Search

Ciri-Ciri Orang Toxic di Kantor


"Headhunter dan Recruiter paling anti dengan karyawan toxic begini!"

Apa itu karyawan toxic? Di bisnis perusahaan yang cenderung kering belakangan ini, banyak calon karyawan atau fresh graduate yang disaring HRD untuk bekerja. Tapi bahkan dengan bantuan jasa Headhunter dan Recruiter sekalipun, ada saja karyawan toxic yang lolos!


Baca Juga: Cara Jadi Karyawan Teladan kayak Spongebob!


Orang toxic itu adalah invididu yang sengaja membuat masalah dan menyusahkan orang lain di sekitarnya. Karyawan toxic ya sama, cuma ada di kantor. Kenali ciri-cirinya biar kamu gak terlibat masalah!

Ciri-Ciri Orang Toxic di Kantor


1. Perilaku Buruk

Ciri khas paing jelas ya ini, perilakunya sehari-hari di kantor buruk. Misalnya terus melanggar aturan walau sudah dihukum atau diperingati, seperti merokok di dalam ruangan, datang terlambat, bolos, dsb.


Contoh jelasnya lagi adalah sikapnya; menaikkan kaki di meja, bicara tidak sopan pada rekan kerja atau atasan, cemberut, dan ulah kecil lainnya yang mengganggu kenyamanan kamu di perusahaan.


2. Nyalahin Orang Lain

Orang toxic itu selalu menyebar aura negatif, tapi justru tidak bisa menerima hal negatif. Kalau membuat kesalahan, dia selalu menyalahkan orang lain termasuk kamu.


Walau semua orang tahu dia yang salah, karyawan toxic ini selalu memutar kata seolah dia jadi korban. Benar-benar nyebelin! Tapi jangan sampai kamu terpancing dan berantem sama dia, ya.


3. Biang Gosip

Salah satu hal yang paling dibenci HRD, manajer, dan atasan adalah gosip! Kenapa? Karena hanya butuh sedikit gosip miring untuk mengubah suasana di lingkungan kerja jadi gak enak.


Karyawan toxic tahu betul soal ini, jadi dia suka menyebar gosip atau setengah kebohongan di sela-sela waktu kerja dan jam istirahat.


Biar cuma kebohongan atau hal kecil, itu cukup untuk membuat rekan kerja di sekitar mereka untuk saling tuduh dan bertengkar. Menonton kekacauan yang timbul itulah hobi karyawan toxic!


4. Tukang Bully

Senjata lain si karyawan toxic saat tidak ada gosip atau tidak bisa menebar aura negaif (karena habis dimarahi boss misalnya), adalah membully karyawan lain!


Biasanya ini dilakukan pada junior atau karyawan baru, yang posisinya belum jelas di perusahaan. Hati-hati, jangan sampai terpengaruh hal negatif yang dia ucapkan tanpa konfirmasi lebih dulu!


5. Cari Muka

Ciri khas lain yang gak kalah penting dari karyawan toxic adalah menjilat atasan! Selalu pamer atas hasil kerjanya, bahkan kalau itu sebenarnya hasil kerja tim atau karyawan lain!


Karyawan penjilat itu berbuat begini biar dia sendiri sukses, egois. Tapi karyawan toxic gak cukup begitu; selain dia sukses, orang lain juga harus jatuh atau merasa gagal.


Bahkan dia lebih suka kalau karyawan lain jatuh, dibanding kesuksesan dia sendiri! Hobi, jeng?


6. Dijauhi Karyawan Lain

Cara ampuh untuk mengenali karyawan toxic, terutama pas kamu baru masuk kerja… lihat apa ada orang yang dijauhi karyawan lain!


Kalau ada, jangan ambil kesimpulan dulu! Perhatikan baik-baik: apa dia itu karyawan toxic, atau cuma pemalu? Atau ada alasan lain orang menjauhi dia?


Kalau kamu perhatikan memang sifatnya buruk, sudah pasti toxic!

Begitulah ciri-ciri karyawan toxic! PERHATIAN: kadang karyawan toxic itu berbuat begitu karena gajinya tidak sesuai, dibully karyawan lain, dsb, jadi jangan terburu-buru ngegas sama mereka, ya.


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja yang aman! Walau kamu merasa menderita, perlakuan toxic itu tetap tidak benar!


Sumber: idntimes.com

127 views0 comments

Recent Posts

See All