Search

Diajak Kencan Sama Boss, Tolak atau Terima?


"Dinner date sama Boss pasti romantis... MASA?" -HRD yang iri- eh, khawatir

Kamu diajak dinner date romantis sama boss!? Tenang, mungkin kamu GR. Tapi kalau benar, hati-hati bersikap! Salah sedikit, karir kamu terancam dan sulit dibantu Headhunter atau Recruiter sekalipun!


Pertanyaan terbesar: terima atau tolak? Ingat, bisa saja tidak ada perasaan cinta, jadi jangan keburu nafsu. Saran kami adalah… tolak!


Terlepas dari kamu suka si boss atau enggak, dinner date romantis itu beresiko membawa dampak negatif pada karirmu: gosip, nepotisme, dll.


Kalaupun nanti kalian ingin menjalin kasih, carilah cara lain, bukan dinner date antara boss dan karyawan. Selain tidak profesional, hubungan itu sulit untuk berjalan lancar.


Berikut tips menolak ajakan kencan boss dengan halus!

Tips Menolak Ajakan Kencan Boss Dengan Halus


1. Siapkan Alasan Bagus

Apapun motivasi boss mengajak kamu makan bareng (naksir atau berterima kasih), cari alasan yang bagus dan masuk akal.


Kalau asal bicara, boss akan tahu kalau kamu bohong dan merasa tersinggung. Contoh alasan yang baik adalah sibuk dengan keluarga (orang tua, saudara).


Kalau belum punya alasan bagus, bilang kalau kamu harus mencari jadwal kosong. Ini untuk mengulur waktu dan mencari alasan yang lebih baik.


2. Menolak Dengan Ramah dan Senyum

Begitu ketemu alasan yang tepat, jelaskan dengan ramah dan senyum. Tentu kamu merasa gak enak, tapi jangan terlihat murung.


Bersikaplah biasa dan tetap senyum saat menjelaskan. Apapun reaksi beliau, jangan panik atau marah, terima saja dengan sopan. Ini meminimalisir resiko gosip dan semacamnya!


3. Batasi Interaksi

Setelah menolak dengan halus (apapun hasilnya), batasilah interaksi dengan boss kamu. Bukan menjauhi atau memasang muka jijik ya, itu sih ngambek.


Yang benar adalah tidak bicara lama-lama soal pekerjaan atau obrolan biasa, apalagi saat cuma berdua. Ingat, tetap bersikap biasa dan banyak senyum supaya tidak canggung.


Baca Juga: Apa Itu PKWT dan PKWTT?


Ini penting supaya boss tahu batasan dan tidak kesal padamu.


4. Tetap Profesional

Walau sudah menolak dan jaga jarak, tetap profesional. Tetap bekerja seperti biasa di kantor, jangan buru-buru pergi sebelum/sesudah tugasmu selesai hanya karena segan.


Sekalipun boss kecewa ditolak, setidaknya beliau akan menghargai sikap profesionalmu.


5. Jangan Beri Harapan

Setelah semua usaha tadi, jangan memberi harapan pada boss, baik sengaja atau tidak. Hati-hati untuk memberi kode ‘kesempatan berikutnya’ atau hal ambigu semacamnya.


Selain tidak profesional, penolakan kamu di awal tadi jadi tak berarti. Kamu bakal dikira sok jual mahal!

Kalau Harus Menerima…


Nah, kalau seandainya boss itu naksir kamu… dan kamu juga suka beliau? Kalau boss tetap tidak mundur walau kamu gak suka? Apa terima? Untuk itu ada solusi lain lagi…


1. Dipisahkan Dari Pekerjaan

Kalau kamu suka boss, boleh saja menjalin hubungan dan kencan… asal dibatasi!


Gak boleh campur adukkan cinta dan pekerjaan; misalnya, naik jabatan tetap berdasar kontribusi ke perusahaan, bukan karena udah 1 tahun jadian.


2. Tidak Dibawa ke Kantor

Lakukan segala urusan kencan di luar kantor. Gak ada panggil ‘sayang’ atau lirikan kangen pas jam kerja. Bikin ngiri- eh, tidak profesional!


3. Sebagai Teman Biasa

Kalau gak suka tapi gak mau hubungan kalian buruk, tegaskan kalau kamu cuma mau jadi teman saja. Katakan kalau si boss nggak boleh berharap lebih, dengan bahasa yang sopan tapi tegas.


Ini supaya hubungan kalian sebagai rekan kerja terjaga tanpa membebani perasaan masing-masing.

Sekian tips mengatasi ajakan kencan boss! Memang ada resiko karir kamu dipersulit, tapi jangan mau terjerat hubungan gak sehat di perusahaan!


Mau cari kerja buat jaga-jaga? Kunjungi situs Kessler Executive Search, jasa pencarian kerja terbaik di Jakarta!


Sumber: detik.com

91 views0 comments

Recent Posts

See All