Search

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Submit CV ke HRD

Updated: May 14, 2020


"Headhunter dan recruiter cuma bisa ketawa aja jika melihat CV yang berantakan"

Kamu saat ini sedang bingung karena sudah banyak sekali lamaran yang kamu kirimkan ke perusahaan, akan tetapi sama sekali belum ada panggilan untuk interview? Padahal kamu sudah yakin pengalaman kerja kamu sudah sesuai dengan apa yang kamu lamar. Kamu bertanya-tanya, kira-kira apa yang masih kurang ya? Coba kamu lihat kembali CV kamu dulu deh, jangan-jangan banyak kesalahan dalam CV kamu sehingga membuat HRD tidak mau hire kamu?


Nah, ini contoh CV yang kurang baik menurut penilaian HRD karena memiliki banyak kesalahan, jangan sampai CV kamu seperti ini:


1. Subyek Pada E-mail Pengiriman CV Tidak Ditulis Dengan Jelas

Biasanya HRD tidak mau repot-repot membuka e-mail yang subject atau judul e-mailnya tidak jelas. Apalagi jika HRD sebelumnya sudah menetapkan jika ada pelamar kerja yang ingin mengirimkan CV harus menggunakan format tertentu seperti "Nama Lengkap" - "Jenis Pekerjaan yang Dilamar". Apabila kamu menulis subject dengan subject e-mail berbeda engan format yang diinstruksikan oleh HRD, sudah jadi barang pasti e-mail kamu tidak akan dibaca oleh mereka, karena mereka menganggap hanya sebuah e-mail spam yang tidak perlu dibuka.


2. Mengirim CV Dengan Alamat E-mail yang Alay

Coba kamu cek alamat e-mail yang kamu gunakan untuk mengirimkan CV ke HRD, apakah nama di alamat email kamu sudah sesuai dengan nama asli kamu? Ataukah kamu menggunakan nama lain yang aneh seperti "Badu Cakep" atau "Maya Imoetz" ? Kok kelihatan alay ya? Yah.. memang alay. Hal ini akan membuat HRD menggangap kamu tidak serius dalam melamar kerja dan kurang profesional.


3. Ukuran File CV Terlalu Besar

Coba kamu check kembali CV yang kamu kirimkan ke HRD. Apakah size file attachmentnya terlalu besar? Gunakan format PDF untuk mengirimkan CV dan apabila CV kamu lebih dari selembar, lebih baik gabungkan menjadi 1 file saja, jangan dipisah-pisah. Jangan lupa sertakan dokumen lainnya dan kumpulkan di satu folder saja.


4. Ukuran dan Jenis Font Tidak Sesuai

Jenis font yang digunakan pada umumnya untuk penulisan CV adalah Times New Roman atau Trebuchet, jangan gunakan font lain selain font tersebut. Ukuran font dapat diatur di 12 atau 14. Jangan lebih atau kurang daripada itu ya!


5. Banyak Kesalahan Atau Typo Dalam Penulisan CV

Boleh kembali check CV yang biasa kamu kirimkan ke HRD, apakah secara pelafalan sudah sempurna. Apabila kamu menggunakan Bahasa Inggris, cobalah untuk bertanya kepada teman atau seseorang yang fasih dalam Bahasa Inggris, agar mereka dapat menilai apakah vocabulary dan grammar yang kamu gunakan sudah sesuai.


6. Pas Foto Yang Ala Kadarnya Saja

Lihatlah foto yang kamu lampirkan di CV kamu, apakah sudah terlihat menarik dan rapih? HRD juga melihat penampilan kamu loh ! Gunakan foto kamu yang terlihat rapih dan menggunakan pakaian semi-formal. Tidak perlu menggunakan layar background berwarna merah, karena akan terkesan sangat formil akan tetapi pastikan foto kamu jelas dan tidak ada pemandangan lain di sekitarmya. Pastikan juga selalu senyum di foto ya!


Berikut hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika mengirimkan CV ke HR. Jika kamu mengikuti tips ini, dijamin deh pasti akan mendapat panggilan dalam waktu dekat.


Semoga sukses ya!



356 views0 comments

Recent Posts

See All