Search

Dampak Negatif Overthinking yang Berbahaya!


"Kebanyakan mikir gak jelas, nanti kesambet!" -Kessler Executive Search

Kebanyakan mikir bikin stress! Waktu kecil dan gak perlu cari kerja pakai jasa Recruiter, kalian pasti pernah melihat orang tua kayaknya pusing terus. Mereka bergumam soal cari duit, biaya air, biaya listrik, ongkos bensin, dsb sampai menghela nafas tiada henti.


Ini namanya ‘overthinking’ atau kebanyakan mikir! Walau zaman pandemi sekarang bikin cemas, jangan berlebihan mikir! Overthinking berefek negatif untuk kesehatan kamu, yang akan kita bahas di bawah…

Dampak Negatif Overthinking


Otak Tumpul

Benda apapun kalau sering dipakai akan mudah digunakan. Tapi jika berlebihan, akan rusak! Seperti komputer, kalau terlalu panas harus dimatikan dulu.


Otak manusia pun sama. Saat berpikir, sel otak kita bekerja keras. Bila terlalu banyak mikir untuk waktu lama, otak jadi kelelahan.


Selain bikin sakit kepala, kamu akan sulit berpikir atau memahami ide-ide kompleks. Rambut juga bakal botak (mungkin), dan bikin stress!


Kalau dibiarkan, kamu bakal jadi bodoh! Istirahatkan otak!!


Nggak Kreatif

Selain bikin kamu susah mikir, overthinking juga membuatmu gak kreatif. Kenapa? Karena otak dipakai terus menerus, hal-hal yang dipikirkan pun jadi itu-itu saja.


Saat sesi brainstorming, otak sulit melepas ide-ide lama dan juga kesulitan memikirkan ide baru. Ini karena otak sudah penuh dijejali pemikiran yang sama berulang-ulang!


Solusinya adalah istirahat. Jangan lakukan kegiatan yang memicu kerja otak seperti belajar atau puzzle. Pilih kegiatan yang tidak banyak mikir, seperti olah raga, nonton TV, main game, dsb.


Kalau mau membaca buku, pilihlah yang isinya ringan seperti komik atau novel humor. Otak kamu akan terasa plong dan siap mengeluarkan ide baru esoknya!


Pola Makan Rusak

Kinerja otak mempengaruhi pola makan!


Ada orang yang nafsu makannya meningkat saat asyik memecahkan misteri di film dan novel. Sebagian besar orang nafsu makannya menurun saat terlalu banyak belajar, terutama anak sekolah.


Baca Juga: Tetap Produktif Walau Di Rumah Aja!


Apapun dampaknya, pola makan berubah drastis saat kebanyakan mikir. Ini bahaya bagi kesehatan, karena kinerja lambung dan usus akan terganggu akibat perubahan mendadak.


Lebih parahnya, overthinking itu sumber stress. Pernah dengar istilah ‘stress eating’? Orang yang stress cenderung makan banyak, umumnya junk food. Tidak sehat!


Darah Tinggi

Masalah kesehatan dari overthinking itu mempengaruhi seluruh tubuh, bukan kepala dan perut saja. Satu yang paling bahaya adalah darah tinggi!


Sering lihat kan, kalau pemarah itu gampang kena darah tinggi? Itu karena darah yang naik kepala memicu jantung untuk bekerja terlalu keras dan merusak sistem tubuh lainnya.


Overthinking berdampak sama! Karena otak bekerja terlalu keras, aliran darah ke otak jadi terlalu cepat dan membuat sistem tubuh lain tidak stabil. Akibatnya kamu bisa kena darah tinggi, stroke, dll!


Susah Tidur

Karena semua masalah tubuh tadi, otomatis kamu juga jadi susah tidur. Otak penuh, sakit kepala, perut gak enak, dsb… Mana bisa tidur?


Makanya sebelum jam tidur, hentikan semua aktivitas yang memacu otak. Minumlah air putih dan duduk santai sambil melakukan hobi. Begitu jam tidur, otakmu sudah rileks dan gak ganggu tidur!

Sekian dampak negatif overthinking! Memang banyak kecemasan di era pandemi ini, tapi jangan bekerja terlalu keras. Nikmatilah hal yang kamu punya agar hari esok cerah!


Cari kerja yang gak bikin stress? Kirim CV dan Lamaran kamu ke Kessler Executive Search sekarang! Lowongan kerja baru siap membantu karirmu ke depannya~


Sumber: idntimes.com

87 views0 comments

Recent Posts

See All