Search

Boss Harus Baca! Cara Sederhana Menunjukkan Apresiasi pada Karyawan


"Boss baik menunjukkan apresiasi karyawan yang mengena di hati!" -Kessler Executive Search

Apresiasi karyawan tidak harus mahal! Sekarang memang perlu cari kerja dengan bantuan Headhunter dan Recruiter, soalnya persaingan makin ketat! Tapi, banyak boss yang tidak melihat kesuilitan karyawan ini dan kurang menghargai usaha mereka dalam pekerjaan.


Baca Juga: Cara Menjadi Pemimpin Berkarisma!


Alasannya seringkali anggaran, tapi sebenarnya apresiasi karyawan itu gak selalu harus naik gaji (walau boleh banget, hehe)! Baca ya, boss! Berikut tips 5 cara sederhana menunjukkan apresiasi pada karyawan!

5 Cara Sederhana Menunjukkan Apresiasi pada Karyawan


1. Menetapkan Work From Home (Kerja Dari Rumah)

Boss yang baik harus bisa menerapkan sistem kerja dari rumah (work from home) dengan baik! Tentu sekarang semuanya begitu karena efek pandemi, tapi boss yang benar-benar baik juga bisa menerapkan hal ini di luar new normal!


Misalnya saat karyawan sakit atau ada masalah tertentu, jangan ragu untuk menerapkan sistem WFH yang fleksibel, tapi tetap tegas pada aturan.


Karyawan akan sangat menghargai saat boss tidak memaksa mereka datang ke kantor di saat sakit atau berhalangan tanpa pemotongan gaji atau jatah cuti!


2. Ajak Makan Bareng

Salah satu cara paling sederhana buat apresiasi karyawan ya ajak makan! Gak perlu ke restoran sushi atau all-you-can-eat, cukup yang sederhana dan enak (tapi jangan sembarang warteg pinggir jalan, ya).


Yang penting makanannya enak, dan kamu bisa menjalin relasi dengan para karyawan dengan santai tanpa terbatasi jabatan.


"Makanan selalu menyatukan orang, apalagi kalau ditraktir! Hehe~"

Lebih bagus lagi kalau acara makan-makan ini diadakan usai jam kantor, supaya semua bisa datang dengan baju santai dan lebih akrab!


3. Nambahin Cuti

Karyawan paham kok kalau cuti pegawai kantoran cuma sedikit, tapi sekali-kali nambahin boleh kan?


Banyak black company yang berusaha supaya 95% dari hari karyawan dalam setahun dipakai untuk ngantor, bahkan maksa karyawan pakai jatah cuti (yang sedikit) untuk gantiin hari sakit atau berhalangan.


Coba kamu lakukan sebaliknya: nambah jatah cuti untuk keperluan khusus! Mungkin saat sakit keras atau ada krisis mendadak (kecelakaan, dsb), kamu tidak memotong dari jatah cuti tapi justru memberi jatah libur gratis untuk kejadian itu!


Bukannya manjain, tapi ini bentuk kepedulian atau apresiasi karyawan yang sangat menyentuh!


4. Jadi Pendengar yang Baik

Kadang masalah karyawan itu bukan soal gaji, tapi sosial. Mungkin karyawan murung itu ada masalah di rumah, bertengkar dengan rekan kerja atau manajer, mungkin juga takut sama boss (kamu)!


Ajaklah ngobrol santai di jam makan siang atau usai pulang kantor. Jangan di ruanganmu ya (bawaannya tegang), tapi di kafe atau restoran tanpa karyawan lain untuk berbagi cerita (gak perlu traktir, tapi dianjurkan!).


Mungkin terdengar sepele, tapi karyawan akan menghargai waktu yang kamu habiskan untuk membantu atau sekedar mendengar curhatnya. Kamu 100% akan dianggap sebagai boss baik budiman!


5. Selalu Ucapkan “Terima Kasih!”

Hal ini sering dilupakan karena sudah biasa, tapi penting! Ucapkan “Terima kasih!” pada karyawan kamu dengan nada yang sungguh-sungguh, tapi tidak berlebihan atau teriak.


Tidak perlu setiap kali, ingatkan saja untuk berterima kasih 4-5 kali seminggu pada setiap karyawanmu di waktu berbeda. Walau simpel, ini bentuk apresiasi yang terus mengingatkan karyawan bahwa mereka dihargai!


…EITS. Jangan keasyikan bilang terima kasih sampai gak mau naikkin gaji atau ngasih bonus, ya!

Sekian cara sederhana menunjukkan apresiasi pada karyawan yang boss wajib baca! Karyawan itu aset berharga yang harus dijaga baik, seperti anak dalam keluarga!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja yang menghargai karyawan! Selalu ingat untuk tersenyum saat kerja~


Sumber: jadikaryawan.com, digitalentrepreneur.id

95 views0 comments

Recent Posts

See All