Search

Ingin Jadi HRD? Baca Dulu Job Description Mereka Ya

Updated: May 21, 2020


" Wah jadi HRD kok menarik juga ya"


Kamu bosan dengan pekerjaan kamu saat ini atau kamu baru saja lulus kuliah dan saat ini kamu sedang mencari pekerjaan tetap? Mungkin juga kamu seseorang yang peduli dan suka melayani dengan orang di sekitar kamu, taat dengan peraturan, dan kamu senang berinteraksi dengan orang baru? Nah, mungkin pekerjaan yang cocok bagi kamu adalah menjadi seorang HRD.


HRD? Sering dengar sih nama jabatan itu, tapi seperti apa sih pekerjaan mereka sehari-hari? Tujuan HRD ya melayani kebutuhan seluruh departemen dan karyawan perusahaan sehari-hari. Di perusahaan yang sudah maju, HRD itu terbagi menjadi berbagai sub divisi. Yuk kita lihat sub divisi itu satu persatu:


1. Divisi Recruitment

Divisi ini merupakan divisi yang bertanggung jawab dalam merekrut karyawan perusahaan apabila ada kebutuhan posisi baru atau menggantikan karyawan yang resign. Divisi ini juga membutuhkan seseorang yang ramah, murah senyum, terampil dalam berbicara, dapat menganalisa kebiasaan dan perilaku seseorang.


Divisi ini juga merupakan citra dan wajah dari perusahaan karena setiap pelamar kerja yang datang harus berhadapan dengan mereka terlebih dahulu, jadi mereka diharuskan untuk bersikap ramah dan profesional.


2. Divisi Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Lebih dikenal dengan Learning and Development, divisi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi dan talenta karyawan yang sudah ada dengan mengadakan berbagai jenis pelatihan atau seminar yang bermanfaat untuk karyawan dalam melaksanakan tugasnya dalam sehari-hari. Di perusahaan yang sudah maju, divisi ini bahkan menyediakan sesi konseling dan coaching bagi karyawan yang memiliki permasalahan di departemennya, konflik antar divisi, sampai dengan masalah pribadi agar mereka dapat bekerja dengan maksimal.


Divisi ini membutuhkan seseorang yang memiliki kecintaan dalam mengajar, menumbuh-kembangkan orang lain, dan pastinya merupakan seorang pendengar yang baik. Seseorang yang bekerja di divisi ini juga diwajibkan untuk dapat menganalisa kebutuhan program pelatihan yang dibutuhkan untuk tiap-tiap divisi dalam perusahaan.


3. Divisi Kompensasi dan Penggajian Karyawan

Juga dikenal dengan Divisi Compensation and Benefit. Divisi ini bertanggung jawab untuk menghitung gaji setelah pajak termasuk upah lembur karyawan dan menyediakan layanan benefit sesuai yang telah dijanjikan perusahaan kepada karyawan. Benefit yang dimaksud seperti BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, serta asuransi.


Divisi ini membutuhkan seseorang yang sangat detail terhadap data, pandai dalam berhitung, dan juga memiliki hati yang gemar melayani orang lain.


4. Divisi General Affair

Divisi ini bertanggung jawab dalam menyediakan kebutuhan karyawan dalam sehari-hari. Bisa dibilang divisi ini merupakan pahlawan karyawan dalam kegiatan kantor dalam sehari-hari. Kerjaan mereka dimulai dari menyediakan ATK (Alat Tulis) untuk seluruh karyawan, mengatur pekerjaan OB dan supir perusahaan, reinbursing biaya karyawan, sampai dengan membuat list data inventaris perusahaan dan bangunan setiap bulannya. Di perusahaan maju, divisi General Affair juga bertanggung jawab untuk mengatur tiket transportasi seperti pesawat, kereta api, dan kapal bagi karyawan yang hendak pergi untuk melakukan perjalanan bisnis, loh!


Divisi ini membutuhkan seseorang yang memiliki minat dalam melaksanakan pekerjaan lapangan, detail, memiliki hati melayani, dan dapat bekerja secara cekatan.


Nah, bagaimana? Kamu tertarik menjadi seorang HRD? Coba sesuaikan dengan minat dan bakat kamu ya.


Image by Freepik.com

177 views0 comments

Recent Posts

See All