Search

Awas! 5 Tanda Kamu Dimanfaatkan Teman Kantor


"Awas, tipe karyawan curang kayak gini paling dibenci Recruiter!"

Apa temanmu di kantor manfaatin kamu? Apa kabarnya, para pekerja dan pencari kerja? Masih sibuk kerjain tugas dan cari kerja kan (pakai bantuan Headhunter dan Recruiter tentunya)? Salah satu cara mempermudah pekerjaanmu adalah saling membantu dengan teman kantor, tapi ada kalanya kamu malah dimanfaatkan!


Baca Juga: Teman Positif Tapi Toxic?


Mungkin kamu merasa serba salah ya, soalnya gak tahu pasti apa rekan kerjamu beneran butuh bantuan atau cuma manfaatin kamu. Tenang, kami ada solusinya dalam artikel ini: 5 tanda kamu dimanfaatkan teman kantor!

5 Tanda Kamu Dimanfaatkan Teman Kantor


Sering PDKT

Apa ada teman kalian di kantor yang ‘sangat ramah’? Selalu mendekati dan menyapamu duluan, bahkan sebelum kalian kenal baik? Mungkin ini orang yang bersahabat dan ramah…


TAPI, apa setelahnya mereka sering mendatangi untuk minta bantuan? Lalu kamu sulit menolak karena sebelumnya di baik sama kamu? Nah! Ini berarti kamu dimanfaatkan!


Jangan sampai tertipu atau merasa bersalah; tinggalin aja teman kantor macam ini!


Sering ‘Diarahkan’

Apa teman kerja kamu itu suka mengajak kamu ikut suatu kegiatan? Masukin namamu ke proyek a, b, c tanpa bilang-bilang dulu? Karena seru kalau bareng? Karena kalian teman baik?


Bohong; kamu cuma dimanfaatkan agar selalu membantu dia untuk hal apapun. Teman yang sebenarnya akan bertanya dulu karena menghargai waktumu, bukan seenaknya mutusin sendiri.


Oper Tanggung Jawab

Tanda teman ‘parasit’ di kantor ya sering minta bantuan kamu. Kalaupun jarang, begitu minta bantuan sekali dua kali pasti untuk tugas yang dia benci!


Dia akan ‘minta bantuan’ untuk ‘tugas gampang’ ke kamu, tapi di tengah jalan dia sibuk sendiri atau menghilang. Kamu jadi kerjain semua sendiri, deh. Begitu balik dia punya 1000 alasan atau ngasih kamu makan gratis sebagai ‘suap’.


Merasa gak asing? Yap, kayak kerja kelompok di seolah atau universitas (minus makanan gratisnya). Memang sulit mengenali tanda dari pola yang satu ini, tapi sekali kena jangan mau lagi!


Selalu ‘Berkorban’

Mirip dengan pola di atas, di mana entah bagaimana kamu harus ‘berkorban’ untuk dia. Mungkin gantiin dia jaga kantor untuk tugas malam, mungkin ganti kerjain tugas dia karena darurat, mungkin gantikan dia pergi ke mana sebagai tugas dari boss, dsb.


Pokoknya tanpa sadar kamu selalu membantu menutupi kesalahan dia, serasa jadi… jongos. Walah, meskipun dia jabatannya lebih tinggi, ini bukan hubungan kerja yang sehat!


Cobalah tolak, lalu lihat reaksinya. Kalau dia marah atau tetap bersikeras minta bantuan, sudah jelas dia itu teman parasit!


Dompet Menipis

Mirip dengan contoh lainnya di atas, tapi soal duit. Mungkin kamu gak sering bantuin dia atau apa, tapi setiap kali kamu kerja atau hangout bareng… dompet cepat kosong.


Oh, dia gak mencuri kok. Hanya, secara gak sadar kamu selalu bayarin dia untuk banyak hal, mulai dari traktir kopi, makan siang, fotokopi, map, dsb pas lagi hangout atau kerja bareng.


Yap, anda sudah dimanfaatkan sebagai dompet kedua! Karena di awalnya untuk hal remeh seperti secangkir the atau kopi, kamu gak sadar. Sedikit-sedikit biayanya makin mahal dan… BAM! Kismin.

Itulah 5 tanda kamu dimanfaatkan teman kantor! Karir itu persaingan, jadi jangan mau dijadiin batu loncatan secara sepihak!


Kirim CV dan Resume ke Kessler Executive Search untuk lowongan kerja yang banyak manfaat nyatanya, bukan manfaatin. Jangan sampai tergoda teman palsu di jejak karir kamu!


Sumber: tribunnews.com

129 views0 comments

Recent Posts

See All