Search

Ciri Agen Penyalur TKI Ilegal


"Recruiter tidak akan membiarkan kamu terlibat penyaluran TKI ilegal seperti ini."

Calo TKI ilegal sangat berbahaya! Masuk bulan baru, gimana kabar kalian para jobseekers? Masih sibuk kerja atau cari kerja pakai jasa Headhunter? Kalau belum jodoh, gak ada salahnya adu nasib ke negara lain dengan jadi TKI...


Ups, tunggu! Kamu dapat kesempatan jadi TKI itu dari mana; pemerintah resmi? Soalnya banyak agen penyalur TKI ilegal (calo) yang cuma mau ambil duitmu, terus kabur dan ninggalin kamu di negeri asing!


Baca Juga: Karyawan Kontrak, Waspadalah!


Biar gak ketipu, baca dulu ciri agen penyalur TKI ilegal di bawah, ya?

Ciri Agen Penyalur TKI Ilegal


1. Syarat Terlalu Gampang

Mayoritas orang yang melamar jadi TKI umumnya punya pendidikan SMA ke bawah; susah mencari kerja di tempat asalnya.


Karena itu, para agen penyalur TKI ilegal ini memberi syarat mendaftar mudah. Pendidikan cuma perlu lulusan SMA/SMK, atau bahkan SD.


Gaji yang ditawarkan sampai 10 juta, tanpa batasan usia atau gender, lengkap dengan tunjangan, uang transport, dsb. Too good to be true!


Kalau mereka menawarkan kesempatan jadi TKI dengan syarat gampang, keuntungan yang menonjol, dan tanpa nyebut kesulitan sama sekali... Itu 100% nipu!


2. DP Besar Tanpa Jaminan

Para calo TKI ini prosedur nyari duitnya itu cepat dan mudah; tarik duit sebanyak-banyaknya, lalu kabur.


Tanda paling jelas adalah saat kamu perlu memberi uang deposit (DP) di awal mendaftar jadi TKI. Jumlah uangnya gak main-main: bisa sampai 20 juta!


Tentu mereka dengan ‘profesional’ akan meyakinkan kamu bahwa uang DP segitu wajar, dengan alasan uang sewa rumah, sewa tanah, transport, dll... Bohong banget!


Coba minta untuk membayar penuh saat VISA-mu sudah jadi; kalau reaksinya biasa, mungkin jujur. Tapi kalau menolak atau ragu-ragu, terus ngotot minta kamu bayar sekarang...


Udah pasti nipu!


3. Deskripsi Kerja Gak Jelas

Seperti kebanyakan lowongan kerja bodong di situs lamaran kerja, calo TKI tidak akan memberi deskripsi kerja detil.


Paling mereka bilang, “Kamu jadi staff.” Staff apa? “Staff perusahaan.” Posisi apa? Kerjanya bagaimana? “Pokoknya begitu. Lihat aja kalau udah sampe.”


Kalau dijawab begitu saat bertanya lebih detil soal pekerjaan, sudah jelas ini layanan TKI bodong. Kalaupun dikirim pergi, mereka akan lepas tangan begitu kamu sampai.


Segera tarik uangmu dan cari layanan lain sebelum terlambat!


4. Lewat Daerah Perbatasan

Terkadang para penyalur TKI ilegal ini pintar menipumu dengan dokumen palsu, deskripsi kerja detil, dsb. Kalau begini, coba periksa jalur pergimu nanti.


Kamu akan naik pesawat apa, dari bandara mana? Kalau naik mobil atau bus (untuk TKI ke daerah yang dekat), lewat mana jalurnya?


Kalau bukan bandara yang terkenal atau ramai (jauh dari kota, di pelosok daerah), atau jalur kendaraan melewati daerah perbatasan negara (misal: Batam), berarti ini ilegal!


Mereka sengaja memilih daerah perbatasan, terutama yang sepi, supaya bisa mengirim kamu tanpa terjaring keamanan. Ini penyelundupan TKI! Jangan sampai terlibat!


5. Administrasi Beres Tanpa Bukti

Ada kalanya para penyalur tenaga kerja ilegal ini rapi mengurus segala sesuatunya, sampai kamu tidak curiga.


Nah, kalau proses administrasi seperti VISA sudah beres, minta bukti resinya. Ini tidak mudah dipalsukan, jadi kamu bisa memastikan kelegalan mereka.


Kalau mereka mengulur-ulur memberimu bukti resi atau menolak, patut dicurigai...!

Sekian ciri agen penalur TKI ilegal! Banyak kasus TKI yang diambil uangnya, lalu ditelantarkan di negeri orang. Jangan sampai itu kamu...!


Cari kerja dengan jasa Kessler Executive Search sekarang! Lowongan pekerjaan di mana saja tersedia~


Sumber: kaskus.co, qelola.com

45 views0 comments

Recent Posts

See All