Search

Berbagai Inovasi Pengusaha Untuk Survive Di Tengah Pandemi Covid-19


" Headhunter dan Recruiter juga melakukan inovasi loh, antara lain dengan interview secara online"


Pandemi Covid-19 selain meresahkan dunia, ternyata juga membuat sektor perekonomian juga menjadi sangat terpuruk! Semua pihak telah dirugikan karena adanya pandemi Covid-19 ini. Hal ini juga berlaku bagi sebagian besar owner perusahaan, entrepreneur, dan investor. Penghasilan mereka selama Covid-19 sangat anjlok, dan tidak sedikit dari mereka yang harus gulung tikar alias menutup usahanya.


Dalam situasi yang sangat tidak menentu saat ini,owner perusahaan harus benar-benar memutar otak agar tetap bisa bertahan. Mereka juga dipaksa untuk melakukan sejumlah perubahan inovasi, setidaknya untuk bertahan hingga pandemi Covid-19 ini bisa berakhir. Berikut contoh inovasi yang mereka kembangkan sendiri:


A.Frozen Food (Makanan Beku)

Semua gerai resto dan pusat kuliner ditutup sementara semasa pandemi ini. Jika pengelola resto dan pihak kuliner tidak melakukan inovasi dan perubahan, sudah bisa dipastikan mereka tidak bisa bertahan. Mereka memulai inovasi dengan cara menjual makanan beku dan siap saji, jadi pelanggan tetap dapat menikmati makanan mereka tanpa harus makan di tempat.


Keuntungan dari metode ini bagi pemilik bisnis adalah mereka hanya perlu menggunakan sedikit tenaga koki atau juru masak, dan mereka pun tetap dapat menghemat biaya pengeluaran untuk hal itu. Sedangkan keuntungan bagi pelanggan adalah mereka tetap dapat menikmati menu hidangan resto gerai kesukaan mereka dan karena sifatnya frozen food jadi dapat digunakan kapan saja asal tidak melewati tanggal kadaluarsa.


B. Home Auto Service ( Jasa Servis Di Rumah Saja)

Semua bisnis dan tempat umum ditutup, tidak terkecuali usaha bengkel dan servis kendaraan. Dalam hal ini pengelola industri terpaksa melakukan inovasi dengan melakukan jasa servis kendaraan di rumah saja. Mereka mengirimkan teknisi dan mekanik langsung ke rumah pelanggannya, tentunya juga mereka membawa alat dan perkakas sendiri yang dibutuhkan. Keuntungan dari metode bagi pihak owner usaha adalah bisnis akan tetap berjalan seperti biasa dan dari pihak pelanggan tidak perlu untuk susah payah untuk datang ke bengkel, dan mereka hanya cukup menunggu saja.


C. Virtual Music Concert (Konser Musik Virtual)

Bukan hanya tempat usaha dan lokasi bisnis saja yang rentan akan penyebaran Virus Covid-19, akan tetapi terlebih penting adalah tempat publik dan kerumunan massa. Hal ini membuat pengelola konser musik harus merubah cara agar bisnis mereka tetap dapat beroperasi, salah satunya dengan mengadakan konser musik secara virtual. Sebagai contoh, platform digital vidio.com berkolaborasi dengan Resso untuk menggelar virtual concert yang menampilkan Raisa, Ran, dan musisi lokal lainnya. Contoh lainnya adalah Global Citizen yang menggalang dana melalui virtual concert juga bertajuk One World : Together at Home yang menampilkan musisi top dunia, mulai dari Rolling Stone sampai dengan Billie Eilish.


D. Virtual Tourism (Pariwisata Secara Virtual)

Salah satu sektor industri yang paling terpukul akibat dampak Covid-19 adalah sektor dan industri pariwisata. Semua destinasi wisata tutup dan sepi pengunjung karena adanya social distancing yang diterapkan oleh pemerintah. Maka, peranan inovasi teknologi sangat membantu industri dan sektor pariwisata bertahan di masa krisis. Sebagai contoh inovasi yang dilakukan oleh Vietnam dengan meluncurkan fitur 360 degrees heritage site untuk melihat berbagai situs bersejarah Vietnam secara virtual. Selain itu, Faroe Island yang berlokasi di Denmark juga bekerja sama dengan Forget Drones dari Amazon dengan fitur yang diluncurkannya layanan online virtual tour.


Keindahan pulau yang kini diisolasi karena pandemi itu bisa dilihat secara landscape camera-viewing yang dilengkapi dengan voice guide.Virtual tour yang ditopang teknologivirtual reality (VR) akan menjadi mainstream di industri pariwisata mengingat self-distancing akan menjadi kenormalan baru. Masyarakat akan selalu menghindari kontak fisik dan kerumunan. Digital experience melalui teknologi VR akan menjadi alternatif yang menjanjikan,


Nah, sebenarnya masih banyak sekali inovasi yang dikembangkan para pelaku usaha dan owner dalam strategi inovasinya untuk tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19 ini. Apakah kamu mau menambahkan? Yuk, kita diskusi di kolom komentar !

59 views0 comments

Recent Posts

See All