Search

Apa Itu Program Management Trainee?


"Kalau diberi pelatihan gini oleh HRD dan Recruiter, jangan disia-siakan!"

Program pelatihan karyawan… apaan tuh? Masih semangat di periode awal tahun baru, jobseekers? Baik cari kerja atau kerja, tetap rajin, ya! Memang di era digital dan work from home ini segala sesuatunya jadi rumit (video call, zoom meeting, dsb), tapi jangan menyerah! Buat kamu yang fresh graduate pun jangan cemas, karena ada program management trainee!


Eh? Gak tau program management trainee itu apa? Tenang, di sini Kessler selaku Headhunter nomor 1 di Jakarta akan jelasin secara lengkap buat kamu! Yuk, mulai dari bawah…

Apa Itu Program Management Trainee?


Pengertian

Management Trainee adalah program pelatihan karyawan baru, di mana mereka diberikan arahan dan wawasan tentang segala profil perusahaan.


Para karyawan atau pegawai ini akan diajari secara singkat tapi padat tentang asal usul perusahaan, visi dan misi, cara kerja, aturan, koneksi, dsb. Pokoknya, semua hal untuk membuatmu dapat bekerja maksimal!


Tentu secara prakteknya, tidak semua perusahaan menetapkan program MT (Management Trainee) ini. Karena alasan waktu dan biaya, seringkali karyawan baru langsung bekerja dengan arahan seadanya.


Walau ini membuat mereka lebih mandiri, resiko di mana para karyawan baru stress kerja dan resign dini juga tinggi. Pastikan kalau perusahaanmu (atau perusahaan yang kamu lamar) punya dana dan tenaga cukup untuk melakukannya, atau ini hanya akan membuang waktu.


Masa Pelatihan vs Masa Percobaan

Di sebagian besar perusahaan program MT ini disebut sebagai ‘masa pelatihan’ yang jangka waktunya berlangsung mulai dari 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan 1 tahun.


Namun jangan disalahartikan: program MT itu TIDAK SAMA dengan ‘masa percobaan’ yang umumnya juga berkisar selama 3 bulan.


Program MT itu pelatihan di mana semua karyawan baru dilatih dalam aneka tes dan latihan tertentu, yang tentu belum memasuki masa kerja mereka sebenarnya.


Sementara masa percobaan hanyalah periode waktu sebagai ‘karyawan sementara’ sebelum jadi bagian tetap perusahaan (umumnya kontrak). Karyawan baru bekerja biasa sebagaimana karyawan tetap, hanya saja dibatasi dan tidak dimbimbing secara khusus.


Sebagian besar perusahaan hanya memakai masa percobaan, karena program MT memakai biaya yang tidak sedikit.


Tapi akibatnya, kualitas karyawan yang mereka terima pun bergantung pada setiap individu karyawan baru yang ada… dengan kata lain: keberuntungan! Kayak gacha aja, ampas mulu.


Psst, ada artikel: "HRD tuh maunya apa???" kata Fresh Graduate


Standarisasi

Walau ada perusahaan yang memakai program MT untuk memastikan semua karyawan baru bisa bekerja maksimal dengan standar operasional yang ada, bukan berarti mereka terima siapa saja.


Kualifikasi bagi karyawan baru untuk diterima di perusahaan yang menetapkan program MT, umumnya lebih sulit. IPK minimal 3, kemampuan bahasa Inggris mendekati fasih, punya keahlian khusus non-akademik, dll.


Ini supaya perusahaan tidak membuang waktu dan tenaga untuk para pelamar kerja serta fresh graduate yang tidak serius atau kurang berprestasi. Kedengaran kejam, tapi masih adil dan masuk akal kok.


Karena kualifikasi tinggi ini, umumnya program MT hanya dibuka untuk posisi manajer, manajer eksekutif, dan posisi tinggi lainnya dengan gaji wow.


Manfaat Program Management Trainee

Setelah paham pengertian dan seluk beluk MT, apa aja sih manfaatnya? Lihat yuk…

- Karyawan mudah beradaptasi dengan lingkungan perusahaan

- Karyawan segera punya skill lengkap yang dibutuhkan perusahaan

- Karyawan langsung memahami standar operasional yang berlaku

- Lebih efisien dibanding evaluasi tahun karyawan

- Produktivitas perusahaan meningkat

Sekian pengertian program Management Trainee! Pelatihan ini mungkin ribet, tapi itu tanda kalau perusahaan hanya ingin yang terbaik– kamu!


Cari kerja jangan bingung! Situs Kessler Executive Search punya banyak fungsi untuk membantumu!


Sumber: kembar.pro

42 views0 comments

Recent Posts

See All