Search

Cara Mengurangi Ketegangan Saat Interview Kerja


"HRD menghargai calon karyawan yang bisa tenang saat interview."

Interview kerja bikin tegang! Sering merasa tegang saat interview kerja, bahkan pas baru dapat e-mail atau telepon pemberitahuannya? Tenang, itu reaksi wajar, bukan karena kamu penakut. Toh sudah capek-capek cari kerja (pakai jasa Headhunter dan Recruiter), pasti tegang sebelum hari H!


Baca Juga: Awas, Jangan Kirim CV Begini!


Supaya pas hari H wawancara kerja kamu bisa santai, akan kami bagi tips cara mengurangi ketegangan saat interview kerja!

Cara Mengurangi Ketegangan Saat Interview Kerja


1. Tarik Nafas

Walau sederhana, tapi menarik nafas itu sangat efektif untuk menghilangkan rasa tegang! Caranya mudah dilakukan siapa saja, juga hemat biaya!


Caranya: pertama, tarik nafas dalam-dalam dengan hidung dan mulut. Santai saja, tidak perlu seperti penyedot debu. Jumlah nafasnya juga sedang saja, jangan sampai pipimu menggembung.


Setelah 2-3 detik menahan nafas tadi, hembuskan secara perlahan supaya udara yang tersimpan habis dalam waktu 4-5 detik.


Bila lancar, sebagian besar rasa tegang di otot-otot tubuh kamu akan keluar bersamaan dengan buang nafas tadi. Mudah dan cepat, efektif membuat rileks!


2. Istirahat Santai

Walau sudah tarik nafas dalam-dalam, bukan berarti semua rasa tegang sirna. Untuk sebagian orang, banyak istirahat adalah obat yang lebih manjur.


Sering kan, melihat orang (atau diri sendiri) merasa tegang sampai sulit tidur? Karena kurang tidur, rasa cemas yang sudah ada semalam sebelumnya pun berlipat ganda!


Untuk mengatasinya, usahakan untuk tidur cukup! Walau kamu merasa tegang, usahakan untuk tidak memikirkannya saat akan tidur.


Selama kamu bisa tidur 8 jam hampir setiap hari, rasa tegang di hari H akan berkurang!


3. Hangout Bareng Teman

Terkadang orang gak bisa dipaksa untuk tidur santai, jadi solusi lainnya adalah minta bantuan teman! Jauh sebelum hari H, cobalah jalan-jalan santai bareng teman ke mall atau tempat asyik lain.


Ajaklah mereka ngobrol, makan-makan, nonton film, dsb. Otomatis kamu gak akan terlalu mikirin soal interview yang akan datang. Kalaupun masih kepikiran, curhat saja sama mereka!


Tergantung pilihan teman yang kamu ajak juga ya; hati-hati untuk tidak mengundang mereka yang rusuh atau tidak sensitif. Kamu malah dibikin cemas nanti!


4. Me Time

Untuk sebagian orang, terutama yang introvert, mereka perlu waktu sendiri atau me time, bukan hangout bareng teman di keramaian.


Lakukan hobi yang kamu sukai di rumah, seperti membaca, nonton TV, main game, dsb. Pokoknya hal yang bikin kamu rileks; jauhi kegiatan yang terlalu menguras tenaga (olahraga berat), karena akan membuatmu sulit tidur.


Kalau dilakukan hampir setiap hari menjelang hari H interview kerja, otomatis kamu akan lebih santai dan gak panik!


5. JANGAN MINUM KOPI!

Kesalahan persepsi umum yang dilakukan banyak fresh graduate dan calon karyawan adalah minum kopi sebelum interview. JANGAN!


Kenapa? Karena kopi itu mengandung kafein yang membuatmu bersemangat dan tidak ngantuk. Ini untuk kerja berat di malam hari atau kondisi darurat, bukan interview kerja!


Ingat, umumnya interview kerja dilakukan di pagi atau siang hari, di mana kamu (dan mereka) masih segar. Kalau minum kopi saat begini, jantungmu akan berdebar dan membuatmu tambah tegang!


Minuman lain yang memberi efek mirip pun dilarang (alkohol, minuman energi). Hindari pula makanan berat sebelum interview (steak, nasi padang), karena akan membuat perutmu begah dan sulit konsentrasi.

Sekian cara mengurangi ketegangan saat interview kerja! Ingat, selama kamu tenang dan santai, tingkat keberhasilan interview kerja akan bertambah 50%!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja terbaru! Dibawa santai aja, toh kamu gak akan digigit kok~


Sumber: detik.com

68 views0 comments

Recent Posts

See All