Search

Hal yang Perlu Diperhatikan Karyawan Kontrak


"Headhunter selalu menghimbau kamu untuk baca kontrak karyawan dengan teliti!"

Jadi karyawan kontrak itu harus waspada! Apa kabar, guys!? Tak terasa sebentar lagi tutup tahun, tapi semangat kerja atau cari kerja pakai jasa Recruiter jangan sampai turun yah! Untuk kamu yang berstatus sebagai karyawan kontrak, ada baiknya meninjau ulang perjanjian yang kamu punya.


Kenapa? Karena kontrak kerja dan sistem perusahaan terus berubah dari waktu ke waktu. Apa yang biasa dulu mungkin sekarang beda, jadi cek kontrak kerja kamu baik-baik saat pertama kali tanda tangan dan pembaruan kontrak ke depannya!


Berikut beberapa point penting atau hal yang perlu diperhatikan karyawan kontrak…

Hal yang Perlu Diperhatikan Karyawan Kontrak


Gaji Pokok dan Total

Sebelum tanda tangan kontrak kerja (baru atau diperbarui), pastikan jumlah gaji pokok dan gaji total yang kamu terima sesuai dengan negosiasi gaji saat interview.


Mungkin ada perbedaan jumlah angka? Atau ada pemotongan biaya yang kurang jelas? Tanyakan segala hal itu secara detil pada HRD, karena memang ada detil yang tidak tercantum di surat kontrak.


Bukannya curiga, tapi ini untuk jaga-jaga agar tidak ada hak yang dilanggar antara kamu maupun pihak perusahaan.


Pembayaran Pajak dan BPJS

Sudah wajib bagi setiap perusahaan swasta sekarang untuk memberikan BPJS pada karyawan, tapi detil pembayarannya bisa berbeda-beda tergantung posisi yang kamu lamar.


Tanyakan secara detil tentang pembayaran BPJS, yang biasanya dipotong sekian persen dari gajimu. Tanya juga soal kewajiban pajak pendapatan dan sebagainya, seperti biaya tahunan event perusahaan.


Ini agar kamu tidak kaget saat tiba-tiba angka tabunganmu berubah karena potongan semacam itu. Ingat, bayar BPJS dan pajak itu wajib, tapi tetap berpengaruh pada karirmu!


Tahu Ini, Nggak?: 'Wangsit' Kamu Jadi Karyawan Tetap!


Sistem Promosi

Setiap perusahaan punya sistem berbeda untuk memberikan kenaikan atau promosi jabatan pada para karyawannya. Ada yang mengadopsi sistem senioritas (promosi setelah 6 bulan atau 1 tahun), ada yang pakai sistem prestasi (penjualan tertinggi setahun), dsb.


Tanyakan dengan jelas bagaimana sistem promosi di perusahaan yang kamu lamar! Apakah berdasarkan performa bulanan, penjualan, atau lama bekerja? Apa ada pinalti yang menghalangi promosi?


Ini supaya kamu tahu target apa yang harus diincar agar karir sukses!


Penalti

Seperti disinggung tadi, pasti ada hukuman untuk pelanggaran aturan yang berbeda-beda untuk setiap perusahaan. Tanyakan penalti apa saja yang ada untuk terlambat, bolos, dsb.


Jangan merasa terintimidasi jika HRD melihat kamu seperti anak nakal. Ini untuk berhati-hati, bukannya karena kamu mau cari celah dalam peraturan! Hehehe…


Review Kinerja

Evaluasi kinerja karyawan pasti dilakukan beberapa kali dalam setahun, walau tentu cara dan frekuensi yang dipakai setiap perusahaan berbeda.


Ada evaluasi kinerja bulanan, dwi-bulanan, tiap 6 bulan, atau tahunan. Cara evaluasinya pun macam-macam, mulai dari sikap, pola kerja, jumlah cuti (what), dll.


Tanyakan dengan lengkap pada HRD ya, biar kamu tahu pasti kapan harus serius dan kapan bisa santai!


Bonus dan THR

Hal terakhir tapi mungkin paling penting adalah bonus dan THR! Tentunya kamu harus tahu pasti tentang kisaran jumlah bonus dan THR yang kamu dapatkan dalam setahun, serta itu dihitung dari mana saja.


Bukannya maruk ya, tapi bagi karyawan bonus dan THR itu seperti penyambung nyawa di akhir tahun sampai awal atau pertengahan tahun depan! Cocok sekali dengan situasi sekarang, ya?

Sekian hal yang perlu diperhatikan karyawan kontrak! Jangan buru-buru tanda tangan atau terima jadi aja ya; kamu harus aktif dalam menelisik sisi teknis karirmu ini!


Perlu kerjaan atau karyawan? Kunjungi situs Kessler Executive Search sekarang untuk pelayanan terbaik dua hal tersebut!


Sumber: kompas.com

138 views0 comments

Recent Posts

See All