Search

Cara Agar Kamu Cepat Mendapat Pekerjaan di Perusahaan Impian


" Sampai sekarang kita masih belum diterima kerja, apa kirim CV kita ke Headhunter saja ya?"

Sudah beberapa lama berselang setelah New Normal diberlakukan di Indonesia, dimana banyak industri yang mulai kembali menjalankan bisnisnya secara normal kembali. Dengan kembalinya industri-industri yang perlahan-lahan beroperasi secara normal, tentunya juga banyak sekali perusahaan yang mulai membutuhkan karyawan tambahan setelah beberapa bulan lalu mereka mengadakan kegiatan efisiensi karyawan secara besar-besaran. Tentunya, hal ini disambut kembali dengan antusias oleh pelamar kerja yang kemungkinan bulan-bulan lalu baru terkena juga dampak efisiensi dari perusahaan lamanya dan hendak bekerja di perusahaan yang lebih baik dan layak bagi mereka.


Tahukah kamu? Data statistik menunjukkan bahwa dari bulan Februari hingga awal Juni kemarin ada sejumlah kurang lebih 3.000.000 pekerja dan karyawan yang terpaksa di"rumahkan" karena kondisi pandemi Covid-19. Semisal kamu juga berada di antara-nya, dan apabila saat ini kamu hendak mencari pekerjaan kembali, berarti kamu harus dapat bersaing dengan jutaan pelamar kerja lainnya. Bagaimana bisa? Tenang, mungkin kami punya solusinya! Kamu bisa lakukan hal-hal di bawah ini supaya kamu bisa dapat menemukan pekerjaan lebih cepat:


A. Perbaiki dan Update CV Kamu

Ya, jelas, kamu perlu memperbaiki CV kamu. Meskipun terlihat sepele, akan tetapi CV merupakan salah satu faktor utama yang menentukan cepat/lambat kamu dapat diterima di sebuah perusahaan. Mengapa? Karena selain kamu bersaing dengan banyak pelamar kerja lainnya, CV juga merupakan sarana untuk mempromosikan diri kamu sendiri ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.


Perbaiki? Apa yang harus diperbaiki dari CV saya? Nah, coba kamu telaah kembali apakah misspelling atau typo di CV, terutama bagi kamu yang menggunakan Bahasa Inggris. Periksa juga kembali foto yang kamu lampirkan di CV, apakah sudah menarik dilihat? Ingat, kamu harus tersenyum di foto kamu, agar dapat memberikan persepsi kepada HRD perusahaan bahwa kamu benar-benar sangat antusias dengan pekerjaan yang kamu lamar.


Kemudian, apa yang harus di update dari CV saya? Coba kamu lihat di CV kamu apakah kamu sudah menuliskan seluruh perjalanan karir kamu dari awal hingga saat ini? Sudahkah kamu menuliskan deskripsi pekerjaan atau job description kamu dari tiap-tiap perusahaan dimana kamu bekerja? Jika memungkinkan, cobalah juga untuk menuliskan nama referensi seperti mantan bos kamu dan teman sekerja dulu di kantor apabila kamu merasa memiliki hubungan yang baik dengan mereka.


B. Dekati HRD di Linked-In

Jika kamu belum memiliki akun Linked-In, ada baiknya untuk membuat profil kamu juga di Linked-In. Pasalnya, selain HRD mencari karyawan lewat platform pelamar kerja, mereka juga sangat aktif di Linked-In, loh! Cobalah untuk "dekati" para HRD ini. Mendekati HRD dapat dilakukan dengan cara mengirimkan permintaan koneksi dan apabila sudah terhubung dengan mereka, jangan malu untuk bertanya kepada mereka apakah mereka memiliki lowongan pekerjaan yang sesuai dengan anda.


C. Pra Interview dan Pasca Interview

Semisal, kamu pun akhirnya dipanggil di salah satu perusahaan yang cukup terkenal, kamu harus melakukan beberapa persiapan sebelum interview seperti bangun lebih awal seperti tidak terlambat, merencanakan pakaian yang hendak akan dipakai untuk sesi interview, dan mempelajari perusahaan yang memanggil kamu untuk persiapan wawancara. Setelah interview selesai, tunggulah selama kira-kira 2 hari dan kirimkan pesan melalui e-mail, atau jika kamu memiliki nomer WhatsApp sang HRD, cobalah kamu mengucapkan terima kasih telah meluangkan waktu mereka untukmu. Hal ini penting bagi HRD bukan hanya untuk sesi ramah-tamah saja akan tetapi juga untuk mengingat kembali profil kamu, dan agar dapat lebih dipertimbangkan kembali untuk proses rekrutmen selanjutnya.


Begitulah yang mungkin dapat kamu lakukan untuk memperbesar peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Masih belum dapat pekerjaan juga? Silahkan kirimkan CV kamu ke salah satu konsultan rekruitmen kami saja ya ke alamat e-mail deni.setiayanar@kesslerrecruitment.com


Selamat berjuang semuanya, semoga bisa cepat dapat kerja, ya !


134 views0 comments

Recent Posts

See All