Search

8 Tanda Kamu Stress Kerja dan Butuh Liburan


"Kalau dulu aku terima tawaran kerja dari Headhunter, pasti gak begini."

Pas lagi kerja, kamu mesti tahu kapan saatnya liburan! Lho, kok? Bekerja sebagai pegawai di suatu perusahaan atau jadi boss yang punya usaha sendiri itu sudah wajib. Toh, setiap orang butuh pemasukan untuk biaya hidup sehari-hari. Tapi mau gaji setinggi apapun pastinya nanti kamu akan merasa capek kerja. Kamu bakal merasakan stress kerja atau stress pekerjaan, di mana kamu jadi hobi mager. Kalau begini kamu harus istirahat di rumah buat makan, minum, dan tidur. Kalau ada waktu, bisa juga pergi liburan ke taman bermain atau berenang di pantai buat ganti suasana. Ambil cuti saat lagi merasa capek kerja itu penting!


Sayangnya, banyak orang yang terperangkap pola kerja mereka dan jadi gak bisa istirahat. Banyak juga yang gak sadar kalau mereka pelan-pelan mau jatuh sakit! Supaya kamu gak sampai begini, bacalah tips dan trik kami berikut: 8 tanda kamu stress kerja dan butuh liburan!


8 Tanda Kamu Stress Kerja dan Butuh Liburan


1. Mengabaikan Kebutuhan Tubuh

Tergantung lingkungan kerja, tubuh kamulah yang pertama merasakan efek dari stress kerja. Tandanya banyak, mulai dari cepat lapar atau haus, sakit perut, sakit kepala, dll. Ini berarti kamu harus istirahat!


Tapi banyak orang yang gak peduli! Banyak alasannya mulai dari ‘nanggung’, ‘bentar lagi selesai’, dll sampai mereka tahu-tahu sakit. Kalau mulai merasakan gejalanya, segera istirahat! Walau cuma sekedar jalan ke dapur buat minum air putih, itu sangat membantu lho!


2. Mental Turun

Kalau sudah capek kerja, orang jadi sensitif. Bisa marah-marah atau teriak-teriak gak jelas. Kalau kayak gini, mendingan pulang cepat.


3. Pekerjaan Jadi Tak Penting

Kamu gak bisa lagi fokus kerja dan merasa terbebani. Kamu jadi masa bodo dan maunya pulang. Pas di rumah nanti, istirahat dan jangan mikirin kerjaan.


4. Hasil Kerja Turun

Kamunya sih masih merasa fit, tapi nyatanya kamu terus-terusan bikin salah di kantor. Mendingan ambil cuti, deh!


5. Di Kantor atau di Rumah Sama Aja

Kalau sudah kebanyakan kerja, bahkan di rumah pun rasanya stress. Kamu gak bisa santai dan mikirin kerja terus. Ini sudah stress kerja akut, yang obatnya hanya pergi liburan!


6. Sakit

Tanda yang 100% bilang kamu perlu istirahat atau liburan? Tiba-tiba sakit! Minta ijin cuti untuk istirahat di rumah sampai sembuh. Kalau masih ada sisa cuti, gunakan untuk liburan dan bukan kerjaan.


7. Gak Bisa Tidur

Satu lagi tanda kamu stress pekerjaan adalah susah tidur. Pas malam hari mata maunya melek terus meski badan udah capek. Segera ambil cuti dan pergi liburan supaya jadwal tidur gak rusak!


8. Kesepian

Bukannya pengen dibelai atau jomblo ngenes ya, tapi kamu merasa menderita sendirian meski ada rekan kerja di kantor dan keluarga di rumah. Rasanya kerjaan gak habis-habis dan gak ada yang mau bantuin, sampai gak bisa istirahat.


Tenang, itu cuma perasaan kamu aja. Tinggalkan tumpukan kerjaan dan minta cuti ke boss, kasih alasan jujur kalau kamu merasa stress kerja. Bersantai di rumah, pergi liburan, dan lain-lain. Begitu selesai, kamu akan merasa segar dan gak sendirian! Tumpukan kerjaan tadi pun gak jadi beban pikiran lagi.


Demikian tips kami soal tanda stress kerja! Pastikan mau ambil cuti sesuai situasi dan kondisi, supaya bisa jaga pola hidup dan kerja yang seimbang. Kalau perlu bantuan layanan Headhunter, cukup kirim CV dan Resume kamu ke sini supaya kami bisa membantu mencari jenjang karir baru! Istirahat di rumah yang benar ya, teman-teman!


Sumber: kompas.com,dream.co.id

80 views0 comments

Recent Posts

See All