Search

Cari Kerja Tidak Sesuai Jurusan? Tentu Bisa!


"HRD mendukung karir kamu di bidang manapun!"

Kerja gak sesuai jurusan? Bisa dong! Setelah sensasi tahun baru lewat, saatnya sibuk kerja dan cari kerja lagi pakai bantuan jasa Headhunter, Recruiter, dan Outsourcing (kayak di Kessler Executive Search!). Buat kamu para fresh graduate yang bingung mau kerja apa, ada pertanyaan…


Apa boleh kerja gak sesuai jurusan kuliah? Kalaupun boleh, apa bisa? Hahaha, tentu saja BOLEH dan BISA! Dalam dunia kerja banyak yang salah paham, mengira bekerja di luar bidang jurusan itu salah.


Baca Juga: Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia!


Alasannya macam-macam, mulai dari kepercayaan atau tradisi zaman dulu, nilai sosial, tabu, dll… AMIT! Mitos itu! Gak lebih dari salah persepsi masyarakat. Memang logis untuk kerja sesuai jurusan kuliah, tapi gak wajib!


Gak percaya? Baca di sini!

Cari Kerja Tidak Sesuai Jurusan? Tentu Bisa!


1. Kuliah Hanya Syarat Kerja

Ingat, kuliah itu hanya syarat biar bisa kerja! Hampir semua lowongan kerja mewajibkan minimal S1, sebagai jaminan kamu punya pendidikan layak.


Banyak kok, mahasiswa yang kuliah jurusan umum (sastra, bahasa, ekonomi) hanya lulus, tapi kerjanya beda sama jurusan.


Hidup itu penuh perubahan, jadi wajar kalau minat kamu berubah seiring waktu. Gak perlu merasa terikat pada jurusan kalau nanti dapat kesempatan dan niat di hal berbeda!


2. Ada Kesempatan

Seperti disinggung tadi, kalau ada kesempatan kerja bagus dan kamu memang mau coba, silakan!


Biar itu gak sesuai jurusanmu dan bukan pekerjaan incaranmu, gak ada salahnya dicoba kalau kamu memang tertarik. Siapa tahu kamu bakal suka!


Banyak kok orang yang pilih bidang yang berbeda dengan pilihan sebelumnya; tapi justru sukses! Gak ada salahnya mendalami banyak hal, menggali potensi diri yang tersembunyi.


Yang penting, jangan sampai pemikiran kolot ‘kerja sesuai jurusan’ menutup potensi bakatmu!


3. Tidak Sesuai Harapan

Tidak semua orang beruntung dapat kuliah di jurusan yang mereka suka. Entah karena dipaksa orang tua atau salah pilih…


Mungkin kamu dipaksa orang tua, tapi akhirnya bisa meyakinkan mereka. Tapi karena sayang duit kuliah, kamu tetap selesaikan studi S1 yang gak disuka itu. Gapapa, yang penting kerja nanti di bidang yang kamu suka, bukan seperti jurusan ini.


Atau kamu salah pilih jurusan. Setelah dijalani, ternyata beda dari bayangan dan kamu gak suka. Mau pindah sayang duit, jadilah kamu bersabar sampai lulus sebelum coba bidang lain.


Apapun itu, gak masalah kok berubah pikiran di tengah jalan, Yang penting jangan sampai menyesal!


4. Skill dan Pengalaman Lebih Penting

Kenyataan dunia kerja: skill dan pengalaman jauh lebih penting dari jurusan kuliah. Banyak bidang di mana kuliah hanya untuk pengetahuan dasar dan formalitas, tapi praktek kuncinya.


Kalau memang begitu, silakan kuliah apapun dan fokus mengasah skill serta menambah pengalaman. Toh dua hal itu lebih berperan daripada IPK kamu!


5. Pilih yang Disukai

Apapun pekerjaannya, yang penting adalah kamu suka atau minimal tidak benci. Kalau kuliah bidang teknik tapi ternyata kamu gak suka kerja jadi insinyur, gak masalah!


Mungkin kamu bisa jadi interior designer, atau sales property. Apapun itu, jangan sampai memaksa kerja di posisi yang kamu benci!

Sekian fakta kerja tidak sesuai jurusan! Ingat, bekerja itu berarti menjadi orang dewasa yang merintis masa depan diri sendiri.


Ini masa depanmu, jadi kamu yang tentukan mau kerja di mana, bagaimana, dan sama siapa! Cuekkin para netizen yang bisanya julid urusan orang!


Perlu jasa Headhunter, Recruiter, atau Outsourcing di tahun 2021? Kessler Executive Search siap sedia melayani ketiganya!


Sumber: wolipop.detik.com

62 views0 comments

Recent Posts

See All