: Kessler!

Pulang-Pergi


1. Hemat Biaya

Keuntungan paling jelas pulang-pergi dari rumah… ya hemat! Ongkos pulang pergi tentu gak murah, tapi masih lebih rendah dari sewa kamar kos.


Kamu juga gak perlu khawatir soal biaya sewa, air, atau listrik di rumah sendiri. Kalau di kos, biaya semacam itu mudah menumpuk!


2. Dukungan Keluarga

Karena di rumah sendiri, sudah pasti ada keluarga yang bantuin hidup kamu (orang tua, suami/istri, anak).


Iya, kadang mereka malah bikin repot dengan aturan dan ini-itu. Tapi dibantu masak, mencuci, atau nemenin nonton TV tiap hari itu sangat penting, lho!


3. Jauh Ke Kantor

Alasan utama orang lebih pilih ngekos ya ini. Karena jauh, proses pulang-perginya lama dan bikin capek di jalan.


4. Tidak Bebas

Ingat? Kalau di rumah bareng keluarga, ya kamu harus patuhi peraturan orang tua/suami/istri. Gak bebas mau pergi keluar atau bangun siang, pas hari libur sekalipun!


Sepi emang gak enak, tapi terlalu rame juga bikin gundah. Serba salah!

Sekian perbandingan ngekos dan pulang pergi kalau kantor jauh! Apapun pilihanmu, jangan lupa kalau ini demi mencari nafkah ya… bukan keluyuran~


Kamu kesulitan hire orang? Segera hubungi Kessler Executive Search sekarang!


Sumber: hipwee.com

467 views0 comments

Recent Posts

See All