Search

Alasan Kandidat Menolak Tawaran Perusahaan


"Ini cuma contoh! Kamu harus punya alasan bagus untuk menolak tawaran kerja HRD yang kurang baik."

Kandidat bisa menolak tawaran kerja! Selamat akhir tahun, para pembaca setia Kessler! Walau semua orang masih sibuk kerja dan cari kerja, tak ada salahnya kita istirahat sejenak dan melihat berbagai hal dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya saja… kemungkinan kalau kandidat akan menolak tawaran kerja!


Ya, di zaman susah sekarang semuanya mati-matian cari kerja dengan bantuan jasa Headhunter dan Recruiter. Tapi, bukan berarti begitu dipanggil mereka akan langsung terima kerja begitu saja.


Sekalipun ekonomi sedang sulit, ada alasan kuat kenapa para pelamar kerja tidak boleh sembarang terima tawaran kerja yang diajukan perusahaan, meski itu dilamarknya sendiri.


Apa saja alasan kandidat menolak rekrutmen perusahaan, bahkan di masa pandemi begini? Kita simak…

Alasan Kandidat Menolak Tawaran Perusahaan


1. Waktu Respon Lama / Lambat

Salah satu hal terburuk yang bisa dilakukan HRD adalah mengacaukan proses interview kerja.


Iya, para calon karyawan dan fresh graduate butuh kerja, butuh banget malah. Tapi bukan berarti hak mereka sebagai pekerja bisa diabaikan sebelum kamu meng-hire mereka.


Salah satu kesalahan fatal yang bisa dilakukan HRD dan staff divisi rekrutmen perusahaan adalah lambat merespon lamaran kerja.


Sekalipun ada ribuan pelamar kerja, tetap ada batas waktu untuk mengabari mereka tentang proses test dan interview (umumnya 2 minggu). Kalau tidak ada kabar apapun setelah 3 minggu atau sebulan lebih, pelamar akan menganggap dirinya gagal dan move on ke lamaran kerja lain.


Ya, kalau ternyata kamu masih butuh kandidat dan terpaksa menghubungi pelamar yang kamu abaikan sebelumnya… dijamin 100% mereka tidak akan antusias menanggapi undanganmu.


2. Review Perusahaan Buruk

Kesan perusahaan yang baik penting bagi pelamar untuk mempertimbangkan sasaran tempat kerja yang mereka incar. Kalau review perusahaanmu di media sosial, situs pencari kerja, dsb kurang baik, para kandidat akan menjauh.


Sekalipun kamu mengundang, mereka tidak akan berharap banyak atau menjadikan tawaranmu sebagai cadangan. Lebih parahnya, mereka akan dengan entengnya mengundurkan diri di tengah-tengah tahapan interview, yang membuang waktu dan biaya perusahaan.


Kamu tidak bisa menyalahkan mereka, karena imej perusahaan itu sangat berpengaruh!


3. Kesan Buruk Saat Interview

Hal lain yang bisa dilakukan HRD untuk membuat kandidat mundur adalah memberi kesan buruk saat tes atau interview. Baik sengaja atau tidak, pelamar akan menolak tawaran kalau diperlakukan kurang baik.


Hal-hal kecil seperti muka masam para karyawan yang berpapasan, raut muka dan kata-kata HRD yang tidak bersahabat, struktur tes yang tidak teratur (kurang meja, waktu mepet, dsb), dll akan membuat kandidat berpikir dua kali.


Baca Juga: HRD Juga Punya Masalah...?


Sekalipun dia diterima nanti, kemungkinan besar mereka akan minta waktu memutuskan atau langsung menolak. Toh kalau 1-2 jam pertama di perusahaanmu mereka lalui dengan rasa takut, bagaimana seterusnya?


4. Budaya Kerja Tidak Cocok

Hal lain yang sebenarnya bukan salah perusahaan, adalah budaya kerja yang tidak cocok dengan kandidat. Budaya perusahaan tergantung kebijakan atasan, jadi tentu tidak bisa diubah begitu saja.


Karena itu, penting untuk mencantumkan deskripsi budaya perusahaan di iklan lowongan kerja yang kamu sebarkan di internet. Terlebih kalau budaya itu tidak umum (pakaian kasual, makan siang gratis, dsb).


Ini supaya para pelamar tidak kaget saat interview, dan sekaligus mengurangi jumlah kandidat yang tidak cocok dengan budaya perusahaanmu sejak awal.


Kalau kandidat masih kaget soal itu nanti, berarti dia tidak membaca iklan lowongan kerja dengan teliti!


5. Gaji Tidak Memuaskan

Ini gak perlu disebut lagi ya. Kalau dari awal negosiasi gaji HRD terlalu menekan kandidat untuk mendapat gaji rendah, otomatis mereka nyerah duluan dan lebih milih cari kerja baru. Terbukti 100%!

Sekian alasan kandidat menolak tawaran perusahaan! HRD jangan keburu nafsu, terus fresh graduate juga jangan main tanda tangan kontrak ya. Semua harus seimbang!


Kamu kesulitan hire orang? Segera hubungi Kessler Executive Search sekarang!


Sumber: jojonomic.com

233 views0 comments

Recent Posts

See All