Search

Ciri-Ciri Interview Kerja Penipuan


Awas, interview kerja palsu! Zaman sekarang sulit cari kerja, meski pakai jasa Headhunter dan Recruiter sekalipun. Karena persaingan ketat, banyak orang putus asa hingga kena interview kerja palsu!


Baca Juga: Mau CV-mu Dilirik HRD?


Supaya kamu gak kena, baca daftar lengkap kami tentang ciri-ciri interview kerja palsu. Mungkin kamu sudah tahu, tapi gak ada salahnya berjaga-jaga!

Ciri-Ciri Interview Kerja Palsu


1. Perusahaan Gak Ada Pas Dicari

Supaya kamu gak ketipu undangan interview palsu, coba cek nama perusahaan tersebut di google search. Kalau dapat hasilnya begini:


- Nama perusahaan gak ketemu

- Ketemu, tapi ada beda logo, kalimat, bidang, dsb

- Ketemu, tapi alamatnya gak lengkap, situsnya kosong, dsb


Itu sudah pasti penipuan! Perusahaan beneran gak akan buat dirinya sulit ditemukan.


2. Ada ‘Jadwal Lengkap’

Interview kerja palsu itu menutupi isi e-mailnya dengan hal gak penting seperti lampiran dokumen yang banyak, salah satu ciri khasnya adalah jadwal acara!


Jadwal acara dengan nama semua calon karyawan? Penipu! Wawancara kerja itu bersifat pribadi, jadi GAK ADA namanya perusahaan membeberkan nama calon lain ke semua pihak kayak gitu!


3. Tidak Profesional

Namanya juga menipu, pasti gak mau ribet dan asal dalam membuat undangan interview palsu itu. Contoh paling umum:


- E-Mail Gratisan

Untuk pemberitahuan undangan wawancara lewat e-mail, perhatikan alamatnya! Kalau domainnya gratis seperti yahoo atau gmail (contoh: kerja@yahoo.com, usahadigital@gmail.com) itu penipu!


Perusahaan asli pasti memiliki domain e-mail sendiri yang berbayar, misalnya: lowongan@cermati.com. Bukan yang gratisan dan bisa dibuat siapa saja.


- Pakai SMS

Zaman sekarang, pesan singkat Whatsapp atau SMS hanya dipakai untuk komunikasi SAAT SUDAH BEKERJA. Kalau kamu menerima pesan WA atau sms interview kerja, itu 100% penipuan.

Selain tidak profesional, pesan singkat seperti itu tidak menunjukkan identitas perusahaan dan penjelasan posisi kerja dengan baik. Pas sekali untuk menipu!


- Tulisan Acak-Acakan

Ciri khas interview kerja palsu ada dalam tulisan undangannya. Banyak typo, salah tanda baca/huruf besar, salah ejaan, huruf besar semua, banyak kata-kata gak penting (biar undangannya panjang), dsb.


Karena palsu, ngapain repot-repot dibikin rapi?


- Bahasa Gaul

Sama kayak tulisan acak-adut tadi, tapi bahasanya. Kata-kata interview kerja palsu seringkali memakai bahasa gaul yang kurang sopan!


Kalau perusahaan betulan, pasti memakai bahasa formal yang sopan. Selain untuk menjaga nama baik kantor, juga karena sudah etikanya untuk tidak sok akrab pada orang yang belum dikenal.


4. Embel-Embel DUIT

Tanda bahaya nomor 1 di undangan interview palsu: perlu duit! Mungkin kamu diundang interview, lalu diminta bawa ‘persyaratan’ macam-macam.


Mungkin gak bilang duit, tapi benda yang kamu bawa itu bukan hal umum (alat tulis, KTP) tapi barang mahal yang harus dibeli (tiket pesawat, booking hotel, materai).


Perusahaan manapun TIDAK AKAN membebani biaya apapun untuk interview kerja pada pelamar! Kalau kamu harus ngeluarin duit selain untuk ongkos jalan (lokal ya, bukan pindah pulau atau negara), sudah pasti penipu!


5. Dipanggil Meski Gak Ngirim

Kalau kamu gak merasa ngirim lamaran tapi diundang interview, tolak! Kalau lupa, coba cek semua lamaran yang kamu kirim belakangan ini. Kalau gak ada, sudah pasti nipu!

Sekian ciri interview kerja penipuan! Walau cari kerja susah, jangan mau ditipu!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja asli dan gak menipu! Tetap rajin cari kerja dan jangan tergiur yang gampangan!


Sumber: cermati.com

256 views0 comments

Recent Posts

See All