Search

Belum Dapat Kerja? Mungkin Ini Alasannya


"Headhunter dan Recruiter tahu sulitnya cari kerja."

Kok aku belum dapat kerja juga!? Salam friends, masih rajin cari kerja? Ya, ya, pasti banyak dari kalian yang masih belum dapat kerja (kalaupun dapat, cuma part-time atau gaji minim) meski sudah minta jasa Headhunter dan Recruiter. Sebenarnya apa yang salah?


Baca Juga: Kerja Hal Yang DIsukai! Boleh gak, sih?


Mungkin saja penyebabnya sederhana, tapi kamu belum menyadarinya. Coba periksa kemungkinan alasan kamu belum dapat kerja di daftar ini!

Belum Dapat Kerja? Mungkin Ini Alasannya


Kurang Koneksi

Cari kerja itu memang sulit, dan kadang gak cukup dengan mengirim CV ke banyak perusahaan. Seringkali lamaran rekomendasi dari karyawan atau kenalan boss atau atasan perusahaan itulah yang jadi prioritas, sementara punyamu masih dalam tumpukan.


Jadi kamu harus punya banyak koneksi! Eit, bukan maksudnya main belakang ya. Cobalah menjalin relasi dengan banyak orang di dunia kerja, baik offline maupun offline.


Kali saja salah satunya bisa menawarimu pekerjaan. Kalau lowongan didiapat dari cara ini, kemungkinan diterimanya jauh lebih tinggi!


Kurang Proaktif

Mungkin kamu sudah rajin mengirim CV dan membangun koneksi bisnis, tapi bagaimana dengan skill? Mungkin saja skillmu sekarang tidak memadai untuk posisi yang kamu lamar.


Memang belajar skill baru atau meningkatkan skill yang kamu punya sekarang gak mudah, tapi tidak ada salahnya dicoba kan? Ini kesempatan, mumpung kamu ada banyak waktu karena belum dapat kerja.


Kurang Senyum

Di masa krisis eknomi sekarang ini memang susah buat senyum, apalagi mengingat sumber pemasukan yang kayaknya makin hari makin sulit didapat. Belum lagi masalah kesehatan dan aturan baru lainnya; ada aja yang bikin pusing!


Meski begitu, jangan sampai wajahmu terlihat murung atau cemberut saat akan interview kerja! Kalau HRD melihat sikapmu yang begitu, bisa langsung gak lulus!


Tapi bukan berarti harus memaksa diri senyum atau terlihat bahagia terus, ya. Setidaknya cobalah untuk rileks sebelum hari H interview supaya bisa bersikap positif di hadapan HRD.


Kurang Beruntung

Banyak usaha yang kamu lakukan untuk meningkatkan kemungkinan dapat kerja, mulai dari belajar skill baru, minta bantuan koneksi, bersikpa positif, dan lain sebagainya.


Tapi saat gagal setelah semua itu, mudah sekali untuk merasa frustasi. Kita semua sering lupa: tidak ada namanya 100% kemungkinan sukses, termasuk di dunia kerja!


Walau kamu sudah berusaha setengah mati, kemungkinan berhasil mentok di 99%. Kalau kamu memang belum beruntung, 1% kemungkinan gagal itu bisa saja terjadi!


Yang penting adalah cara kita menyikapinya! Memang sedih kalau gak diterima, tapi terimalah dengan lapang dada. Bersedih boleh saja, tapi ingat bahwa nanti pasti ada kesempatan lagi.


Kurang Berdoa

Seperti jodoh di tangan Tuhan, soal kamu dapat kerja atau engga juga tergantung yang di atas! Yah, tentu kamu tetap harus usaha, tapi berdoalah juga biar lebih tenang!


Bukan masalah kepercayaan atau apa, tapi dengan berdoa kita bisa lebih mensyukuri apa yang kita punya dalam hidup dan bersikap tegar. Itulah sikap yang banyak dicari HRD dan perusahaan di luar sana!

Sekian alasan kenapa kamu belum dapat kerja! Banyak faktor lain dalam pencarian kerja yang tentu tak bisa ditulis di sini, tapi satu hal yang terpenting adalah pantang menyerah!


Ingin cari kerja dengan tingkat keberhasilan lebih tinggi? Hubungi Kessler Executive Search dengan menyiapkan CV dan Resume terbaik kamu!


Sumber: popbela.com

99 views0 comments

Recent Posts

See All