Search

Resign Sebelum dapat Pekerjaan Baru, Boleh Gak Ya?

Updated: Apr 14, 2020


Pusing...!

Banyak banget alasan buat resign dan cari kerjaan baru. Tapi boleh gak sih, resign padahal belum dapat pekerjaan baru? Seringkali orang gak berpikir dua kali buat resign, tapi lupa kalau HRD itu kurang suka (benci) sama pelamar kerja yang main berhenti begitu aja. Lantas gimana dong? Memang, banyak situasi yang memaksa kita berhenti kerja PADAHAL kita belum belum punya rencana mau kerja di mana ke depannya! Banyak banget orang yang kurang sensitif soal masalah ini dan asal menuduh kita malas kerja atau payah, seperti Headhunter, HRD, dan lain-lain. Padahal alasan kita berhenti cendurung masuk akal, mulai dari lingkungan kerja yang toxic, bos pemarah, politik kantor, budaya kerja yang gak cocok, gaji kecil, masalah keluarga, dll. Masalah yang datang tiba-tiba dan membuat kita bahkan gak sempat berpikir soal masa depan!


Apa berarti kita gak boleh berhenti kerja kalau belum dapat pekerjaan baru? Gak, boleh kok! Oh, berarti bebas resign biar belum dapat gantinya dong? ENGGAK GITU JUGA. Banyak faktor yang bisa bikin keputusan kamu buat berhenti kerja lebih awal ini jadi benar atau salah. Tenang, kami akan bantu. Sebelum nyerahin surat pengunduran diri ke HRD, baca dulu poin-poin penting di bawah ini. Setelah itu baru putuskan apa kamu mau berhenti kerja sekarang atau nunggu dapat kerjaan baru dulu.


Alasan Berhentinya Apa?

Nah, kamu kenapa mau berhenti? Bukan karena sekedar kesal sama si bos atau si anak baru kan? Pastikan kamu punya alasan kuat dan jangan terbawa emosi sesaat, supaya gak menyesal nantinya.


Urusan Udah Beres Belum?

Kalau mau berhenti, pastikan urusan sudah beres. Waktunya harus tepat, jangan sampai kamu berhenti pas lagi banyak kerjaan, apalagi bagianmu belum selesai. Mungkin udah hampir waktunya dapat THR…? Jangan buru-buru, pastikan berhenti saat ada semua sudah beres agar kesan kamu baik untuk cari kerja berikutnya.


Resikonya Apa Aja?

Resign sebelum dapat pekerjaan baru tuh boleh-boleh aja kok sebenarnya. Gak mustahil setelah kamu berhenti kamu bakal dapat karir yang lebih sukses di perusahaan lain. TAPI, kenali resikonya. Ingat, saat nanti kamu mencari pekerjaan baru, kamu gak ada penghasilan! Apa duit di rekening masih cukup untuk biaya hidup 3 bulan ke depan? Apa kamu punya anak yang masih sekolah? Pastikan dulu semua resiko yang ada sebelum menulis surat pengunduran diri.


Tetap Positif!

Sebut saja kamu sudah berhenti kerja sekarang. Jangan cemberut atau depresi! Memang cari kerja itu susah, tapi bersikaplah positif. Ini kan pilihan kamu sendiri, jadi jangan disesali. Waktu lowong sebelum dapat kerjaan baru ini justru kesempatan buat mencoba hal-hal baru. Jadi banyakin senyum supaya rejeki gak pada lari!


Kesimpulannya, resign sebelum dapat pekerjaan baru itu bisa baik atau buruk tergantung dari tindakan dan sikap kamu. Jangan buru-buru, pikirkan baik-baik kapan kamu harus berhenti. …Apa, kamu sudah keburu berhenti kerja dan belum dapat yang baru? Tenang, kirimkan CV dan resume kamu ke kita. Kami akan bantu kamu cari kerja! Kami tunggu ya, job seekers~


Sumber: cnbc.com,forbes.com

66 views0 comments

Recent Posts

See All