Search

Apa Aplikasi Zoom Berbahaya untuk Bisnis Anda?



Headhunter akan berpikir 2 kali sebelum menyarankan aplikasi ini

Apa aplikasi Zoom berbahaya untuk bisnis!? Sekarang di tahun 2020 ini, dunia gempar karena wabah virus Corona yang memaksa orang tinggal di rumah aja. Wabah Covid-19 ini menyebar ke seluruh dunia dengan cepat, yang membuat sektor sosial dan ekonomi dunia lumpuh! Aturan baru dari pemerintah tentang PSBB dan Social Distancing memaksa orang-orang jadi di rumah aja demi kesehatan masing-masing. Nasib karyawan gimana, dong? Untungnya ada alternatif: sistem kerja dari rumah (work from home atau WFH) dan rotasi shift. Rotasi shift itu maksudnya membagi karyawan ke beberapa kelompok yang nantinya akan bergantian jagain kantor, sementara sisanya kerja dari rumah. Nah, sistem ‘kerja dari rumah’ (WFH) ini lebih efisien, yakni semua karyawan termasuk HRD cukup kerja online lewat laptop atau komputer! Selama setiap karyawan diajari cara pakai aplikasi video, messaging, dan program kerja lainnya, bisnis bisa tetap jalan! Salah satu aplikasi video paling populer di kalangan perusahaan saat ini adalah Zoom, tapi gosipnya program ini bahaya buat bisnis! Bener gak, ya?


Program Zoom ini digarap oleh Eric Yuan di Amerika, yang ternyata sudah terbukti gak aman dan dilarang dipakai oleh banyak perusahaan, terutama di masa karantina Covid-19! HRD, Headhunter, dan perekrut harus waspada agar program yang bisa membocorkan informasi keuangan ini tidak dipakai Boss ataupun karyawan!


Lindungi karir kita dan tetap produktif di meeting bisnis dengan membaca fakta tentang aplikasi Zoom berikut!


Video Gak Terlindungi, Gampang Dihack

Umumnya kalau kita pakai video call untuk rapat kantor atau chatting bareng temen, sinyal videonya di-enkripsi atau dilindungi biar gak diintip orang. Tapi Zoom tidak! Kalau video call pakai Zoom, sinyalnya gampang dihack untuk diintip!


Sudah ada kasus di Singapura, di mana seorang hacker masuk ke video call kelas sekolah dan menampilkan gambar tak senonoh. Parah!


Alamat E-Mail dan Foto Bocor

Sudah ada ribuan kasus di mana alamat e-mail dan foto pribadi pengguna Zoom diambil orang asing. Ada kesalahan program di fitur Zoom: Company Directory. Harusnya buat merapikan alamat e-mail karyawan, tapi orang lain termasuk! Gimana, toh?


Penyusup Video Pribadi

Mirip kasus pertama, aplikasi Zoom versi Apple dan iOS bisa dimasuki orang asing dengan mudah pas video call! Meskipun kamu cuma chatting sama 1 orang dan setting videonya ke pribadi (bukan grup), tapi tetap gampang dibobol sama orang kepo!


Data Analitis Bocor Ke Facebook

Banyak juga data analitis pengguna Zoom (website favorit, kata kunci search, password, dll), yang bisa tahu-tahu bocor dan dibagikan ke Facebook. …Walau kamu gak punya akun Facebook sekalipun! Apaan, nih?


Attention Tracking yang Menyebalkan

Zoom punya fitur ‘sok elit’ yang cuma menguntungkan Boss dan host video call: attention tracking! Kalau kamu buka tab web lain selama 30 detik saja, ada peringatan dan kamu jadi kena semprot Boss atau si empunya video call. Gak banget!


Kebijakan Kontroversial

Zoom punya kebijakan yang membuatnya bisa menyimpan semua data video, audio, dll selama video call! Gampang disalahgunakan banget, tuh! Untungnya sekarang sudah dianulir.


Demikian poin penting yang kami kumpulkan soal bahaya aplikasi Zoom! Mungkin sekarang sudah diperbaiki, tapi jangan ambil resiko! Lebih baik cari jenjang karir baru dengan layanan Headhunter, HRD, dan Recruiter yang bisa dipercaya, seperti Kessler Executive Search! Tetap produktif rapat dan kerja dari rumah ya, teman-teman!


Sumber: kompas.com

49 views0 comments

Recent Posts

See All