Search

Apa Karyawan Magang Perlu Dibayar?


"Kessler akan membantu kamu mendapat posisi karyawan magang yang bermanfaat!"

Karyawan magang perlu dibayar gak, sih? Buat kamu yang sibuk cari kerja pakai jasa Headhunter atau Recruiter, mungkin ada baiknya coba menjadi anak magang. Ya, memang kayak masa probation yang gak jadi karyawan penuh, tapi pengalaman yang didapat sangat penting!


Apa? Karyawan magang gak dibayar, jadi itu buang-buang waktu? Eits, jangan salah! Simak fakta apa anak magang perlu dibayar atau enggak di bawah…

Apa Karyawan Magang Perlu Dibayar?


Anak Magang Juga Karyawan

Apa anak magang perlu dibayar…? YA! Anak magang perlu- bukan, WAJIB dibayar oleh perusahaan yang memperkerjakan mereka!


Magang atau tetap, mereka tetap karyawan yang bekerja untuk perusahaan dan pantas diberi kompensasi gaji untuk itu.


Entah mahasiswa atau fresh graduate, selama mereka bekerja dengan benar, gaji itu wajib!


Gaji Lebih Rendah, Tapi Dibayar

Nah, melengkapi poin di atas sebelumnya: gaji itu perlu diberikan pada karyawan magang! …Hanya saja, jumlah gaji yang diterima tentu lebih sedikit dari karyawan kontrak.


Perusahaan sering berargumen bahwa kerjaan anak magang itu sedikit, jadi mereka boleh-boleh saja gak digaji. Argumen seperti ini sebenarnya setengah benar dan setengah salah.


Setengah benar, karena wajar kalau beban karyawan magang yang lebih kecil membuatnya kurang pantas digaji seperti karyawan tetap.


Setengah salah, karena pekerjaan yang kecil pun berhak digaji dengan layak. Kompromi keduanya? Gaji karyawan magang, tapi dengan jumlah lebih sedikit!


Umumnya gaji karyawan magang kurang dari setengah gaji penuh karyawan tetap; karena selain beban kerja yang lebih sedikit, jangka waktu mereka bekerja juga hanya beberapa bulan.


Hak dan Fasilitas Sama Dengan Karyawan Tetap

Selain gaji, karyawan magang juga berhak memakai fasilitas dan hak karyawan pada umumnya, sama dengan pekerja lain.


Baik itu fasilitas kantin, toilet, alat tulis, ruang rapat, meja kerja, peralatan berat, dsb, anak magang punya hak yang sama dengan karyawan lain untuk memakainya.


Selama kamu memakai fasilitas dan hak yang ada untuk bekerja dengan benar, boss sekalipun tidak berhak melarang!


Tergantung Kesepakatan Kontrak

Setelah membaca sejauh ini, mungkin kamu bertanya-tanya: “Aku dulu magang gak dibayar, katanya sudah normanya.” Atau, “Temanku juga gak dibayar, paling uang transport.” Dsb, dsb.


Tidak salah, kok. Kenyataannya, masih banyak perusahaan yang tidak memberi gaji untuk anak magang di zaman sekarang. TAPI, itu biasanya tergantung kesepakatan kontrak!


Berbeda dengan zaman dulu di mana anak magang kerja tanpa dibayar untuk jangka waktu yang tidak ditentukan; sekarang kerja magang memakai surat kontrak.


Di dalam perjanjian tersebut, ada kesepakatan atas gaji, hak, fasilitas, dll yang akan kamu terima saat bekerja magang di perusahaan tersebut. Kalau ada yang kurang jelas, tanyalah!


Baca Juga: Kerja Sambil Kuliah? Boleh...


Umumnya perusahaan yang tidak memberi gaji pun, minimal memberi uang transport berjumlah standar untuk tiap anak magang. Atau, mereka memberikan kompensasi lain seperti makan siang gratis.


Yang penting, semua itu ada di kontrak! Kalau kamu tidak setuju, jangan tanda tangan dan minta ubah. Kalau tidak bisa, carilah tempat magang lain.


Patuhi Peraturan!

Semua kewajiban untuk memebri kompensasi layak di atas itu tergantung pada perilakumu selama periode kerja magang.


Kalau sikapmu tidak sopan atau melanggar aturan, perusahaan berhak untuk tidak memberi gaji atau malah langsung memberhentikanmu! Kamu punya hak, tapi jangan sombong ya.

Sekian fakta gaji anak magang! Walau magang itu untuk cari pengalaman, bukan berarti tidak memberi kompensasi apa-apa itu baik!


Cari kerja magang? Kessler Executive Search siap membantu awal karir barumu di situs kami!


Sumber: kumparan.com

131 views0 comments

Recent Posts

See All