Search

Hal yang Bikin Kamu Sulit Dapat Kerja

Updated: Dec 27, 2020


"Kalau aku minta bantuan Headhunter, pasti gak jadi wisudawan nganggur gini."

Dapat kerja tuh susah! Di masa sulit ini, cari kerja gak gampang. Jasa Headhunting Kessler, Recruiter terbaik se-Jabodetabek pun masih menemui kesulitan. Lantas, apa masalahnya? Gak punya ijazah S2? Gak punya duit buat ke luar negeri?


Ternyata, alasannya berasal dari diri kita sendiri! Hal-hal kecil yang tidak disadari membuat sulit diterima saat interview…! Apa saja? Yuk simak di bawah!

Hal yang Bikin Kamu Sulit Dapat Kerja


1. Sasaran Terlalu Tinggi

Fresh Graduate itu punya mimpi yang besar, termasuk soal dapat pekerjaan pertama yang keren dengan gaji tinggi! …Maaf, tapi biasanya itu gak terjadi.


Punya mimpi boleh, tapi harus realistis. Kemungkinan dapat pekerjaan yang kamu suka di awal sangat kecil, jadi gak ada salahnya kompromi dan terima pekerjaan yang ada dulu.


Dengan begitu kamu gak membuang waktu dan bisa dapat uang tambahan! Kalau setelahnya nemu pekerjaan yang kamu impikan, kamu akan lebih siap!


Jadi jangan ragu untuk mencoba banyak hal ya, bukan cuma tujuan awal kamu.


2. Kurang Skill

Sebagai fresh graduate, orang yang belum punya pengalaman kerja, skill kamu pasti masih terbatas. Kalau begini, gak perlu terlalu nafsu cari kerja dulu.


Banyaklah belajar skill, terutama yang banyak dibutuhkan di perusahaan sekarang, seperti kemampuan bahasa Inggris, bahasa Mandarin, Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint), edit gambar (Photoshop), edit video (Blender), dsb.


Selain membuatmu punya variasi skill yang memenuhi kualifikasi banyak posisi kerja, secara otomatis kamu dapat pengalaman untuk berbagai bidang dan jadi lebih percaya diri!


Iya, ini memang memakan waktu, tapi kemungkinan kamu untuk diterima nantinya akan lebih besar! Toh HRD dan perusahaan suka sama kandidat yang rajin melatih diri!


Psst, Baca Ini Juga: Merasa Sepi pas Kerja di Rumah?


3. Terlalu Banyak Promosi

Nah, kadang para calon karyawan yang belum matang skillnya (terutama soft skill), jadi bingung sendiri saat proses rekrutmen… terutama untuk mengisi CV dan surat lamaran.


Karena skillset kamu yang kurang oke, jadi terpaksa ‘mengarang indah’… Jangan ya! Hal seperti inilah yang membuat kamu susah diterima kerja!


Baik saat menulis CV, membuat surat lamaran, atau bicara saat interview, HRD pasti menyadari kalau kamu berbohong atau melebih-lebihkan kemampuanmu.


Jujur saja bilang apa yang kamu bisa, walau mungkin ini membuatmu dapat posisi yang lebih rendah. Sabar ya, yang penting dapat kerjaan dengan jujur tanpa bohong atau menjilat!


4. Nggak Ada Koneksi

Terkadang kompetisi dunia kerja itu sangat ketat sampai jumlah lowongan kerja yang bisa kamu cari pun jadi sedikit. Kalau begini, tidak ada salahnya kamu minta bantuan teman atau kerabat yang bekerja.


Bukannya menjilat atau nepotisme ya, tapi mencari jalur lain untuk dapat kerja yang tidak tercantum di situs lowongan. Toh kamu tetap perlu tes, jadi ini fair play dan bukannya curang.


Kalau kamu kurang bergaul dan tidak punya koneksi teman-teman yang bekerja di perusahaan bagus, akan sulit mencari kerja. Terutama saat musim yang sedikit lowongan.


5. Perilaku Tidak Baik

Hal terakhir dan terpenting yang sering kita lupakan adalah sikap kita. Saat melamar, saat tes, saat interview, apa sikap kita sudah baik?


Bukannya harus bersikap sempurna kayak robot, tapi bicara sopan dengan kontak mata yang cukup. Hindari bicara banyak atau menaikkan nada. Bicara santai, tapi tetap sopan dan percaya diri juga penting!


Kesan pertama itu penting, jadi cobalah latihan dulu di rumah.

Sekian hal yang bikin kamu sulit dapat kerja! Jangan keburu nafsu dan jaga sikapmu ya~


Kesulitan hire orang untuk perusahaanmu? Hubungi Kessler Executive Search untuk mendapat kandidat terbaik!


Sumber: idntimes.com

163 views0 comments

Recent Posts

See All