Search

Hal-Hal yang Tabu Dibicarakan di Kantor


"Hati-hati, jangan ngomong topik ini di kantor, apalagi dekat Boss atau HRD!"

Ssshh! Dunia kerja perlahan mulai pulih dari dampak pandemi, tapi tentu kegiatan cari kerja dengan jasa Headhunter dan Recruiter belum berkurang. Mungkin ada masalah diterima kerja, CV kurang bagus, gaji gak naik-naik, lingkungan kerja gak kondusif, boss yang seenaknya, dsb. Meski demikian, semuanya berjuang untuk cari nafkah!


Baca Juga: Bahasa Cinta di Dunia Kerja adalah...?


Hanya saja, kadang masalah timbul dari obrolan sehari-sehari di kantor! Masalahnya bukan di cara bicara kamu dan dia (itu sih ‘rekan kerja nyebelin’), tapi topik yang dibahas. Yup, ada beberapa hal ‘tabu’ yang sebaiknya tidak dibicarakan di kantor. Apa saja?

Hal-Hal yang Tabu Dibicarakan di Kantor


Agama

Kalian pasti sering dengar beberapa tahun silam, soal ribut-ribut unsur SARA di TV, koran, dan media lain. Soal agama memang masalah sensitif, apalagi bila membahas kepercayaan, sajak kitab suci, dsb.


Supaya masalah semacam itu gak mengganggu karir kamu atau kelangsungan kerja perusahaan, hindari topik agama. Paling cukup tahu agama masing-masing, biar bisa ibadah bareng.


Tapi selain itu, jauhi topik agama- apalagi pembahasan mendalam. Hormati juga jadwal serta kebutuhan ibadah masing-masing orang agar tidak cekcok.


Politik

Sama seperti agama, banyak orang yang menganggap politik sebagai hal sensitif. Kalau ngobrol dengan menyinggung politik (saat melihat siaran capres di TV misalnya) lihat dulu lawan bicaramu.


Kalau teman kerjamu itu orangnya santai dan tidak begitu peduli politik, bicaralah soal itu seadanya, mungkin sekedar berpendapat atau bercanda.


Tapi kalau dia garis politik keras yang punya partai favorit, lebih baik bahas topik lain. Kalaupun dia yang memulai pembicaraan seputar politik, netral saja dan jangan berpendapat negatif.


Yang manapun kasusnya, jangan sekali-sekali mengejek partai atau cawapres di kantor, karena selain tidak baik, kamu juga tidak tahu siapa saja yang mendengar.


Masalah Keluarga

Namanya kerja keras di kantor, pasti kita menyebut soal keluarga baik sengaja ataupun tidak. Mungkin kamu ingin pamer masakan istri di kotak bekal, prestasi anak, atau acara ulang tahun keponakan. Ini wajar, kok!


Yang tidak boleh itu, menyebut masalah rumah tangga kamu di kantor! Entah kamu bertengkar dengan istri/suami, marah atas kenakalan anak, atau sedang kesal dengan kerabat, jangan disebut!


Selain tidak etis untuk menyebar masalah pribadi keluarga ke orang lain, juga akan membuat gosip miring yang akan menjatuhkan karirmu!


Seks

Menyebut kata ‘seks’ saja orang sudah begah, tapi sebenarnya ini hal penting dalam kehidupan orang dewasa yang berkeluarga.


Yang tidak boleh tentu saja bicara soal ‘kelancaran hubungan seks’ dsb di kantor. Seks itu hal yang sangat intim dan pribadi, khusus untuk pasangan suami-istri dan dokter.


Jangan sekali-sekali menjawab atau bertanya soal hal ini di kantor. Orang luar lebih baik tidak tahu!


Cita-Cita Karir

Kelangsungan karir memang sering tidak pasti, jadi wajar kalau kamu dan para karyawan lain punya ‘rencana lain’ dalam karir.


Mungkin pekerjaan sekarang hanya batu loncatan untuk karir impianmu, atau kamu punya cita-cita yang tidak berhubungan dengan bidang perusahaan saat ini.


Jangan cerita di kantor! Punya impian bagus, tapi ‘rencana lain’ ini bisa jadi bumerang. Walau kamu gak punya niat jelek, tapi begitu ada yang dengar gosip akan bermunculan.


Gaji

Sudah jelas kan, kamu gak mau angka gajimu diketahui orang? Kalau kecil, takut diledek. Kalau gede, nanti pada iri. Orang lain juga serba salah kalau ditanya, jadi mendingan gak usah!


Nanti HRD atau boss akan menyinggung soal kamu ‘gak setia sama perusahaan’, ‘kutu loncat’, dsb. Karir kamu jadi dipersulit karena rasa risih dan iri.


Gak banget! Makanya rahasiain aja; toh mau kerja di mana itu hak kamu!

Artikel hal yang tabu dibicarakan di kantor ini habis guys! Jangan sampai karir terhalang cuma karena salah bicara yang gak penting!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja yang bebeas berpendapat! Hidup udah susah, jadi jangan ditambah sikap sensitif sama obrolan ya!


Sumber: bisnis.com

65 views0 comments

Recent Posts

See All