Search

Cara Agar Terbebas Dari Drama Kantor

Kadang kita bekerja di suatu perusahaan memang tidak terlepas dengan banyaknya drama korea.. eh, maksudnya drama kantor. Drama kantor dapat terjadi apabila ada dua kubu di suatu kantor yang berbeda pendapat atau kepentingan. Kebanyakan dari drama kantor dapat memberikan efek yang negatif terhadap efektifitas dan kinerja karyawan yang terkena imbasnya.


Drama kantor itu sifatnya sangat melelahkan dan dapat mempengaruhi kesehatan mental karyawan juga. Siapapun bisa menjadi korban drama kantor, termasuk kamu. Bayangkan, kerjaan dan tanggung jawab di kantor saja sudah sangat banyak, masih harus menghadapi drama kantor yang sebenarnya tidak berguna dan hanya membawa dampak negatif saja.



Walaupun sebenarnya drama kantor itu sulit dihindari, ada beberapa cara dan strategi yang bisa dilakukan agar kita bisa terbebas dari drama kantor:


1. Hindari Gosip

Siapa yang bisa mengelak dari gosip di kantor? Kamu pasti tergoda untuk tahu apa yang sedang hot di lingkungan kantor. Akan tetapi, jangan libatkan dirimu! Kita tidak akan pernah tahu apabila gosip itu bisa merusak nama baik dirimu di kantor. Menjadi bagian dari rumor kantor bisa membuat posisimu di kantor tidak baik.


Saat mereka mulai membicarakan orang lain, cobalah menghidar atau memberikan topik pembicaraan yang lebih produktif. Intinya jangan memihak siapapun, usahakan selalu bersikap netral.


2. Hindari Teman Kerja yang Emosional dan Tempramental

Sebisa mungkin hindari berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman kerja kamu yang sifatnya terlalu emosional dan tempramental. Alasannya karena memang sifatnya yang dapat memberikan kamu pengaruh dan dampak yang negatif buat efektifitas dan kinerja kamu di kantor. Apabila kamu di dalam kondisi dimana pekerjaan kamu memang diharuskan dan diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang tersebut, cukup bicara dan berkomunikasi seperlunya saja, cukup asal kerjaan kamu selesai.


3. Jika Kamu Memiliki Masalah Dengan Rekan Kerja, Bereskan Terlebih Dahulu

Biasanya yang membuat suasana kantor jadi "drama" itu karena ada masalah pribadi yang masih mengganjal dengan rekan kerja yang lain. Untuk mengatasinya, kita perlu menyelesaikan masalah pribadi yang mungkin ada dengan rekan kerja kita. Bicarakan secara empat mata dan tuntaskan baik-baik agar tidak memengaruhi produktivitas kerja di kantor.


4. Cukup Fokus Pada Pekerjaan yang Harus Diselesaikan

Percaya tidak percaya, seseorang yang fokus terhadap pekerjaannya, mereka sangat terbebas dari drama di kantor. Hal ini terjadi karena mereka tidak punya waktu untuk membahas segala sesuatu yang di luar tanggung jawab dan pekerjaan mereka. Dengan begini bukan hanya kita terbebas dari drama kantor, akan tetapi kita juga terkesan profesional dalam pekerjaan yang kita emban. Bersikap baik dan sopan baik dengan atasan, tim, maupun rekan kerja kamu, dengan demikian kamu akan memperoleh nama baik.



41 views0 comments

Recent Posts

See All